Rekomendasi SSD PS5 Terbaik dan Cara Memilihnya 

Terdapat banyak pilihan SSD PS5 terbaik, berikut rekomendasinya: Corsair MP600 Pro LPX, Kingston Fury Renegade, Crucial T500, Crucial P5 Plus
SSD PS5
Sumber: YouTube Official PlayStation

Rekomendasi SSD PS5 Terbaik!

Mau upgrade SSD PS5 tapi bingung mau pilih yang mana? Sekarang tidak perlu bingung lagi menentukan SSD yang terbaik. 

Pada pembahasan ini kami akan mengulas beberapa pilihan SSD PS5 terbaik yang dapat meningkatkan pengalaman bermain kamu. 

Memang terdapat banyak pilihan SSD yang terkadang membingungkan. Namun, setelah menyimak ulasan ini kamu tidak perlu bingung lagi karena semuanya akan dibahas tuntas pada pembahasan di bawah ini. 

Baca juga: 5 Game Eksklusif PS5 yang Wajib Dicoba!

Daftar SSD PS5 Terbaik 

Pada pembahasan ini kami akan merekomendasikan SSD terbaik untuk meningkatkan performa konsol PlayStation 5. Dengan SSD yang kami rekomendasikan ini proses loading game akan jauh lebih cepat, simak penjelasan lengkapnya berikut ini: 

Corsair MP600 Pro LPX 

SSD PS5 Corsair MP600 Pro LPX 
Sumber: Official Site Crosair

SSD PlayStation 5 ini mempunyai kecepatan membaca data 7.100 MB/detik. Meskipun ada banyak pilihan SSD lainnya yang lebih cepat namun Corsair MP600 Pro LPX adalah produk yang menjanjikan kecepatan cukup. 

Selain itu SSD ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa SSD lain yang menjanjikan kecepatan sama. 

Mengutip dari laman IGN kecepatan membaca data untuk versi 1TB adalah 7.100 MB/detik. Sedangkan untuk kemampuan menulis, SSD ini mampu mncapai kecepatan hingga 5.800MB/detik. 

SSD ini merek ini juga tersedia untuk varian 2TB yang mampu mencapai kecepatan membaca data hingga 6.8000 MB/detik. 

Corsair MP600 Pro LPX kapasitas 1TB dibanderol mulai harga Rp1.8 jutaan di toko orange. Sedangkan yang berkapasitas 2 TB harganya dijual mulai Rp3.3 jutaan. 

Kingston Fury Renegade 

PS5 SSD Kingston Fury Renegade 
Sumber: Amazon.com

Rekomendasi SSD PlayStation 5 selanjutnya adalah Kingston Fury Renegade. SSD ini memungkinkan performa PS5 kamu jadi lebih cepat. 

Mengutip dari laman resmi Kingston produk varian 1TB SSD  ini mampu meningkatkan kecepatan membaca data hingga 7.300 MB/detik dan kecepatan tulis 6.000 MB/detik. Sedangkan varian yang 2 TB mampu mencapai kecepatan tulisn hingga 7.000MB/detik. 

Di toko Orange kamu bisa mendapatkan SSD Kingston Fury Renegade varian 1TB dengan harga Rp 1.8 jutaan. Sedangkan untuk yang varian 2 TB kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp2.9 jutaan saja. 

Crucial T500

Crucial T500 
Sumber: Official Site Crucial Eu

 

Rekomendasi SSD PlayStation 5 yang selanjutnya adalah Crucial T500. SSD ini menawarkan kecepatan membaca hingga 7.300 MB/detik.

Kemudian kecepatan tulis dari SSD ini adalah 6.800 MB/detik. Jadi saat menggunakan SSD ini kamu tidak perlu menunggu lama untuk menyimpan progres permainan. 

Sedangkan pada SSD yang varian 2 TB kamu bisa mendapatkan kecepatan membaca data hingga 7.400 MB/detik dan kecepatan tulis hingga 6.800 MB/detik. 

Di toko orange kamu bisa mendapatkan SSD ini mulai harga Rp 1.9 jutaan untuk varian 1 TB. Sedangkan yang varian 2 TB kamu bisa mendapatkannya mulai harga Rp3.2 jutaan. Setiap pembelian SSD Crucial T500 akan mendapatkan garansi selama 5 tahun. 

Seagate FireCuda 530 

PS5 SSD Seagate FireCuda 530
Sumber: Digital Trends

Rekomendasi SSD yang kompatibel untuk PlayStation 5 adalah Seagate FireCuda 530. Produk ini menawarkan desain minimalis yang terbuat dari aluminium anoda dengan mikropori bertekstur. 

Desain tersebut berpengaruh terhadap perpindahan panas sehingga dapat mencegah suhu tinggi pada SSD. 

Untuk varian 1TB Seagate FireCuda 530 mempunyai kecepatan membaca 7300 MB/detik dan kecepatan menulis 6000 MB/detik. 

Di toko orange kamu bisa mendapatkan Seagate FireCuda 530 mulai harga Rp2.1 jutaan saja. Sedangkan untuk varian 2TB kamu bisa mendapatkannya mulai harga RP3.9 jutaan saja. 

Pada setiap pembelian, kamu akan mendapatkan garansi resmi selama 5 tahun dan garansi rescue selama 3 tahun. 

Samsung 980 Pro SSD Heatsink 

Samsung 980 Pro SSD Heatsink 
Sumber: AliExpress

Rekomendasi SSD PlayStation 5 yang selanjutnya adalah Samsung 980 Pro SSD Heatsink. Produk ini dijual dalam dua varian yaitu 1 TB dan 2 TB, keduanya menjanjikan kecepatan yang berbeda. 

Untuk Samsung 980 Pro SSD varian 1TB dijual mulai harga Rp 3.5 jutaan di toko resminya. Keunggulan produk ini mampu meningkatkan performa baca PS5 hingga 7.000 MB/detik dan kecepatan tulis 5.000MB/detik. 

Sedangkan pda varian produk yang 2TB dijual mulai harga Rp4.2 jutaan di toko resminya. Produk ini memungkinkan performa PS5 milikmu jadi lebih cepat. 

Samsung 980 Pro SSD Heatsink 2 TB dapat mempercepat kemampuan baca konsol hingga 7.000 MB/detik dan 5.100MB/detik untuk kemampuan tulisnya. 

Crucial P5 Plus

Crucial P5 Plus
Sumber: Rakitan

Crucial P5 Plus adalah produk pendahulu Crucial T500. Meskipun sudah ada generasi barunya, produk ini tidak kalah kompetitif jika membandingkan performa dan spesifikasinya. 

SSD PlayStation 5 ini menggunakan teknologi Crucial Micron Advance 3D NAND dan PCIe Gen 4. Berkat spesifikasinya tersebut produk ini dapat meningkatkan kecepatan baca PS5 hingga 6600MB/ detik dan tulis 5000MB/detik. 

Mungkin dari beberapa SSD yang ada di daftar ini, Crucial P5 Plus mempunyai performa yang paling lambat. Namun, produk ini kompatibel untuk digunakan pada konsol PlayStation 5. 

Sayangnya produk ini belum dilengkapi dengan heatsink sehingga kamu harus menyediakan dana tambahan jika ingin menggunakannya di PS5. 

Terdapat 3 varian produk Crucial P5 Plus yaitu 500 GB yang dibanderol mulai Rp 1 jutaan. Varian 1TB yang dibanderol Rp 1.8 jutaan dan varian 2TB yang dibanderol mulai Rp3.6 jutaan. 

WD Black SN850 NVMe SSD

WD Black SN850 NVMe SSD
Sumber: Best Buy

Western Digital Black SN850 NVMe adalah SSD terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa PlayStation 5. 

Teknologi PCIe Gen 3 yang digunakan pada produk ini memungkinkan kemampuan baca dan tulis yang lebih cepat. 

Mengutip dari laman resminya, WD Black SN850 NVMe varian 1TB menjanjikan performa baca dengan kecepatan 7.300MB/detik. Sedangkan kecepatan tulis dari produk ini adalah 6.300MB/detik. 

WD Black SN850 NVMe juga tersedia dalam varian 2TB yang menjanjikan performa baca 7.300 MB/detik dan kecepatan tulis 6.600MB/detik. 

Di toko orange kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp1.5 jutaan untuk varian 1TB. Sementar untuk varian 2 TB kamu bisa mendapatkannya mulai harga Rp 3.7 jutaan. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Games Avatar untuk PlayStation Paling Seru!

Hal yang Perlu Diketahui sebelum Membeli SSD PS5

PlayStation 5
PS5. Sumber: Official Site

Terdapat lebih dari 7 SSD PlayStation di luar 7 daftar produk ini. Di luar sana kamu bisa menemukan berbagai pilihan SSD yang menjanjikan performa yang lebih kencang tetapi harganya murah. Namun yang paling penting adalah mengikuti 5 panduan berikut ini: 

Perhatikan Garansi Produk

Kamu harus memastikan bahwa produk SSD PlayStation 5 yang akan kamu beli mempunyai garansi yang memadai. Kemungkinan produk yang dijual dengan garansi lama pasti harganya jauh lebih mahal. 

Namun, kamu harus merelakan harga yang sedikit mahal daripada membeli produk murah yang tidak jelas dan tidak menjanjikan garansi pada pelanggan. 

Merek dan Harga 

Beli SSD PlayStation 5 dari brand terkemuka seperti yang kami rekomendasikan di atas. Bukan berarti brand-brand lain di luar daftar buruk tetapi kamu perlu berhati-hati saat membeli SSD karena ada banyak merek palsu. 

Selain itu kamu juga perlu memertimbangkan harga SSD yang akan kamu beli. Pilih SSD yang sesuai kebutuhan dan budget yang kamu punya. 

Ketersedian Heatsink dalam Paket

Terkadang brand SSD tidak menyertakan heatsink saat menjual produk mereka. Padahal heatsink adalah item penting jika tujuan membeli SSD untuk PS5. 

Heatsink berfungsi untuk menjaga suhu tetap dingin dan mengoptimalkan kinerja konsol. Ada beberapa produk di dalam daftar ini yang sudah menyertakan heatsink pada setiap pembelian. 

Baca juga: Discord PS5, Penjelasan Cara Menggunakan Voice Chat

Top Up Game Favoritmu dan Dapatkan Produk Digital Lainnya dengan Harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!