Review AirPods Max: Emang Ada yang Baru?

Varian terbaru dari AirPods Max sudah rilis pada Apple Event 9 September baru dengan beberapa peningkatan quality of life!
AirPods Max
AirPods Max. Sumber: Official Site

Review AirPods Max: Emang Ada yang Baru?

Jika pada beberapa artikel sebelumnya telah membicarakan mengenai iPhone 16/16+ yang terbaru, varian Pro-Pro Max-nya, dan juga AirPods 4, maka kali ini kita akan beralih ke produk selanjutnya yakni: AirPods Max.

Yap, berbagai line-up ini rilis pada Apple Event pada 9 September lalu. Lantas apa aja sih yang baru dari AirPods Max ini? Nah buat Vicigers yang penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 

Yang Baru Dari AirPods Max

Tersedia lima warna baru
Tersedia lima warna baru. Sumber: Official Site

Sekarang kita langsung saja masuk ke pembahasan mengenai apa yang baru dari AirPods Max. Aspek ini didahulukan karena satu alasan: tidak banyak upgrade/update untuk AirPods Max pada perilisan kali ini.

Sudah menjadi ‘rahasia umum’ bahwasanya Apple sering kali memperpanjang quality of life (QoL) dari beragam produk mereka dengan kembali merilis produk yang mirip-mirip.

Sering kali ini hadir dalam bentuk skema khas Apple: melakukan “rebranding” seakan-akan produk tersebut adalah varian baru. Padahal kalaupun ada pembaharuan juga sih enggak terlalu berarti-berarti banget.

Namun ada juga cara lainnya yakni memberikan upgrade/update tipis-tipis teruntuk jenis varian yang tetap sama. Nah, cara yang kedua ini persis seperti pada kasus AirPods Max.

Ketika muncul pada Apple Event yang lalu, pembaharuan produk audio ‘kontroversial’ milik Apple yang satu ini hanya berada pada dua aspek yang terbilang cukup minor: warna dan keberadaan port Type-C saja.

Untuk tipe yang kebagian port Type-C ini terdapat lima warna baru yang tersedia di pasaran: Midnight (hitam), Blue (biru), Purple (ungu), Orange (oranye), dan Starlight (kuning-metalik).

Review AirPods Max

Dilengkapi dengan USB Type-C
Dilengkapi dengan USB Type-C. Sumber: Official Site

Maka terlepas dari berbagai warna dan keberadaan port anyar tersebut, tidak ada lagi hal baru lain yang dapat di-review. Tak heran jika overall performance-nya juga tetap sama dengan perilisan perdananya dulu.

Melansir dari banyak pihak yang memang sudah terpercaya dalam memberikan review produk-produk teknologi, pendapat mereka sebagian besar tidak begitu apresiatif terhadap AirPods Max.

Sebagai contoh, salah satu YouTuber gadget terbesar di dunia, MKBHD, mengatakan bahwa nilai unggul dari produk ini hanya terletak pada listening experience yang unik, khas ekosistem Apple saja.

Bahkan khusus untuk case-nya sendiri, ia secara harfiah menggunakan istilah “stupid case”. Ini mempertimbangkan betapa minimnya value dari produk tersebut berbanding harganya.

Sedangkan versi reviewer lokal termahsyur yakni David GadgetIn menyatakan bahwa memang secara kualitas produk ini unggul, namun dengan banderol harganya tersebut menjadi tidaklah worth it.

Dari sana dapat terlihat bahwa line-up Apple yang satu ini lebih cocok untuk mereka yang memang fanboy-nya saja. Sedangkan buat mereka yang tidak ‘terjebak’ pada ekosistem Apple, produk ini akan kehilangan value-nya.

Karena jika melihat kenyataan yang ada di lapangan, ada begitu banyak earphone dari merek lain yang sangat bisa menyaingi AirPods Max. So bagaimana Vicigers, apakah tertarik maharin?

Baca juga: Kejutan Apple di WWDC 2024: AI, Siri, dan Fitur Baru Lain

Harga AirPods Max

Sudah tersedia secara global
Sudah tersedia secara global. Sumber: Official Site

Terhitung sejak 20 September lalu, versi port Type-C AirPods (dengan kelima warna barunya itu) sudah tersedia di iBox. Vicigers bisa bawa pulang satu dengan menggelontorkan dana sebanyak USD 550 atau setara IDR 8,3 jutaan.

Namun harga tersebut belum termasuk pajak dan bea lainnya ya. Bisa jadi total yang harus kalian sediakan nantinya berada pada kisaran IDR 11-12 jutaan. Wah, bisa dapat satu unit sepeda motor tuh…

Baca juga: 

Pastikan jika kalian butuh top-up game atau produk digital murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!