Roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14, Marsha Comeback!

Official Roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14 yaitu: Alberttt, Sanz, Kiboy, CW, Lutpiii, Kairi, Marsha, Yeb dan Adi.
roster fnatic onic di mpl id season 14 (7)
Roster Fnatic ONIC for MPL ID Season 14. Sumber: onic.esports/Instagram

Fnatic ONIC menjadi tim keempat yang mengumumkan roster mereka secara resmi untuk bertanding di MPL ID Season 14 pada 9 Agustus mendatang.

Setelah Bigetron Alpha, Rebellion Esports dan RRQ Hoshi telah meresmikan rosternya baru-baru ini, kini giliran sang Raja Langit siap dengan rosternya.

Roster Fnatic ONIC Season 14 telah diumumkan dalam sebuah video berdurasi 3 menit yang diunggah melalui Youtube Channel-nya pada 27 Juli 2024.

Di video tersebut, Fnatic ONIC memberikan sebuah kejutan untuk para SONIC (penggemar Fnatic ONIC) yang berakhir menjadi sebuah tanda tanya besar.

Daripada penasaran, langsung saja kita ulas mengenai reveal roster dari Fnatic ONIC yang akan turun di MPL ID Season 14. Siapa saja pemainnya?

Baca juga: ONIC Juara MPL, Mewakili Indonesia di M5 dengan Geek Fam

Official Trailer Roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14

roster fnatic onic di mpl id season 14 (4)
Official Roster Fnatic ONIC for MPL ID S14. Sumber: ONIC Esports/Youtube

Sekitar 2 mingguan lagi, turnamen MLBB bertipe A-Tier resmi dari Moonton yaitu MPL ID Season 14 akan digelar di MPL Arena.

Seluruh tim yang akan berlaga tentunya sudah mempersiapkan roster terbaiknya untuk bertanding di MPL ID musim ini, termasuk dari tim Raja Langit alias Fnatic ONIC.

Fnatic ONIC telah mengumumkan rosternya secara resmi melalui dua episode video roster yang diunggah 27 dan 28 Juli 2024 di Channel Youtube-nya.

Video dengan judul “Our Roster: Roster Empat Belas” berdurasi 2 menit 58 detik ini terinspirasi dari opening credit film Cowboy Bebop yang tayang di Netflix.

Konsep video tersebut dikemas secara menarik oleh Fnatic ONIC, dimana konsepnya seperti film era 70-80an serta dikombinasi dengan tone retro yang terlihat jadul.

Walaupun begitu, dengan konsep seperti ini membuat video trailer Fnatic ONIC semakin keren dan berbeda dari tim lainnya.

Kali ini, roster Fnatic ONIC ditampilkan sebagai atlet olahraga seperti petinju, panco, penembak, bartitsu, pemain basket, pull up dan angkat beban dan pebulutangkis.

Orang pertama yang pertama kali ditampilkan pada video tersebut adalah “Adi” Asyauri atau Coach Adi selaku Assist Coach, ia di sana menjadi atlet boxer (petinju).

Lalu, orang kedua yang muncul di video roster tersebut adalah Coach Yeb atau Paul “Yeb” Miranda selaku Head Coach, didalam video tersebut ia menjadi atlet panco.

Adapun pemain ketiga yang ditampilkan sebagai seorang penembak didalam video roster tersebut adalah Kairi Ygnacio Rayosdesol atau “Kairi” sebagai Jungler di Fnatic ONIC.

Selanjutnya, pemain keempat yang di spill sebagai petinju juga di video tersebut adalah Nicky “Kiboy” Fernando Pantonuwu sang Roamer andalan di Fnatic ONIC.

Seorang pemain Fnatic ONIC yang ditampilkan sebagai atlet Bartitsu dengan rambut botaknya yaitu Calvin “CW” Winata atau CW selaku Gold Lane.

Setelah Calvin “CW” Winata, lalu ada seorang atlet basket di video roster tersebut yaitu “Albert” Neilsen Iskandar sebagai Jungler di Fnatic ONIC.

Perlu diketahui bahwa Alberttt sering berperan menjadi Gold Lane dan Jungler, namun khusus di MPL ID Season 14 ini, ia balik lagi menjadi Jungler.

Selanjutnya adapun yang berperan sebagai atlet pull up dan angkat beban di dalam video roster ini yaitu Gilang “Sanz” sang Mid Lane andalan dari Fnatic ONIC.

Terakhir, pemain yang berperan sebagai atlet bulutangkis didalam video roster tersebut adalah sang rookie baru yaitu “Lutpiii” Ardianto selaku Offlaner.

Setelah seluruh roster diumumkan, namun ada salah satu pemain EXP Laner yang belum masuk kedalam roster Fnatic ONIC untuk MPL ID Season 14 ini.

Hampir di ending video, Coach Yeb masih membutuhkan satu pemain lagi yang belum diketahui posisinya. Jika melihat posisi roster hampir lengkap, namun posisi EXP Laner masih kosong.

Biasanya posisi EXP Laner tersebut diisi oleh sang kapten Fnatic ONIC yaitu Muhammad “Butsss” Satrya Sanubari. Akan tetapi ia tak nampak dalam jajaran roster kali ini.

Tentunya hal ini membuat seluruh SONIC bertanya-tanya, apakah posisi EXP Laner tersebut akan diganti dengan pemain anyar atau tetap diisi oleh Butsss.

Namun plot twist-nya, punggung Butsss muncul di ending video roster yang membuat SONIC sedikit tenang, tapi hadirnya Butsss disana masih menyisakan teka-teki kepada penggemar.

Dengan begitu, video roster Fnatic ONIC tersebut masih bersambung dan di video roster kedua kemungkinan akan melengkapi roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14.

 

Marsha Comeback

roster fnatic onic di mpl id season (6)
Steven “Marsha” Kurniawan. Sumber: steven.kurniawann/Instagram

Sedangkan, Video roster dari Fnatic ONIC kedua berjudul “Veteran is Back!” yang diunggah pada 28 Juli 2024 sekitar pukul 16:30 WIB.

Di video tersebut, terlihat sosok pemain baru yang ingin bergabung ke Fnatic ONIC. Ia adalah Steven “Marsha” Kurniawan seorang mantan Roamer veteran yang pernah bergabung di EVOS Esports.

Pada credit di ending video tersebut, tercantum bahwa Marsha masuk kedalam jajaran roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14 untuk posisi “Magang”.

Akan tetapi, nama Butsss sendiri tak tercantum dalam jajaran roster sehingga hal ini masih menyimpan tanda tanya bagi para SONIC.

Walaupun begitu, tentunya hal ini membuat para penggemar terkejut lantaran sosok Marsha ini hadir dalam tim Raja Langit yang akan membuat komposisi roster bertambah kuat.

Tentunya terkait keberadaan Steven “Marsha” Kurniawan ini telah dibocorkan oleh ONIC Kiboy melalui video interview ESL Snap Dragon Season 5 APAC 2024.

Kiboy mengatakan bahwa, “Marsha berhubung kapten baru lah istilahnya. Terus, nanti juga Marsha bakal jadi roamer, bisa dibilang saingan baru gua lah. Dia bisa EXP Lane, Roam, Mid. Tiga dia role-nya, gimana dibutuhkannya aja”.

Selain itu, Kiboy pun belum bisa memberikan kepastian terkait role Marsha di MPL ID Season 14 ini karena semuanya tergantung coach Fnatic ONIC.

Baca juga: ONIC Minta Maaf Soal Performa di MPL S13, Ternyata!

Butsss Absen

roster fnatic onic di mpl id season (5)
ONIC Butsss. Sumber: msatryas/Instagram

Sebelumnya, sempat ada desas-desus jika Butsss tidak main pada MPL ID Season 14. Banyak yang memprediksi jika Butsss akan menjadi Coach Fnatic ONIC.

Selain itu, posisi EXP Laner-nya pun akan diganti dengan pemain anyar dari tim lain dan adapun yang memprediksi jika Butsss akan ditransfer ke tim lain hingga kabar farewell.

Hal ini telah diungkap pada sebuah tweet dari @TXTMLBB yang diposting pada 23 Juli 2024 yang mengatakan bahwa “Terimakasih aa Butss”.

Lalu di thread selanjutnya, “Kenapa pada liat ig sekarang? pengumumannya aja itu masih nanti. Rumornya Buts gak masuk roster Fnoc season depan, potensi farewell (mungkin).”

Masih di hari yang sama, akun tersebut kembali membuat tweet yang mengatakan bahwa “Fnoc rumor next season: Sanz, Kairi, Kiboy, Lutpii. CW, Stev, Alberttt. No Butss.”

Namun rumor ini masih membingungkan untuk para penggemar Esports, pasalnya Butss tak bermain di MPL ID Season ini (14) atau MPL ID Season 15 nanti.

Tapi masih banyak yang berharap jika rumor tersebut tidak benar, dengan kehadiran Butsss didalam video roster Fnatic ONIC bisa membuktikan bahwa rumor tersebut salah.

Namun, faktanya Butsss hadir di akhir video tersebut hanya menjadi cameo saja dan namanya tak hadir dalam jajaran roster Fnatic ONIC MPL ID Season 14 yang akan bertanding.

Pada 05 Agustus 2024, Fnatic ONIC kembali merilis sebuah video yang merupakan kelanjutan dari video roster pertama yang diunggah pada 27 Juli 2024 kemarin.

Dimana pada video terakhir ini yang bertajuk “Captain Butsss: The Final Chapter”, menceritakan dari sisi perjalanan Butsss selama di Fnatic ONIC.

Video ketiga ini benar-benar dramatis dan terbilang cukup menyedihkan, karena di awal video Butsss meminta kepada Mars untuk mengemas barang-barangnya.

Sepanjang video, Butsss merapikan barangnya untuk pindahan dari GH Fnatic ONIC dan ia pun sempat memegang kembali barang-barang atau merchandise yang pernah ia gunakan selama turnamen MPL ID.

Butsss membawa salah satu kotak yang berisikan foto-fotonya bersama tim ONIC di MPL ID, syal dan cincin MPL ID sebagai kenangannya.

Di ending video, ia duduk diantara trofi-trofi yang pernah ia raih di turnamen skala nasional dan internasional.

Ia pun berkata, “Gua Butsss, izin pamit. Titip tim ONIC ya” ujarnya sambil menyentuh salah satu trofi MPL ID.

Pesan tersebut masih mengundang teka-teki ditambah dengan pesan, “Good luck further! Captain Butsss, next stop: ???”.

Tentu saja sangat disayangkan apabila Butsss farewell, namun apapun keputusannya tetap kita hargai.

Maka dari itu, banyak penggemar Esports termasuk para SONIC yang masih berharap jika Butsss masih melanjutkan perjalanannya bersama Fnatic ONIC kedepannya.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Coach Yeb Putuskan Rehat dari ONIC

Roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14

roster fnatic onic di mpl id season 14 (1)
Official Roster Fnatic ONIC for MPL ID S14. Sumber: ONIC Esports/Youtube

Apabila melihat official trailer roster yang dirilis oleh ONIC Esports melalui Channel Youtube-nya pada 27 Juli 2024 bahwa Fnatic ONIC telah mempersiapkan pasukan rosternya di MPL ID Season 14 yaitu:

  • Offlaner/EXP Laner: “Lutpiii” Ardianto
  • Jungler:Kairi” Ygnacio Rayosdesol & “Alberttt” Neilsen Iskandar
  • Mid Laner: Gilang “Sanz
  • Gold Laner: Calvin “CW” Winata
  • Roamer: Nicky “Kiboy” Fernando Pantonuwu & Steven “Marsha” Kurniawan
  • Coach: Paul “Yeb” Miranda
  • Assist Coach/Analyst:Adi” Asyauri

Apabila kita perhatikan, roster Fnatic ONIC yang akan turun di MPL ID musim kali ini sebetulnya tidak berubah dari musim lalu dan di MSC 2024 kemarin.

Namun perlu diketahui bahwa terdapat beberapa posisi pada roster yang sedikit berubah, seperti misalnya posisi Lutpiii dan Albertttt.

Lutpiii selaku rookie baru Fnatic ONIC yang di MPL ID Season 13 sempat menggantikan posisi Butsss menjadi EXP Laner.

Namun, kali ini Lutpiii masih menjadi bagian dari EXP laner dengan mengisi posisi Offlaner.

Selain Lutpiii juga, ternyata Alberttt memang memegang dua posisi yaitu Jungler dan Gold Laner, tetapi di MPL ID Season 14 kali ini ia menjadi Jungler kembali.

Apabila posisi EXP Laner tetap diisi oleh Butsss, maka secara keseluruhan Fnatic ONIC tetap konsisten dengan komposisi rosternya yang sangat kuat.

Namun sayangnya jika posisi EXP Laner ini digantikan dengan Marsha, maka bisa jadi komposisi roster tersebut malah menjadi semakin kuat atau malah sedikit goyah dikarenakan ada pemain baru.

Semoga dengan penambahan roster baru Fnatic ONIC tetap dinilai sebagai tim terkuat dan sulit dikalahkan oleh tim lainnya, baik di turnamen lokal atau internasional.

Maka dari itu dengan roster terkuatnya tersebut, Sang Raja Langit diharapkan bisa merebut kembali gelar 5Peat Champion di MPL ID musim ini setelah menjadi juara di MPL ID Season 13 kemarin.

Baca juga: 5 BA Onic Esport Tercantik, Bikin Klepek-klepek!

Flashback Kemenangan Fnatic ONIC di MPL ID Season 13

roster fnatic onic di mpl id season 14 (3)
Fnatic ONIC – The Winner MPL ID Season 13. Sumber: onic.esports dan mpl.id.official/Instagram

Seperti yang kita tahu bahwa Fnatic ONIC merupakan sang Raja Galaxy yang meraih 4 kali kemenangan-nya secara berturut-turut di MPL Indonesia.

Apabila kita sedikit flashback terkait kemenangan Fnatic ONIC di babak Grand Final yang digelar pada 9 Juni 2024 kemarin, sang Raja Langit harus melawan tim Macan Putih alias EVOS Glory.

Dari format Best of 7 (BO7) yang seharusnya dimainkan, tetapi Fnatic ONIC hanya butuh 6 match saja untuk menjadi sang juara di MPL ID Season 13 kemarin.

Pasalnya sejak game pertama saja Fnatic ONIC langsung menekan EVOS Glory dan hal ini sempat membuat sang Macan Putih melakukan kesalahan hingga sang Raja Langit memperoleh 1-0.

Di game kedua, FNOC Lutpiii menggunakan Barats yang melakukan pick off kepada EVOS Anavel sambil memanfaatkan kesalahan dari Macan Putih sehingga kemenangan diambil oleh Raja Langit dengan skor 2-0.

Game ketiga yang saat itu FNOC Kiboy menggunakan Arlott yang membuat EVOS Glory semakin membeku sehingga skor kembali diraih oleh Fnatic ONIC dengan skor 3-0.

Lalu di game keempat, Fnatic ONIC bereksperimen dengan komposisi heronya, namun hal ini malah menjadi malapetaka bagi sang Raja Langit.

Franco-nya EVOS DreamS berhasil mengecoh hero Fnatic ONIC sehingga Macan Putih memperoleh skor pertamanya dengan skor 3-1.

Memasuki game kelima, EVOS Glory yang sibuk mencari kill dan sangat sabar hingga late game sehingga akhirnya mereka memanfaatkan kehadiran Lord yang memberikan mereka poin yaitu 3-2.

Game keenam tiba, dimana Fnatic ONIC tampil apik sehingga EVOS Glory tak bisa melawannya kembali. Tentunya game ini ditutup oleh Fnatic ONIC yang berhasil menjadi Raja Galaxy MPL ID Season 13 dengan skor akhir 4-2.

Selain menjadi Raja Galaxy, dari game tersebut juga menghasilkan Most Valuable Player (MVP) yang dinobatkan kepada CW selaku Gold Laner.

Sang Raja Langit juga meraih penghargaan individu dari kategori “Qiddiya Legends” yaitu ONIC Sanz sebagai Mid Laner, ONIC Kiboy sebagai Roamer, ONIC Kairi sebagai Jungler dan ONIC Lutpiii sebagai EXP Laner.

Terakhir, Fnatic ONIC pun memperoleh penghargaan dari kategori Dream Team yang didominasi oleh pemain Fnatic ONIC yaitu Onic Kairi, ONIC Kiboy, ONIC Sanz dan ONIC Lutpi.

Prize Pool yang diperoleh oleh Fnatic ONIC di MPL ID Season 13 kemarin sebesar USD 336,500 atau Rp. 5,4 Miliar dan untuk MVP sebesar $2000 atau Rp. 32,5 juta.

Baca juga: Fnatic ONIC Juara MPL ID S13, Raja Langit Tak Terkalahkan!

Nah, itulah informasi tentang roster Fnatic ONIC di MPL ID Season 14. Jadi, siapa nih yang gak sabar mau liat Raja Langit bertanding di MPL ID musim ini?

Yuk top up kebutuhan Diamonds Mobile Legends-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!