Rekomendasi 5 HP Kamera Terbaik: Tak Perlu Beli Kamera Lagi!

Rekomendasi 5 HP kamera terbaik versi VCGamers yang bisa banget dipilih sebagai pengganti kamera DSLR ataupun Mirrorless.
Rekomendassi 5 HP kamera terbaik
Rekomendassi 5 HP kamera terbaik. Sumber: Official Site

Selain urusan dapur pacu dan performa, rekomendasi HP kamera terbaik menjadi salah satu yang banyak dicari orang-orang. Yap, keperluan mengaktualisasikan diri secara visual menjadi kebutuhan siapa saja.

Baik dengan cara berswafoto, membuat video vlog, maupun mengabadikan momen menggunakan kamera belakang, semuanya membutuhkan kualitas kamera yang mumpuni. So, cekidot langsung deh rekomendasinya!

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Akan Dirilis 10 Juli 2024

Rekomendasi 5 HP Kamera Terbaik Juli 2024

Sekarang kita langsung saja masuk ke ulasan inti yakni rekomendasi 5 HP kamera terbaik yang ada di pasaran hingga Juli 2024. Terdapat beberapa parameter yang dijadikan acuan dalam memilih entry list kali ini.

Yang pertama tentu saja overall kualitas produk yang dihasilkan dari kamera, baik dalam bentuk foto maupun video. Ini menjadi penentu paling penting dalam mempertimbangkan HP kamera terbaik.

Tidak kalah pentingnya adalah fitur dan inovasi teknologi yang dibekalkan di lini kameranya. Ini turut menentukan bagaimana aspek foto maupun videografi dapat ditunjang dengan optimal.

Disclaimer dahulu, yang dihadirkan pada list kali ini hanyalah flagship highest end dari masing-masing brand. So, beberapa tipe smartphone yang lebih older tidak akan ikut dibahas meski memiliki kamera yang bagus.

Nah, tanpa lebih berpanjang lebar, berikut ini adalah rekomendasi perangkatnya versi VCGamers. Dan jangan lupa, jika kalian tertarik, siapkan kocek yang dalam juga yah: harga flagship highest end memang selangit!

5. Xiaomi 14 Ultra

Xiaomi 14 Ultra
Xiaomi 14 Ultra. Sumber: Official Site

Dilengkapi dengan empat kamera belakang 50 MP dengan lensa Leica, kamera telephoto dengan enam jenis focal length-nya mampu melakukan zoom hingga 120x! Namun yang keren dari smarphone ini adalah gimmick-nya.

Bayangkan, dengan tambahan Photography Kit (PK) yang dijual terpisah, Xiaomi 14 Ultra bisa berubah bentuk menjadi sebuah kamera betulan, lengkap dengan lensa filter ring 67 mm!

Jika tertarik, pastikan kalian membongkar tabungan sebanyak IDR 17-25 jutaan (tidak termasuk PK-nya). Dan karena perangkat ini tidak masuk resmi ke tanah air, akan ada tambahan bea masuk barang impor lagi ya.

4. Sony Xperia 1 VI

Sony Xperia 1 VI
Sony Xperia 1 VI. Sumber: Official Site

Berbeda dari flagship kebanyakan, perangkat ini hanya dibekali triple kamera belakang (48/12/12 MP) ber-focal length yang berkisar antara 45mm dan 85-170mm. Meski begitu kualitasnya bukanlah kaleng-kaleng!

Line-up Xperia dari Sony selalu dikenal dengan kameranya yang mumpuni. Ini juga terlihat dari keberadaan lensa Zeiss T yang dikombinasikan dengan sensor Exmor T khusus perangkat mobile.

Dan lini hardware tersebut semakin disempurnakan di aspek software melalui keberadaan AI untuk memproses setiap foto dan video yang diambil. Tidak heran jika koceknya dibanderol hingga IDR 23 jutaan (harga impor)!

3. Samsung S24 Ultra

Samsung S24 Ultra
Samsung S24 Ultra. Sumber: Official Site

Quad kamera belakang Flagship Samsung memang tidak perlu ditanya lagi: satu-satunya brand smartphone yang berani merilis sensor kamera paling besar sepanjang sejarah, yakni 200 MP (sisanya 50/12/10 MP)!

Besaran pikselasi ini mampu memberikannya kemampuan Optical Quality Zoom dari 2x hingga 10x! Dan didukung dengan fitur Galaxy AI yang mereka gaung-gaungkan, visual yang diambil jadi semakin ciamik.

Tidak heran jika kameranya tersebut bahkan bisa sampai digunakan untuk memfoto Bulan dari belahan bumi manapun! Untuk flagship Samsung ini, harga IDR 28 juta sudah fix menjadi banderol resmi di tanah air.

2. Google Pixel 8 Pro

Google Pixel 8 Pro
Google Pixel 8 Pro. Sumber: Official Site

Dengan triple kamera belakang bersensor 50/48/48 MP, perangkat besutan Google memang tidak pernah mengecewakan. Sebagai empunya OS, brand ini memang layak disebut sebagai Raja Android.

Kemampuan kamera yang optimal dan didukung dengan fitur software setting-an “dapur sendiri” (Dual-LED flash, Pixel Shift, Ultra-HDR, Best Take, dll.) menjadikan kualitas gambar yang dihasilkan sangatlah profesional!

Dan dengan keberadaan aplikasi Pixel Camera dan AI Gemini Nano, jangan heran jika night photography perangkat ini bahkan setingkat DSLR/Mirrorless. Untuk harganya sendiri berkisar di IDR 16 jutaan (impor).

1. Apple iPhone 15 Pro Max

Apple iPhone 15 Pro Max
Apple iPhone 15 Pro Max. Sumber: Official Site

Sang ‘boba’: puncak tertinggi kasta premium triple kamera belakang dengan sensor 48/12/12 MP. Entah mengapa kamera iPhone tidak pernah terlalu banyak gimmick, namun tetap menjadi standar industri foto & video.

Satu-satunya inovasi yang terbilang unik di smartphone flagship ini hanyalah keberadaan TOF 3D LiDAR scanner untuk depth-nya. Selain daripada itu, kebanyakan teknologi dan fiturnya juga dapat ditemukan pada brand lain.

Entah memang karena mata khalayak sudah dibakukan dengan standar kualitas sang brand asal Amrik ini, atau memang hasil kameranya betulan bagus. Yang pasti, sediakan dana Rp22 sampai 31 jutaan jika ingin membelinya.

Baca juga: Mengenal Semua Varian iPhone Boba

Jangan lupa, top up game murah, cepat dan aman di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!