Roblox Semakin Berkembang – Apa yang Baru dan Apa yang Akan Terjadi?

Roblox telah mengumumkan perubahan besar dalam pendekatannya untuk menghasilkan pendapatan. Mereka akan mulai menjual game di platformnya. 
Roblox untuk semua usia
Roblox. Source: Roblox

Roblox Semakin Berkembang – Apa yang Baru dan Apa yang Akan Terjadi?

Roblox telah mengumumkan perubahan besar dalam kebijakan perusahaannya. Roblox akan meluncurkan video game berbayar di platformnya. 

Perusahaan telah mengumumkan bahwa ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk memonetisasi pekerjaan yang dilakukan oleh pengembang game. 

Sebagai bagian dari upaya yang sama, Roblox akan mengizinkan pengembang untuk menjual barang dagangan fisik yang terkait dengan game mereka.

Ini adalah perkembangan yang menarik karena ini adalah peluang bisnis bagi banyak kreator, dan ini menunjukkan bahwa model bisnis yang digunakan Roblox sejauh ini mungkin tidak bekerja dalam skala besar. Tetapi apakah akan ada perubahan besar yang terjadi?

Baca juga:

Apa itu Roblox?

Roblox Platform Gaming
Roblox Platform Gaming. Source: Official Site

Roblox adalah platform game online yang diluncurkan pada tahun 2006. Platform ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna bulanan. Platform ini digunakan untuk membuat dan memainkan game serta membina komunitas di antara para pemain. 

Selama bertahun-tahun, Roblox telah berkembang secara signifikan dengan beradaptasi dengan perubahan teknologi game.

Ia berencana untuk melakukannya di masa depan, terutama dalam hal merangkul pengalaman yang lebih imersif dengan grafis yang lebih baik dan sistem dalam game yang baru.

Cara Kerja Roblox

Cara Unblock Seseorang di Roblox
Roblox. Source: WIRED

Roblox memiliki model bisnis yang sudah lama dan sukses yang menawarkan game gratis untuk dimainkan. Fokus bisnisnya adalah menggunakan mata uang dalam game untuk membeli dan menjual fitur kosmetik kecil untuk karakter dan alat yang digunakan dalam game.

Tidak seperti kebanyakan perusahaan game lainnya, Roblox mengandalkan konten yang dihasilkan oleh pengguna untuk menghasilkan pendapatan. 

Perusahaan ini mengatakan telah membayar lebih dari $800 juta kepada komunitas kreator dalam 12 bulan terakhir. Oleh karena itu, langkah ini merupakan penyimpangan dari kebijakan yang sudah berlangsung lama dan usaha ke teritorial baru untuk Roblox.

Game Roblox Terbesar

Adopt Me!
Adopt Me!. Sumber: Official Site.

Beberapa game Roblox terbesar meliputi:

  • Adopt Me! adalah game simulasi di mana pemain bisa mengadopsi, membesarkan, dan memperdagangkan hewan peliharaan. Game ini memiliki sekitar 20 miliar kunjungan dan 20 juta pemain pada puncaknya.
  • Brookhaven adalah permainan bermain peran yang memungkinkan pemain untuk menjalani karier yang berbeda di kota virtual. Game ini memiliki lebih dari 8,4 miliar kunjungan dan waktu bermain harian lebih dari 260 menit.
  • Tower of Hell adalah tantangan halang rintang yang terkenal dengan tingkat kesulitannya. Permainan ini memiliki 2 miliar kunjungan dan 400.000 pemain saat ini.
  • MepCity adalah “game nongkrong” yang memungkinkan pemain untuk membangun rumah, berinteraksi satu sama lain, dan memainkan mini-game. Game ini memiliki 5,7 kunjungan.

Apa yang Akan Berubah?

5 Game Wajib Main Roblox Online
5 Game Wajib Main Roblox Online. Sumber: Official Site

Perusahaan akan mengizinkan para pengembang untuk menentukan harga beberapa game (atau pengalaman yang disebut pada platform). Fitur baru ini hanya akan tersedia di versi desktop game, tetapi akan segera diperkenalkan ke perangkat seluler juga.

Roblox akan mendukung bagi hasil yang lebih tinggi bagi para kreator hingga 70%, tetapi akan bervariasi sesuai dengan harga game.

Dengan menawarkan bagi hasil baru untuk pengalaman akses berbayar, kami memberikan kreator yang sudah ada cara lain untuk menghasilkan uang di Roblox,” kata Enrico D’Angelo, wakil presiden bidang ekonomi Roblox.

Pendiri dan CEO Roblox, David Baszuc, juga berbicara tentang rencana jangka panjangnya untuk perusahaan. Dia mengatakan mimpinya adalah agar pengguna dapat memindahkan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) dan objek digital di berbagai platform. 

Mimpi itu masih jauh dari kenyataan, tetapi ini menunjukkan bahwa layanan berbasis blockchain akan menjadi bagian dari ekosistem Roblox.

Belum Ada Berita Integrasi Blockchain

Kelebihan Blockchain Traceability
Traceability Blockchain. Source: Rawpixel

Integrasi blockchain ke dalam game Roblox telah menjadi topik diskusi dan rumor online untuk sementara waktu, tetapi perusahaan belum mengirimkan sinyal positif.

Pada titik ini, Roblox telah menjelaskan bahwa posisi resminya adalah tidak menyertakan blockchain sebagai opsi pembayaran. 

Roblox menerima metode pembayaran tradisional, seperti kartu debit, rekening bank, dan dompet online, serta kartu hadiah. Satu-satunya cara untuk menggunakan kripto untuk Roblox adalah dengan membeli kartu hadiah di pengecer yang mengizinkan pembayaran kripto.

Berita Palsu XRP

Untuk beberapa waktu sekarang, ada berita palsu bahwa Roblox telah mulai menerima pembayaran XRP. Dilaporkan oleh semua outlet berita besar bahwa BitPay telah bermitra dengan Roblox untuk mengintegrasikan XRP sebagai sistem pembayaran. 

Namun, Roblox telah membantah berita ini sebagai tidak benar, dan tidak memiliki rencana untuk mengintegrasikan pembayaran kripto sama sekali, bahkan BTC pada saat ini. Pada akhirnya, itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Jangan Pernah Katakan Tidak Pernah pada Blockchain

Namun, industri ini berkembang setiap saat, dan teknologi seperti blockchain dan kripto, akan membawa batasan baru untuk Roblox.  

Pada waktunya, mereka tidak akan dapat menolak perubahan sikap publik dan kegunaan kripto, terutama di antara generasi baru dan generasi muda yang melek teknologi. Jika atau ketika itu terjadi, Roblox mungkin tidak akan membatasi penggunanya hanya pada satu kripto saja. 

Mengingat betapa mudahnya menggunakan sumber daya seperti Webopedia untuk membeli Bitcoin dan betapa populernya Ethereum untuk kontrak pintar, Roblox pada akhirnya mungkin akan mengizinkan penggunaan mata uang kripto ini.

Pengumuman Lainnya

Artificial Intelligence
Artificial Intelligence. Source: YouTube/The School of Life

Merchandise Fisik

Roblox juga telah mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan yang menjual Merchandise fisik untuk mengakomodasi para pengembang yang menawarkan tie-in ke dalam game mereka. 

Saat ini, diketahui ada kontrak dengan Walmart dan Elf Beauty yang akan menjual mainan dan memorabilia yang berhubungan dengan game Roblox.

Roblox juga telah bermitra dengan Shopify untuk memungkinkan para kreator individu menjual Merchandise fisik langsung dari game mereka pada awal tahun depan. 

Belum diketahui produk apa saja yang akan tersedia melalui saluran ini, tetapi ada banyak peluang yang akan dimanfaatkan oleh para kreator game.

Berbagi Konten dengan AI

Sebagai bagian dari siaran pers yang sama, Roblox juga mengumumkan fitur AI baru. Perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan model dasar 3D yang akan mendukung kreasi generatif pada platformnya. Model ini akan bersifat open-source dan multimodal.

“Seorang kreator dapat mengatakan bahwa saya ingin menciptakan sebuah dunia di Dataran Tinggi Skotlandia dengan kastil dan badai, dengan latar belakang naga, dan saya ingin semua ini dalam steam steampunk. Dan kemudian hasilnya adalah kreasi adegan yang lengkap,” kata Bronstein.

Roblox juga menekankan bahwa tujuan dari model AI yang baru ini bukanlah untuk menggantikan konten yang dibuat oleh pengguna yang sebenarnya, melainkan untuk membuat saluran kreatif tersedia bagi lebih banyak pengguna.

Baca juga:

Kesimpulannya

Roblox telah mengumumkan perubahan besar dalam pendekatannya untuk menghasilkan pendapatan. Mereka akan mulai menjual game di platformnya. 

Game-game yang dibuat oleh pengembang menggunakan platform Roblox akan tersedia untuk dibeli di perangkat desktop terlebih dahulu. 

Hingga saat ini, Roblox dikenal dengan game-game free-to-play-nya dan menghasilkan keuntungan dari pembelian dalam game saja. 

Perusahaan ini juga telah mengumumkan sistem berbagi konten baru yang akan menggunakan AI, dan berencana untuk mulai Merchandise fisik yang terkait dengan game-nya. Hal-hal lain juga ada di depan mata, dan kami tidak dapat menghapus integrasi Blockchain dalam waktu dekat dan jauh.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!