Apa Itu Role di Dota 2? Pengertian, Pembagian, Tugas, dan Hero

Role di Dota 2

Di Dota 2, terdapat sebuah istilah bernama Role.  Tapi, Role seperti apa yang kamu pahami?  Karena terkadang terdapat beberapa pemain Dota 2 yang menyamakan antara Role dengan Pos.

Kali ini penulis ingin menjelaskan secara lengkap tentang apa itu Role Dota 2.  Mulai dari pengertian sebenarnya, tugas, skills, dan juga heronya.  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Apa Itu Pos di Dota 2? Pengertian, Pembagian, Tugas, dan Hero

Apa Itu Role di Dota 2?

Role di Dota 2
Hero Perwakilan 9 Role di Dota 2.

Secara Bahasa, Role diartikan sebagai peran seseorang.  Di game Dota 2, peran tersebut telah ditentukan berdasarkan pada skills yang dimiliki oleh setiap hero.

Wajar saja, Dota 2 hingga saat ini memiliki 121 Heroes dengan jenis, gaya bermain, hingga skills yang berbeda-beda.  Agar balance, Valve memberikan “Role” tertentu kepada setiap heroes.

Seperti gambar di atas, terdapat sembilan roles.  Dari Roles juga, kita juga bisa melihat gambaran skill, cara bermain, dan kondisi yang seharusnya kamu mainkan menggunakan hero tersebut.

Role di Dota 2 bersifat permanen. Sekalipun berubah, hanya bisa diubah oleh Valve sendiri.  Tidak seperti Pos yang sifatnya bisa coba-coba.

Baca Juga: Dota 2 Bagi-bagi Arcana Gratis, Ini Cara Mendapatkannya!

Apa Saja Jenis Role di Dota 2?

Role Dota 2
Jenis Role di Dota 2. Sumber: Dota2.com

Untuk memudahkan, Valve telah merancang tingkatan roles dari setiap heroes.  Terdapat empat tingkatan, mulai dari 0, 1, 2, dan 3.  Pada gambar di atas, dota2.com menggambarkannya dengan bentuk bar.

Jika suatu hero memiliki role tingkat 3 atau full, artinya hero tersebut sangat bagus di hal tersebut.  Sedangkan jika tingkatnya 0 atau kosong, hero tersebut tidak memiliki kemampuan tersebut.

Langsung saja kita bahas semuanya di bawah ini!

Role Dota 2: Carry

Role Carry Dota 2 Anti Mage Phantom Lancer.

Carry menjadi role yang sangat penting.  Keberadaan carry dalam sebuah tim akan sangat membantu karena ia harus bisa “menggendong” temannya menuju kemenangan.

Typical dari seorang carry adalah dapat memberikan damage besar dari basic attack.  Sedangkan skill-nya membantu saja, umumnya bersifat passive.  Jadi sekalipun musuh menggunakan BKB (Black King Bar), kamu tetap bisa menghajarnya.

Untuk mendukung role-nya sebagai carry, ia membutuhkan Gold dan Exp yang cepat.  Keadaan tersebut membuat seorang Carry akan bermain di safe lane atau lajur horizontal yang memiliki Jungle.

Tugas seorang carry pada Roles ini sama seperti penjelasan Pos 1 (Carry).  Mereka harus bisa menggendong temannya menuju kemenangan.

Contoh hero Carry adalah Anti Mage, Phantom Lancer, Legion Commander, Spectre, Faceless Void, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Hero Carry Terbaik Di Patch 7.23c DOTA 2

Disabler

Role Disabler Dota 2 Disruptor Doom.

Selanjutnya adalah role hero yang membuat musuh tidak berkutik.  Hero dengan role ini memungkinkan musuh untuk memperlambat gerakannya hingga tidak bisa mengeluarkan skill dan Item.

Sebagian besar hero yang memiliki role ini memerlukan kapasitas Mana Pool yang besar.  Mereka akan melakukan spam skill kepada musuh, untuk memastikan musuh tidak pergi kemana-mana.

Contoh bentuknya seperti Stun, Disarm, Cycloned, Freeze, Sleep, Rooted, Muted Item, dan masih banyak lagi.

Hero dengan tingkat disabler yang cukup tinggi adalah Shadow Shaman, Lion, Disruptor, dan Doom.

Baca Juga: Simak! Cara Counter Hero Dota 2 Silencer

Escape

Role Escape Dota 2 Keluarga Spirits.

Semakin tinggi tingkatan Escape sebuah hero, maka semakin sulit untuk menangkapnya.  Mereka bisa kabur sesuka hati, baik menggunakan skill ataupun movement speed yang lebih tinggi dari yang lain.

Role Escape mirip dengan istilah Roamer.  Sedikit penjelasan, Roamer adalah sebuah pos yang tidak resmi di Dota 2. Seorang Roamer harus mampu berkeliling map, membantu teman yang kesulitan, atau sekedar melukai musuh.

Kembali ke Role Escape, hero tersebut bukan hanya bisa pergi dengan cepat, tapi juga bisa menghindar serangan musuh.  Mereka memiliki kemampuan invisible, teleport, menghilang sementara, melompat, atau buff move speed.

Contoh Hero dengan Role Escape adalah keluarga Spirit (Ember Spirit, Void Spirit, Storm Spirit, dan Earth Spirit).  Ada juga Puck, Bounty Hunter, dan Spirit Breaker.

Baca Juga: Akankah Hero Dota 2 IO Hadir di The International (TI) 11?

Role dan Pos Dota 2: Support

Role Support Dota 2 Dazzle Ogre Magi.

Sama seperti pembagian Pos, Support ditujukan kepada heroes yang berfokus untuk menolong teman.  Beberapa cirinya yaitu mampu memberikan buff, meningkatkan Health Regen, Attack Speed, dan lain-lainnya.

Tidak sedikit juga hero support yang identik dengan kemampuan disabler (stun, hex, rooted).  Dengan skill tersebut, mereka juga membantu hero sekitarnya untuk bisa meloloskan diri atau membunuh musuh.

Heroes dengan role support di antaranya adalah Warlock, Dazzle, Ogre Magi, dan Winter Wyvern.

Baca Juga:  Rekomendasi Hero Hard Support Terbaik Dota 2 2022

Jungler

Dota 2 Role Jungler Enchantress Enigma.

Penamaan role ini sama dengan tempat tinggal seharusnya, jungle.  Role jungler diperuntukkan bagi heroes yang membutuhkan banyak gold atau berhubungan dengan Neutral Creeps

Kemampuannya pun memang berguna untuk melawan neutral creeps dengan cepat.  Bisa jadi buff attack speed, membunuh creep dengan skill (farming), hingga mengendalikan Neutral Creeps.

Perbedaan mendasar dari Carry adalah posisinya.  Carry berfokus untuk menggendong satu tim.  Sedangkan Jungler berfokus untuk membantu seluruh tim.  Semua Carry bisa menjadi Jungler, tapi tidak semua Jungler menjadi Carry.

Contohnya adalah Chen (Holy Persuasion), Enigma (Demonic Conversion), dan Enchantress (Enchant). Posisi mereka bukanlah Carry, tapi mereka bisa menguasai Jungle dengan kekuatannya.

Kemudian, ia menggunakan Gold dan Exp dari Jungle untuk membeli Items dan meningkatkan skill yang bermanfaat bagi seluruh tim.  Contohnya Black Hole Enigma + Refresher Orb atau Holy Persuasion milik Chen.

Baca Juga: Prediksi Hero The International (TI) 11 Beserta Semua Alasannya!

Pusher

Role di Dota 2
Role Pusher Dota 2 Naga Siren Broodmother.

Definisi dari Role Pusher adalah mereka yang mampu menghancurkan Objektif dengan sangat cepat.  Biasanya hero biasa membutuhkan waktu 12 menit lebih untuk menghancurkan Tower tier-1.  Tapi hero Pusher bisa lebih cepat dari itu.

Heroes dengan role ini identik dengan kemampuan summoner, damage yang besar, ilusi, atau attack speed yang cepat.  Intinya adalah kemampuan mereka dapat meruntuhkan Tower musuh dengan cepat dan aman.

Heroes dengan ciri-ciri tersebut antara lain Troll Warlord, Broodmother, Naga Siren, Terrorblade, dan Enigma.

Baca Juga: Berikut Tips Push MMR Dota 2, Auto Jago!

Nuker

Role di Dota 2
Role Nuker Dota 2 Zeus Invoker.

Seperti artinya, heroes dengan Role ini mampu memberikan damage yang sangat besar layaknya serangan nuklir.  Dengan serangan tersebut, mereka mampu menghabisi musuh sangat cepat.

Rata-rata, heroes Nuker membutuhkan mana yang cukup banyak untuk bisa mengeluarkan skill tersebut.  Ada heroes yang bisa mengeluarkannya dengan satu skill, ada juga yang memerlukan 2-3 skills.

Waktu yang dibutuhkan seorang Nuker mengeluarkan skillnya haruslah kurang dari lima detik.  Biasanya mereka di-backup dengan kemampuan disabler (Stun atau Hex) ataupun Blink Dagger.

Hal itu berguna agar musuh mendapat serangan mendadak.  Gerakan yang cepat membuat musuh kesulitan untuk menggunakan Items seperti BKB (Black King Bar) atau skills lainnya untuk kabur.

Contoh heroes dengan Role Nuker ini adalah Invoker, Lina, Lion, Tiny, dan Zeus.

Baca Juga: Build Item dan Skill Invoker Dota 2, Ala Pro Player!

Role Dota 2: Durable

Role di Dota 2
Wraith King Axe: Hero Role Durable Dota 2.

Role Durable bisa juga disebut sebagai Tanker.  Mereka mendapatkan Role tersebut karena sifatnya yang keras, memiliki armor yang banyak, dan mampu bertahan meski dipukuli banyak heroes.

Satu atau lebih skills miliknya mampu membuatnya bertahan.  Ada yang memberikan tambahan armor, counter attack, lifesteal, bahkan reincarnation.  Mereka akan menjadi “Tank”, membadani seluruh tim dari serangan musuh.

Contoh Heroes dengan Role Durable yang baik adalah Axe, Wraith King, Tidehunter, Tiny, Primal Beast, Pudge.

Baca Juga: 5 Item Untuk Hero Tank Dota 2 yang Wajib Kamu Gunakan

Initiator

Initiator Dota 2 Tidehunter Magnus.

Terakhir adalah role yang membuka peperangan atau Initiator.  Mereka adalah hero yang menjadi paling depan.

Bukan sekedar membuka peperangan, heroes tersebut memiliki harus memiliki skill Crowd Control yang sangat bagus.  Tujuannya adalah agar rekan mereka bisa menghabisi musuh dengan aman.

Salah satu hal terpenting sebagai Initiator adalah memiliki sense yang bagus dan cermat membaca posisi.  Jangan sampai saat kamu telah menginisiasi, tapi tidak ada backup.

Heroes dengan Role Initiator di antaranya adalah Tidehunter, Mars, Magnus, Beastmaster, dan Enigma.

Baca Juga: Deretan Skill Hero Dota 2 Yang Tembus Black King Bar (BKB)!

Itulah sembilan Role resmi di Dota 2 beserta penjelasan, hero, dan juga skillnya.  Semoga dengan mengetahui ini, kamu bisa semakin mengerti tentang Role di Dota 2.

Jadi, Role mana yang kamu suka?

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!