Rilis Diablo 4 : Beta Tester Pre-Order Dimulai, Catat Tanggalnya!

Beta Test Rilis Diablo 4

Penantian tahunan para pecinta franchise Diablo akan segera sampai pada titik akhirnya, lantaran Blizzard melalui laman resmi mereka secara resmi mengumumkan tanggal rilis Diablo 4. Setelah hampir 10 tahun berpadu di dalam lore Diablo 3, sang developer-pun mulai bersiap “melanjutkan perjalanan” menuju sekuelnya yang ke-4.

Blizzard memang telah memberi kesempatan untuk “bernostalgia” di tahun 2021 kemarin dengan merilis versi remastered Diablo 2: Resurrected. Namun tetap saja, nasib sang Nephalem (sebutan bagi karakter yang dimainkan) serta kelanjutan dari meta Sanctuary begitu dinantikan kelanjutan jalan ceritanya.

Baca juga: Diablo Immortal Segera Dirilis di Indonesia pada 23 Juni 2022

Rilis Diablo 4

Fitur Open World - Rilis Diablo 4

Yang unik dari Blizzard kala menentukan progress cerita di sekuel terbarunya kali ini adalah digunakannya sebuah rumusan baru. Di mulai dari plot Diablo yang mengangkat kisah tentang 3 playable characters, cerita Diablo 2 enggan meneruskan alur tersebut hingga bahkan menjadikan ketiganya sebagai antagonis.

Ini juga terjadi di Diablo 3, ketika players diperkenalkan sebagai ras Nephalem; konsep yang benar-benar berbeda dari kedua sekuel sebelumnya. Namun narasi yang akan diusung pada rilis Diablo 4 nanti terpantau cukup dekat dengan instalasinya yang ke-3 – seakan-akan keduanya ditulis dalam satu bentuk hikayat yang sama.

Di situlah letak kebaharuannya, di mana Blizzard tampak seperti sudah menemukan formula yang tepat untuk fiksi-fiksi Diablo kedepan. Mungkinkah ini dikarenakan kematian Deckard Cain selaku peran sentral di lakon Diablo selama ini?

Atau memang karena Diablo 3 & 4 dikembangkan oleh tim yang sama? Supaya lebih paham, yuk kita bahas bareng-bareng detailnya di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi 12 Game RPG Terbaik 2023

Apa Saja yang Baru?

Lilith - Rilis Diablo 4

Berikut beberapa hal baru yang bisa kalian temukan pada Diablo 4:

Jalan Cerita

Meski jalan ceritanya tidak akan terpaut terlalu jauh dari sekuel yang ada sekarang, namun tetap saja para players akan disuguhkan dengan sesuatu yang segar. Alih-alih Diablo, antagonis utama di Diablo 4 nantinya akan berpusar pada Lilith.

Ia diceritakan sebagai anak dari Mephisto dan induk dari Ras Nephalem. Disinilah letak konflik akan terjadi, di mana melibatkan keengganan Lilith dalam menerima kehendak Sanctuary yang ingin melakukan genosida pada kaum anak-anaknya tersebut.

Gameplay

Sebagai role model genre hack-and-slash, tentu saja beberapa gameplay signature yang telah hadir di sekuel-sekuel Diablo sebelumnya akan kembali dimunculkan. Namun bukan Blizzard namanya kalau tidak menyertakan fitur-fitur unggulan.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi gaming serta keberadaan tren yang ada, belum lengkap rasanya apabila fitur open-world dan PvP (players-versus-players) tidak disertakan.

Dan itu jugalah yang dijanjikan sang developer melalui rilis Diablo 4 ini! Tak hanya itu, untuk lebih meningkatkan immersivitas dari kedua fitur tersebut, nantinya juga akan diperkenalkan sistem mount (tunggangan) baru yang belum pernah dipergunakan pada instalasi Diablo manapun.

Atribut Baru

Jika di Diablo 3 keberadaan mana pada beberapa kelas digantikan dengan kehadiran rage, maka Diablo 4 punya atribut baru: Angelic, Demonic, dan Ancestral Power.

Ini juga berkaitan dengan plot yang ditonjolkan, di mana latar belakang Ras Nephalem digambarkan sebagai hasil peranakan antara kubu High Heavens (Angelic/Malaikat), dan Burning Hells (Demonic/Kejahatan).

Kustomisasi Karakter dan Kelas

Pada rilis Diablo 4 ini, pemain juga akan diberikan keleluasaan penuh dalam mengkustomisasi karakter dan kelas yang mereka miliki.

Sebagai contoh, mereka bisa memilih postur badan, bentuk wajah, gaya rambut, dan atribut lainnya sesuai dengan apapun kemauan.

Selain itu, selayaknya di Diablo 3, gender karakter juga bisa dipilih dan tidak fixed sesuai dengan kelasnya. Sejauh ini baru ada lima kelas yang diperlihatkan oleh Blizzard untuk rilis Diablo 4 nanti.

Beberapa di antaranya yaitu Barbarian, Sorceress (menggantikan Wizard), Druid (menggantikan Witch Doctor), Rogue (menggantikan Assassin dan Demon Hunter), dan Necromancer.

Dan yang tentu layak dinantikan adalah kemampuan engine terbaru Diablo 4 yang memungkinkan masing-masing karakter kustom untuk muncul di dalam in-game cinematic-nya!

Fitur tersebut terlihat dalam video yang dibagikan laman IGN.com. Ini suatu gebrakan yang membawa tren cutscene akan satu langkah lebih maju.

Baca juga: Rekomendasi 5 Game dengan Alur Cerita Terbaik

Jadwal Rilis Diablo 4

Tanggal Open Beta

Pada Sabtu (18/2) kemarin Blizzard mengumumkan bahwa early access (beta) akan mulai pada bulan Maret dan dapat dirasakan melalui pre-order.

Akan ada dua fase yang disediakan:

  • Pertengahan pada tanggal 17-19
  • Akhir minggu keempat pada tanggal 24-26.

Sedangkan untuk tanggal rilis resminya, sang developer masih belum mengubah ketetapan yaitu di tanggal 6 Juni 2023.

Baca juga: Call of Duty Nintendo Switch Lakukan Kolaborasi, Ini Infonya!

Pasti kalian sudah tidak sabar kan untuk perilisan Diablo 4 pada Juni nanti? Ikuti terus berita Games terbaru lainnya di VCGamers News.

Jangan lupa, penuhi kebutuhan game kamu hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!