Roaming ML Artinya Apa, sih? Inilah yang Perlu Kamu Tahu!

Roaming ML artinya bergerak dalam perpindahan ataupun rotasi dari satu tempat ke tempat lainnya yang dapat membantu rekan satu tim.
Game Android
Mobile Legends Characters. Source: Bali Teknologi Karet

Bagi kamu yang suka bermain game Mobile Legends sering mendengar istilah roaming atau bahkan kamu bertemu dengan roamer yang melakukan roaming pada saat game berlangsung. Nah, roaming ml artinya apa sih?

Sebelum membahas lebih lanjut, hero yang melakukan roaming disebut dengan roamer. Nah, biasanya hero dengan role tank yang berada berada di sini.

Mereka biasa bermain di goldlane bersama Marksman lalu berotasi ke lane lainnya untuk membantu teman satu tim.

Namun, sebenarnya roaming ini tak hanya sekedar berkeliling map saja, ternyata ada beberapa peran yang perlu dilakukan oleh pada roamer.

Nah, bagi pemula hal ini menjadi salah satu hal yang bisa membuat penasaran dan bagaimana sih caranya untuk melakukan roaming? Tentunya, pada artikel ini akan mengulas tentang artinya roaming ML yang bisa kamu pelajari saat game berlangsung.

Baca juga: Begini Loh Jadi Hero Tank Roaming Sejati!

Definisi Roaming

roaming ml artinya (1)
Mobile Legends (Source: IDN Times)

Kata roaming ini berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti “menjelajah”, yang diambil dari kata “roam”. Apabila kita artikan, roaming ini memiliki arti yaitu bergerak untuk berjelajah secara lebih luas.

Namun apabila didalam dunia Mobile Legends, istilah “roaming” ini memiliki arti yaitu dapat bergerak dalam perpindahan ataupun rotasi dari satu tempat ke tempat lainnya atau dari satu line ke line lain yang dapat membantu rekan satu tim. Para pemain bisa melakukan Roaming di ML ini di seluruh map seperti map bawah, tengah, atas dan sebaliknya.

Dapat dicontohkan dari Roaming ini adalah hero yang suka berpindah posisi, misalnya jungle ke lane. Namun, banyak yang mengatakan bahwa roaming ini serupa dengan hero yang memiliki kemampuan berotasi dibandingkan dengan melakukan gerakan.

Sempat disinggung diatas bahwa roaming atau roamer ini merupakan panggilan untuk hero yang hebat dalam rotasinya, yang dimana hero tersebut dama mampu berotasi kemanapun yang ia inginkan.

Hero satu ini juga memiliki mobilitas yang cukup tinggi dengan kecepatan yang sangat maksimal banget, maka dari itu hero ini sangat berfungsi dan lebih diperlukan untuk membantu rekan-rekannya dalam situasi yang cukup genting dan harus selalu memperhatikan kondisi rekan-rekannya yang menjaga tower tersebut.

Baca juga: Roam ML: Pengertian, Item yang Digunakan, dan Jenisnya

Jenis Roamer

roaming ml artinya (6)
Natalia Melakukan Roaming (Source: VCGamers)

Sebenarnya ada beberapa yang perlu kamu ketahui terhadap roamer ini, termasuk jenis roamer di Mobile Legends. Kira-kira apa saja?

Defense Roamer

Defense roamer ini merupakan roamer pertahanan yang dimana mengandalkan hero tank dengan memanfaatkan durabilitas tingginya. Tentunya, roamer jenisakan akan melindungi ke core apabila sedang terjadinya teamfight.

Tentunya, mereka perlu memiliki feeling dan shout calling yang sangat baik karena umumnya berperan apabila terjadinya sebuah team fight, maka dari itu hero yang lumayan cocok untuk jenis ini adalah Jawhead, Akai dan Khufra.

Healer Roamer

Perannya adalah memberikan ekstra heal kepada rekan satu timnya, selain itu juga akan mengikuti rekan yang berada di ganking musuh seperti jungler, marksman, dan jungler. Untuk hero yang cocok pada jenis ini adalah Rafaela, Angela, Floryn, Estes yang bis akamu gunakan.

Damage Roamer

Disini memiliki fungsi utama yaitu untuk menganggu atau mengecoh core musuh saat farming, dengan melakukan poke damage sehingga core musuh akan tertinggal.

Hero jenis ini harus cekatan dan bisa membaca atau memprediksi map supaya bisa mengetahui keberadaan musuh, hero yang biasa digunakan untuk jenis ini adalah Franco, Kupa, Natalia, Popol dan Kagura.

Fungsi Roaming

roaming ml artinya (3)
Gameplay (Source: Google PlayStore)

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang roamer, kamu perlu memahami terkait tugas-tugasnya dulu nih!

Memeriksa Semak-semak dan Memberikan Informasi

Memberikan informasi yang diperoleh dari tim lawan, tentunya ini menjadi tugas seorang roamer. Selain itu juga, ia harus menjaga hero core tetap aman dan tidak diculik oleh musuh dengan cara memeriksa semak-semak apabila menggunakan skill jarak jauh.

Melindungi dan Membantu Tim

Tugas roamer yang kedua adalah dapat membantu rekannya pada saat-saat genting, seorang roamer ini harus bisa memprediksi sikon dan selalu memeriksa mini map apabila tim tersebut membutuhkan bantuan. Tak boleh mengabaikan map, karena musuh akan menyalip dan bisa menghancurkan base tersebut. Maka dari itu, roamer harus siap dalam keadaan apapun.

Berinisiasi Pada Team Fight

Inisiasi yang dilakukan oleh roamer adalah mengandalkan crowd controlnya untuk mencuri garis start Team Fight dengan timing yang cocok. Maka dari itulah, roamer harus pandai mencari tahu dengan bijak kapan ia perlu melakukannya pada saat tempur dan kapan pula harus menghindar pertempuran.

Pandai Menyerang

Sebagai roamer tentunya harus menjadi ‘center’ bagi timnya, di mana ia harus mampu melakukan penyerangan secara individualis, namun hal ini juga masih berkemungkinan akan diback-up oleh rekan setimnya yang lain.

Menghentikan Mobilitas Musuh

Tugas seorang roamer yang terakhir menjadi seorang ‘penjaga’ dengan menghalangi serangan yang datang dari musuh. Tentunya hal ini menjadi salah satu keunggulan roamer yang dimana ia memiliki durabilitas yang cukup banyak sehingga ia mampu diandalkan untuk menjaga timnya.

Baca juga: Cara Menjadi Roamer ML, Simak Tips Berikut Ini!

Item Roaming

roaming ml artinya (2)
Gameplay

Untuk mendukungmu saat melakukan roaming, tentunya kamu perlu menggunakan beberapa item yang bisa memaksimalkan roaming-mu yaitu:

Dire Hit

Dengan memiliki Dire Hit ini bisa meningkatkan damage dari 7% hingga maksimal 18%, damage tersebut bisa mengurangi HP musuh dan sangat bisa digunakan untuk hero dengan burst tinggi (Tank & Fighter).

Encourage

Item satu ini mampu menambah attack speed, magic power, dan physical power, dimana dengan mengandalkan item ini pasti tim-mu akan dilindungi oleh-mu sebagai roamer karena memang ini adalah tugas dari roamer.

Favor

Favor ini cocok untuk membantu dalam memulihkan ataupun mengeluarkan perisai dalam memberikan perlindungan kepada timnya maupun dirimu sendiri. Heal dari Favor yaitu sebesar 1200 HP dan bisa kamu kombinasikan dengan battle spell Revitalize atau Aegis.

Conceal

Bagi hero yang hobinya ilang-ilangan, cocok banget pake item conceal satu ini karena akan berfungsi ketika menjelajahi maps sambil bersembunyi untuk menghindari terbaca di map lawan.

Baca juga: Simak! 7 Hero Roamer Terbaik versi VCGamers! 

Nah, itulah beberapa informasi seputar apa artinya roaming ML? Semoga informasi ini cukup untukmu, ya!

Jangan lupa untuk Top Up Diamond Mobile Legends termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!