RTX 5090: Perkiraan Jadwal Rilis, Spesifikasi, dan Harganya

Menurut media berita Taiwan, yaitu United Daily News, GPU terbaru Nvidia ini, RTX 5090 direncanakan akan dirilis pada Q4 tahun 2024.
RTX 5090
RTX 5090. Source: PCGamesN

RTX 5090: Perkiraan Jadwal Rilis, Spesifikasi, dan Harganya

Seperti yang kita ketahui, RTX 4090 menjadi kartu grafis yang paling ngebut saat ini. Dan sebagai penerusnya, RTX 5090 memiliki beban berat untuk bisa mempertahankan title ini.

Hingga saat ini Nvidia belum merilis secara resmi detail spesifikasi RTX 5090. Tapi sudah banyak rumor yang menyampaikan bocoran spek dari GPU ini.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui apa saja bocoran terkait GPU dari Nvidia ini, yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga:

Perkiraan Jadwal Perilisan RTX 5090

Perkiraan Jadwal Perilisan
Perkiraan Jadwal Perilisan. Source: Games Radar

Menurut media berita Taiwan, yaitu United Daily News, GPU terbaru Nvidia ini direncanakan akan dirilis pada Q4 tahun 2024.

Menurut bocoran ini, keputusan ini adalah untuk: “membantu pengiriman produsen kartu grafis tahun ini dan menaikkan harga satuan rata-rata produk kartu grafis.”

Selain itu, leaker Moore’s Law is Dead mengatakan jika RTX 5090 akan diluncurkan terlebih dahulu , dan akan menjadi satu-satunya kartu dalam seri RTX 50 yang diluncurkan dalam tahun 2024 ini.

Namun, leaker lainnya Kopite7Kimi telah membantah hal ini. Kopite menyatakan keyakinannya bahwa RTX 5080 akan dirilis terlebih dahulu , diikuti oleh RTX 5090 pada akhir tahun 2024.

Perkiraan Spesifikasi RTX 5090

Perkiraan Spesifikasi
Perkiraan Spesifikasi. Source: TechRadar

GPU ini diperkirakan akan menggunakan chip GB202. Chip ini merupakan andalan jajaran arsitektur Blackwell baru yang secara resmi diumumkan Nvidia pada GTC 2024.

Analis memperkirakan jika chip gaming GB202 akan memiliki peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan chip AD102 Ada Lovelace saat ini. Cache L1 khususnya diharapkan akan mengalami peningkatan kinerja yang besar.

Leaker terpercaya Kopite7Kimi mengindikasikan jika GB202 akan menggunakan simpul proses yang sama dengan chip GB101 yang berfokus pada AI. 

Selain itu, Kopite7Kimi menyampaikan jika chip tersebut akan memiliki 12 GPC, dengan masing-masing 8 TPC, sehingga totalnya menjadi 96 TPC.

Leaker hardware lainnya bernama Panzerlied membagikan beberapa kemungkinan spesifikasi untuk RTX 5090, yang jika akurat dapat menunjukkan beberapa peningkatan yang sangat mengesankan.

Terkait bus memori, ada beberapa perdebatan. Informasi awal menunjukkan bahwa Nvidia berencana untuk menggunakan kembali bus memori 384-bit yang ada dari chip Ada. 

Namun, informasi terbaru menunjukkan jika Nvidia akan menggunakan bus memori 512 -bit , tetapi hanya pada chip unggulan seperti GB202 yang diharapkan akan digunakan dalam RTX 5090.

Rumor pada Mei 2024 yang juga berasal dari Panzerlied menunjukkan jika GPU ini akan memiliki tata letak memori yang sangat ‘padat’. 

Leaker tersebut menyebutkan jika GPU akan menggunakan empat modul memori di bagian atas, dengan lima modul di setiap sisi dan dua di bagian bawah.

Panzerlied memberikan informasi lebih lanjut pada bulan Juli 2024 jika kecepatan Base Clock untuk RTX 5090 bisa mencapai 2,9GHz. Ini mendekati batas 3GHz dan merupakan peningkatan 30% yang mencengangkan dalam kecepatan Base Clock dibandingkan dengan RTX 4090.

Kecepatan Boost Clock belum ditentukan, tetapi dengan kecepatan Base Clock yang tinggi, RTX 5090 seharusnya mampu mencapai kecepatan jauh diatas 3GHz dengan Boost clock diaktifkan.

Seorang pengguna Twitter/X bernama Everest menyampaikan jika Seasonic telah menyertakan data dari kartu grafis seri RTX 50 pada kalkulator watt PSU. Meskipun informasi ini mungkin tidak sepenuhnya akurat, namun sesuai dengan angka yang diharapkan.

Dengan asumsi datanya akurat, pengguna mungkin ingin meningkatkan PSU mereka sebelum membeli GPU terbaru dari Nvidia ini. Data Seasonic menunjukkan TDP RTX 5090 mencapai 500W.

Benchlife turut berkontribusi terhadap rumor tentang TDP RTX 5090 pada awal September 2024. Benchlife memiliki hubungan dekat dengan mitra dewan direksi Nvidia dan memiliki posisi yang baik untuk memperoleh angka-angka yang akurat. Dikatakan bahwa RTX 5090 akan menjadi kartu grafis berdaya 550W.

Kopite7Kimi memposting jika GPU ini akan menggunakan daya 600W yang sangat besar. Namun, data lebih lanjut dari Benchlife menunjukkan bahwa hal ini berkaitan dengan modul pendingin berdaya tinggi untuk kartu tersebut, dan angka 600W mengacu pada kapasitas pembuangan panas, bukan TDP.

Perkiraan Desain RTX 5090

Perkiraan Desain
Perkiraan Desain. Source: Custom PC

Jika konfigurasi memori yang disarankan di atas akurat, maka diperlukan desain PCB yang sama sekali baru untuk menampung tata letak yang tidak biasa ini. 

Hal ini juga semakin memperkuat rumor jika GPU ini akan menggunakan bus memori 512-bit, karena lebar bit yang signifikan akan diperlukan untuk konfigurasi memori yang padat tersebut.

Terkait dengan ini, ada bocoran pada akhir Mei 2024 , yang sekali lagi datang dari Kopite7Kimi. Bocoran ini menyampaikan jika RTX 5090 Founders Edition akan menggunakan tata letak baru yang radikal untuk PCB. Secara khusus, papan akan dibagi menjadi tiga bagian: papan utama, papan I/O kaku, dan bagian slot PCIe terpisah.

Perkiraan Kinerja RTX 5090

RTX 5090
Perkiraan Kinerja. Source: PCGamesN

Menurut bocoran Panzerlied, GPU ini akan lebih cepat sekitae 70% dibandingkan RTX 4090. Namun, tidak jelas bagaimana, atau di mana angka ini dapat direplikasi.

Leaker tersebut kemungkinan berbicara tentang kinerja murni dan raster, tanpa embel-embel DLSS untuk meningkatkan kinerja.

Ini berakhir menjadi sekitar 1,7x lebih cepat dari GPU gaming tercepat saat ini, yang berarti bahwa generasi Blackwell mungkin akan menjadi salah satu lompatan generasi terbesar dalam GPU yang pernah kita lihat selama beberapa waktu terakhir.

Perkiraan Harga RTX 5090

Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 4090
Perkiraan Harga. Source: VCGamers

Meskipun saat ini sangat sedikit informasi yang tersedia tentang harga untuk seri RTX 50, beberapa analis memperkirakan jika GPU ini akan dijual dengan harga sekirad $1699 (Rp 26 juta) saat peluncuran.

Baca juga:

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai spekulasi GPU terbaru dari Nvidia.

Yuk top up game favoritmu dengan cepat dan termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!