Rumor Konsol Xbox Selanjutnya, Rilis Handheld?

Rumor mengenai konsol Xbox selanjutnya santer di kalangan pelaku industri gaming saat ini, dan besar kemungkinan, hadir dalam bentuk handheld
Konsol Xbox selanjutnya
Konsol Xbox selanjutnya. Sumber: Official Site

Rumor mengenai konsol Xbox selanjutnya sudah mulai berembus cukup santer. Bahkan ada yang bilang dalam waktu dekat, Microsoft selaku induk perusahaan mereka juga akan melakukan pengumuman tentang ini!

Meski itu semua belum bisa dipastikan mengenai kebenarannya, tapi banyak yang percaya bahwa konsol Xbox selanjutnya akan hadir dalam bentuk handheld! Nah buat Vicigers yang kepo, yuk simak ulasan lengkapnya!

Baca juga: Cara Menghubungkan Controller Xbox ke PC

Xbox Dan Kiprah Konsolnya di Pasar Konsol

Roadmap perilisan konsol Xbox hingga generasi kesepuluh
Roadmap perilisan konsol Xbox hingga generasi kesepuluh. Sumber: Official Site

Jika membicarakan mengenai berbagai konsol Xbox di iklim industri gaming saat ini, bisa dibilang upaya mereka masihlah belum cukup maksimal jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Hingga sekarang, setidaknya terdapat tiga tipe dan dua generasi Xbox yang masih mendapatkan dukungan penuh (full support) dari Microsoft, setidaknya hingga beberapa tahun ke depan.

Bagi line-up current generation mereka terdapat Series X dan S, sedangkan untuk perwakilan previous gen. terdapat Xbox One. Dilansir dari laman The Verge, strata ini setidaknya akan dipertahankan hingga tahun 2028.

Masih ada waktu setidaknya 4 tahun lagi bagi Microsoft sebelum akhirnya merilis konsol generasi kesepuluh  mereka. ‘Tenggat’ ini sangatlah cukup bagi sang raksasa teknologi untuk dapat bermanuver lebih gencar lagi.

Pasalnya, jika dibandingkan dengan Sony selaku kompetitor terbesarnya, gap yang ada masih terbilang cukup lebar: didasarkan pada laporan penjualan berbagai konsol hingga kuartal ketiga tahun 2024 ini.

Menurut laporan VGC, penjualan PS 5 sudah menyentuh angka lebih dari 61 juta unit. Ini sangatlah kontras dengan raihan penjualan Xbox Series X/S yang baru saja menyentuh angka 21 juta unit.

Angka ini menjadi semakin ‘miris’ ketika disandingkan dengan konsol current gen. terlaris saat ini: Nintendo Switch. Merujuk pada laporan resmi Nintendo, konsol hybrid mereka itu sudah terjual lebih dari 143 juta unit!

Lantas melihat performa Xbox yang tertinggal jauh dari para kompetitornya, strategi apakah yang bakal Microsoft terapkan? Akankah mereka mampu mengejar ketertinggalan, atau setidaknya, menyamakan kedudukan?

Baca juga: 5 Daftar Games Xbox Genre Sports Terbaik 2023!

Strategi Xbox Mendongkrak Penjualan

Timeline strategi bisnis Microsoft untuk Xbox
Timeline strategi bisnis Microsoft untuk Xbox. Sumber: Official Site

Para pelaku industri gaming umumnya memiliki strategi tersendiri yang biasa digunakan untuk mendongkrak angka penjualan unit konsol. Dan dalam kasus Xbox, setidaknya ada dua di antaranya yang diterapkan:

  • Memperbanyak Game Eksklusif dan Sekuel Waralaba

Cara pertama yang terlihat paling gencar dilakukan Xbox adalah merilis berbagai game eksklusif, baik melalui upaya kerja sama dengan pihak ketiga maupun upaya akuisisi berbagai developer ke bawah naungannya.

Berbagai judul ‘legit’ seperti Diablo 4, Call of Duty, Starfield, Sea of Thieves, Elder Scroll 6, Indiana Jones, waralaba Halo, dll. menjadi beberapa diantaranya yang membuat konsol ini memiliki nilai jual tersendiri.

  • Melakukan join collaboration dengan brand lain

Cara selanjutnya yang juga terbilang unik adalah dengan merilis platform besutan brand lain sebagai salah satu line-up resmi mereka. Benar banget, apa lagi kalau bukan kolaborasi Xbox dengan Amazon Fire TV Stick!

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa cloud gaming merupakan salah satu konsep platform yang sangat diutamakan oleh Xbox. Bahkan ini menjadi bentuk yang juga dicanangkan untuk konsol generasi kesepuluh mereka nantinya.

Dan produk layanan Amazon tersebut menjadi salah satu ajang bagi Xbox untuk bereksperimentasi, sehingga kedepannya mereka dapat mengembangkan layanan cloud gaming milik mereka sendiri.

Baca juga: Game Original Xbox Shooters Terbaik 2023

Rumor Xbox Handheld Akan Rilis?

Line-up konsol Xbox terbaru
Line-up konsol Xbox terbaru. Sumber: Official Site

Namun berita terbesar mengenai konsol Xbox selanjutnya yang saat ini menjadi fokus utama khalayak adalah kemungkinan dirilisnya jenis konsol yang selama ini tidak pernah diakuisisi oleh Microsoft.

Yap, apalagi jika bukan Xbox Handheld! Isu ini sendiri sudah dibahas dengan cukup elaboratif oleh IGN. Pada podcast mereka, ikut dibahas bahwasanya ada kemungkinan konsol ini akan diumumkan pada Gamescom 2024!

Memang, sebagai salah satu event gaming terbesar di dunia, pameran yang akan berlangsung pada 21 Agustus mendatang ini sering kali digunakan sebagai ajang showcase banyak produk-produk baru.

Lantas apakah nantinya Xbox Handheld ini akan benar diumumkan oleh Microsoft pada event tersebut? Yuk kita tunggu saja kick-off-nya di akhir bulan mendatang!

Baca juga: 7 Game Indie Terbaik yang Ada di Xbox One

Nah itulah tadi pembahasan mengenai konsol Xbox selanjutnya. Jangan lupa, top up game murah dan cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!