Manga

Review Manga Jujutsu Kaisen Chapter 269 dan 270

Published by
Artaz Gang

Review Manga Jujutsu Kaisen Chapter 269 dan 270

Manga Jujutsu Kaisen chapter 269, 270, dan 271 resmi menjadi tiga bab penutup maha karya Gege Akutami. Para fans-pun tidak sabar menunggu bagaimana finalisasi dari manga yang bergelar the New Big Three ini.

Namun pada dua chapter yang baru saja rilis beberapa minggu belakangan (269 dan 270) sebagian besar berisi ‘celoteh’ dan dialog saja. Nah buat Vicigers yang penasaran detailnya, yuk simak review berikut ini!

Baca juga: 

‘Plot Hole’ Manga Jujutsu Kaisen Chapter 269 & 270

Resonance Nobara yang menjadi kunci kemenangan. Sumber: Official Site

Bagi Vicigers yang sudah mengikuti manga ini setiap rilisan chapter-nya, pasti sudah paham kalau pertarungan final melawan sang ‘ultimate antagonist’: Sukuna, sudah berakhir sejak chapter 268.

Maka chapter 269 dan 270 sendiri hanya berisi aftermath dari babak akhir insiden tersebut. Tidak heran jika di dalamnya tidak terdapat konflik atau aksi apapun yang terlihat signifikan.

Kalaupun ada yang bisa di-notice hanyalah keberadaan beberapa ‘teaser tipis’: memberi ruang untuk adanya sekuel. Selain itu, sebagian besar isinya penjelasan detail kronologi pertempuran terakhir melawan Sukuna.

Mungkin Akutami Sensei merasa bahwa ini penting, melihat kekalahan Sukuna sendiri tidak mudah dipahami khususnya bagi mereka yang tidak mengikuti manga ini dari awal.

Kombinasi dari “Resonance” milik Nobara yang menghambat Ryōiki Tenkai Sukuna sehingga Black Flash dari Yuji bisa ter-deliver dengan sempurna memang terkesan agak membingungkan.

Ini karena efek dari Kakuchō Jutsushiki Nobara tersebut tidak pernah memperlihatkan efek yang dapat mencegah seorang penyihir untuk melakukan Shōtoku Jutsushiki ataupun Jujutsu mereka lainnya.

Terlebih lagi, efek ini belum pernah terlihat relevan untuk menyasar Sukuna. Banyak fans yang merasa bahwa Akutami Sensei harusnya ikut mempertimbangkan penjelasan ini pada kedua chapter tersebut.

Lantas akankah sang komikus dapat menyelesaikan maha karyanya sesuai ekspektasi para fans? Apakah nantinya penjelasan detail mengenai plot point tersebut muncul di chapter 271?

Jurus terakhir Yuji melawan Sukuna. Sumber: Official Site

Spoiler Jujutsu Kaisen Chapter 271

Chapter 271. Sumber: Official Site

Namun sepertinya gambaran tersebut tidak akan muncul pada chapter 271. Pasalnya, bab ini akan lebih mengakomodir langkah terakhir untuk Arc Shinjuku Chowdown.

Di chapter terakhir nantinya para protagonis akan terbagi menjadi beberapa grup untuk membasmi sisa-sisa mahluk kutukan yang masih tersebar di Tokyo walhasil Shimetsu Kaiyū (ulah Kenjaku, berawal di chapter 143).

Mereka terbagi menjadi tiga kelompok: kelompok pertama merupakan pimpinan dari Yuta Okkutsu; kelompok kedua terdapat Hikari dan juga Kirara; sedangkan kelompok terakhir terdiri dari tiga protagonis utama.

Ketiga kelompok tersebut terlihat tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam misi ini. Khusus kelompok Yuji, Megumi, dan Nobara, bahkan mereka malah seperti sedang having fun – melihat ketiganya juga baru saja reuni.

Namun yang paling menarik perhatian para penikmat Jujutsu Kaisen pada chapter ini adalah keberadaan penampakkan jari Sukuna yang terakhir. Terlihat nantinya jari tersebut masih terbuka dan tidak tersegel.

Dari sini bermunculan beragam teori menarik. Ada yang percaya bahwa terdapat plot twist sendiri yang Akutami Sensei masih sembunyikan. Mereka yang yakin memercayai bahwa Sukuna masih akan bangkit kembali!

Meski begitu, baik cara spesifik maupun peristiwa kebangkitannya belum ada yang berani menspekulasikan. Tentu bila benar terjadi, ini akan menjadi sebuah twist yang sangat menarik dan masif.

Namun ada juga yang percaya bahwa ini menjadi ‘teaser’ dari sekuel ataupun epilog Jujutsu Kaisen yang berfokus pada penuntasan eksistensi Sukuna – semacam ‘Z’ (laiknya Dragon Ball) atau mungkin ‘Shippūden’ (Naruto).

Ini melihat Jujutsu Kaisen sendiri yang memang memiliki jumlah chapter yang terlampau minim jika dibandingkan judul-judul Shonen lainnya – apalagi gelar ‘Big Three’ sudah tersemat padanya…

Baca juga: 

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Jujutsu Kaisen chapter 269 dan 271. Pastikan juga jika kalian perlu top-up cash ataupun keperluan mikro/makrotransaksi gaming lainnya, hanya di VCGamers Marketplace ya!

Artaz Gang