Games

Review Zenless Zone Zero, Tips dan Spesifikasi Perangkat

Published by
Inggit Virgiawan

Developer game Genshin Impact dan Honkai: Star Rail baru saja meluncurkan Zenless Zone Zero pada Kamis, 4 Juli 2024. Game aksi role-playing (ARPG) ini tersedia untuk iOS, Android, Microsoft Windows, dan PlayStation 5. 

Game ini berlatar belakang di sebuah kota yang baru saja mengalami bencana apokaliptik. Bencana tersebut menyebabkan kekacauan dan kemunculan monster misterius yang bernama Ethereal. 

Namun, bencana tersebut masih menyisakan peradaban yang berhasil selamat yaitu New Eridu. Nantinya pemain akan berperan sebagai Proxy yang memandu para Agen untuk menjelajahi Hollow. 

Pemain dapat memilih karakter perempuan atau laki-laki yaitu Belled dan Wise. Kedua karakter utama tersebut tidak akan bertarung seperti yang terjadi di game-game pada umumnya. 

Saat menjelajahi Hollow kamu akan menggunakan karakter Agen untuk bertarung menghadapi musuh. Agen terdiri dari 3 karakter, kamu bisa melakukan switch character di tengah permainan. 

Lebih lanjut mengenai latar belakang hingga gameplay Zenless Zone Zero akan kami jelaskan pada review di bawah ini!

Baca juga: 5 Game MMORPG yang Wajib Dimiliki Gamer di Tahun 2024

Review Zenless Zero Zone

Zenless Zone Zero. Source: Youtube

Akan ada beberapa aspek yang akan kami jadikan topik bahasan review game ini, kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini: 

Percakapan antar Karakter yang Membosankan

Game ini memungkinkan para karakternya saling berinteraksi satu sama lain. Ini menjadi hal menarik terutama untuk kamu yang tertarik untuk mempelajari bahasa asing. 

Namun dari sisi penyajian dialog antar karakter rasanya kurang menarik. Karakter yang saling berkomunikasi ditampilkan dengan gaya close-up tetapi tidak memperlihatkan raut yang ekspresif. 

Sebenarnya secara visual penampilan para karakter mempunyai gaya seperti anime. Apabila percakapan antar karakter dapat ditampilkan dengan lebih ekspresif mungkin game ini akan menjadi semakin menarik. 

Meskipun percakapan terlalu bertele-tele dan membosankan, HoYoverse menyediakan tombol skip untuk pemain sesi tersebut.

Visual Fighting Scene yang Memukau

Pada setiap adegan pertarungan melawan para Ethereal, pemain dapat merasakan sensasi bermain game serasa sedang menonton anime. 

Mungkin pengalaman tersebut tidak akan begitu terasa ketika memainkan game versi Mobile. Akan tetapi saat memainkannya di PC kamu akan merasakan kualitas visual game yang benar-benar imersif. 

Jadi meskipun pada scene percakapan game ini terasa membosankan. Akan tetapi, ketika sudah melalui berbagai pertarungan kamu akan bisa merasakan betapa indahnya visual yang disajikan game ini. 

Lingkungan yang Terlalu Colorful

Penggambaran lingkungan game yang colorful justru menjadi kekurangan Zenless Zero Zone. Sebab game ini berlatar belakang pasca bencana apokaliptik. 

Seharusnya untuk lebih menghidupkan suasana, lingkungan game digambarkan dengan situasi yang kacau dan gersang. Sehingga sejauh game berlangsung tidak ada tanda kehancuran sangat besar di dalam game ini. 

Desain Karakter yang Ramah Anak

Desain karakter yang ditampilkan pada game Zenless Zone Zero tidak terlalu vulgar. Sehingga game cukup ramah untuk dimainkan oleh anak-anak. 

Tidak unsur-unsur seperti di game fanservice yang berlebihan. Karakter tidak mengeluarkan suara-suara yang meresahkan dan penampilan karakter tidak terlalu vulgar. 

Pengalaman Tempur yang Memuaskan

Game ini menyajikan pengalaman bertempur yang sangat memuaskan. Bisa diperkirakan developer HoYoverse sangat memikirkan combat mekanik setiap karakternya dengan sangat matang. 

Sebab pada setiap karakter mempunyai gerakan yang berbeda dan cukup indah. Momen pertempuran menjadi daya tarik game ini karena setiap karakter nanti akan mempunyai animasi ultimate yang sangat memukau.

Menariknya lagi bagi kamu yang memainkan game ini di PC dapat menggunakan stick untuk mengendalikan karakter. Dengan demikian kamu dapat dengan leluasa mengendalikan karakter saat bertarung dan menyelesaikan quest lainnya. 

Game HoYoverse yang Simpel

Zenless Zone Zero merupakan game open-world. Berbeda dengan game HoYoverse lainnya game ini mempunyai gaya penyajian dunia terbuka yang cukup simple. 

Namun, kekurangan dari game ini terdapat pada loading-nya. Hampir setiap pemain mengakses stasiun, membuka pintu, masuk ke toko dan lain sebagainya pasti memerlukan loading terlebih dahulu. 

Ini sangat mengganggu dan cenderung menjadi hambatan untuk para pemain yang bermain di ponsel. Mungkin kamu akan nyaman memainkannya jika menginstal game ini di ponsel yang secara khusus untuk bermain game tanpa ada aplikasi lain.

Demikian review singkat dari game Zenless Zone Zero. Kalau kamu tertarik untuk memainkan game ini simak 5 tips menguasainya di bawah ini!

Baca juga: Zenless Zone Zero: Game Terbaru miHoYo yang Segera Rilis

Tips Memainkan Zenless Zone Zero

Tips Memainkan ZZZ. Source: Youtube

Berikut ini telah rangkum tips memainkan Zenless Zone Zero yang dikutip dari YouTube Kokobear: 

Menentukan Server Sesuai Wilayah Negara

Ini sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kelancaran permainan. Sangat disarankan untuk bermain di server Asia. Alasan utama memilih server Asia agar bisa mendapatkan ping yang paling rendah. 

Ketika ping server rendah maka game akan lebih responsif. Hal ini akan berbeda ketika kamu memilih server luar Asia. Oleh karena itu, saat awal nanti sebaiknya pilih server terdekat sesuai wilayah negaramu.

Mengatur Color Filter

Apabila kamu merasa tampilan game Zenless Zone Zero terlalu gelap dan abu-abu. Kamu bisa masuk ke pengaturan kemudian klik bagian grafik. 

Setelah itu gulir layar hingga bagian paling bawah dan geser color filter strength ke paling kiri. Semakin ke kiri color filter strength maka tampilan layar akan semakin cerah. Sebaliknya, semakin ke kanan maka tampilan game akan berwarna gelap. Sesuaikan color filter strength dengan kenyamanan. 

Mengatur Game Language dan Voice Language

Di game ini tersedia pilihan subtitle bahasa Indonesia. Selain itu kamu juga bisa mengubah subtitle game ke dalam bahasa asing lain yang kamu kuasai. 

Kemudian kamu juga bisa mengubah voice over karakter menjadi bahasa Jepang, Inggris, Korea, dan Mandarin. Sesuaikan dengan bahasa favoritmu pada bagian ini. 

Fokus ke Arah Monster yang Diserang

Karena karakter dalam game ini mempunyai efek serangan yang menakjubkan tak jarang pemain lebih fokus untuk melihat gerakan karakter. 

Untuk pengalaman bermain yang lebih baik sebaiknya selalu fokus ke arah monster yang ada di hadapanmu. Tujuannya agar selalu siap menggerakan karakter ketika ada serangan mendadak. 

Menghabiskan Battery Setiap Hari

Kamu harus selalu menghabiskan battery setiap harinya di bagian HIA VR. Jangan membiarkan battery dalam kondisi maksimal di angka 240. 

Karena semakin tinggi level Inter Knot kamu maka tingkat kesulitan permainan akan semakin tinggi. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas hadiah yang akan kamu dapatkan. 

Untuk mengefisiensikan battery pastikan untuk selalu ngopi setiap hari untuk mendapatkan 60 battery. Lakukan weekly boost sebanyak 3x setiap minggu. Habiskan battery dengan skala prioritas denny, upgrade karakter, upgrade w-engine, drive disc untuk mem-build karakter.

Mengombinasikan Karakter dengan Tepat

Kamu tidak bisa memenangkan pertarungan dalam game Zenless Zone Zero tanpa memahami kombinasi karakter yang tepat. Mengombinasikan karakter tier S dalam satu tim tidak menjanjikan kemenangan yang efektif. 

Perhatikan logo senyum di pojok kanan atas, selalu buat logo tersebut dalam kondisi 3/3. Kombinasi karakter yang menghasilkan poin 3/3 artinya kekuatan karakter dapat bersinergi dengan optimal.

Untuk menghasilkan karakter dengan sinergi terbaik kamu bisa mengombinasikannya berdasarkan Faksi atau element. Satukan karakter dengan faksi yang sama maka kamu akan mendapatkan skor 3. 

Apabila kamu ingin mengombinasikan karakter dengan faksi yang berbeda usahakan elemen karakter sama. Dengan demikian skor yang kamu dapatkan akan maksimal di angka tiga. 

Baca juga: Rekomendasi HP untuk Memainkan Game Zenless Zone Zero

Spesifikasi Ponsel untuk Bermain Zenless Zone Zero

Spesifikasi Perangkat untuk Zenless Zone Zero. Source: VCGamers

Apabila kamu ingin memainkannya di Android usahakan ponsel sudah menggunakan Android 11 atau yang lebih baru. 

Spesifikasi chipset minimum untuk memainkan game ini adala Snapdragon 888, Dimensity 1200, atau Kirin 990 dengan kapasitas RAM minimal 8GB. 

Untuk bermain dengan maksimal di Android gunakan ponsel dengan chipset Snapdragon 888, Dimensity, 8200, atau Kirin 9000 dengan kapasitas RAM 8GB. 

Sedangkan jika kamu memainkannya di iOS gunakan perangkat seperti iPhon XS atau iPad A12. Namun untuk performa yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan iPhone 11 Pro atau iPad dengan chipset A13. 

Terakhir jika kamu memainkan game ini di PC maka gunakan perangkat dengan OS Windows 10 atau yang lebih baru. Kemudian PC juga harus menggunakan Intel Core i5 Gen 7 dan GPU Nvidia GeForce GTX 970 untuk performa minimum.

Untuk performa yang sama kamu bisa menggunakan PC dengan CPU Intel Core i7 Gen 10 dan GPU Nvidia GeForce GTX 1660. 

Demikian review singkat tentang game Zenless Zone Zero, tips bermain, dan spesifikasi perangkat yang direkomendasikan untuk memainkannya.

Baca juga: Tier List Karakter Honkai Star Rail Patch 2.2

Top Up game favoritmu dan beli produk digital lainnya dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplae!

Inggit Virgiawan