Rekomendasi 5 Gaming Earbuds Terbaik di Pasaran

Gaming earbuds menjadi salah satu perangkat wajib yang perlu dimiiliki gamers untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih seru.
5 Rekomendasi Earbuds Gaming Terbaik
5 Rekomendasi Earbuds Gaming Terbaik. Sumber: Official Site

Gaming earbuds akan membuat pengalaman bermain game semakin menyenang!

Seiring kemajuan teknologi saat ini, gaming earbuds menjadi salah satu perangkat wajib untuk para gamers. Desain yang ringkas serta praktis dibawa ke manapun menjadikannya sebuah terobosan teknologi yang populer.

Namun istilah ‘gaming’ sendiri bukan hanya sekadar gimmick lho! Pasalnya, ranah kompetitif dalam game mengharuskan keberadaan spesifikasi tambahan bagi sang earbuds. So, langsung simak rekomendasi lengkapnya!

Baca juga: Rekomendasi TWS Terbaik di Bawah 500 Ribu

5 Gaming Earbuds Terbaik

Langsung saja deh kita masuk ke bahasan utama yakni rekomendasi gaming earbuds-nya. Sebagai parameter bahasan, indikator yang difokuskan pada daftar kali ini adalah latensi dari masing-masing produk earbuds.

Yap, latensi atau yang juga bisa disebut delay audio, sangat berpengaruh dalam aktivitas gaming. Semakin rendah latensi-nya, maka ketepatan aksi di game dengan suara yang terdengar di earbuds akan semakin sinkron (bareng).

Audio yang terlambat akan sangat mempengaruhi gameplay, khususnya pada game-game aksi seperti first-person shooter (FPS), battle royale, MOBA, dst.

Bayangkan jika step dari musuh atau info dari tim telat terdengar, bisa-bisa response time kalian yang akan handicap dan akhirnya malah kalah! So, berdasarkan kriteria tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasinya:

Black Shark Lucifer T14

Black Shark Lucifer T14
Black Shark Lucifer T14. Sumber: Official Site

Nama besar Black Shark memang sudah begitu masif di industri gaming. Maka tidak heran jika brand ini juga merilis line-up earbuds andalan mereka sendiri.

Diberi tajuk Lucifer T14, earbuds gaming mereka terkenal memiliki latency yang cukup minim hingga 30-an ms! Dengan style yang juga gaming banget, cocok deh buat kalian yang memang lagi butuh perangkat audio compact!

Razer Hammerhead Pro Hyperspeed

Razer Hammerhead Pro Hyperspeed
Razer Hammerhead Pro Hyperspeed. Sumber: Official Site

Dan untuk brand yang satu ini, yakin Vicigers juga sudah pada paham semua: Razer! Saking terkenalnya, merek dagang mereka pasti akan langsung diidentikkan dengan aktivitas gaming oleh siapa saja.

Tidak ketinggalan, Razer juga merilis produk earbuds mereka sendiri yang dilabeli Hammerhead Pro Hyperspeed. Dengan latensi rendah yang diklaim hingga dibawah 40-an ms, boleh banget dipakai sebagai TWS daily driver!

(Sony) PlayStation5 PULSE Explore

(Sony) PlayStation5 PULSE Explore
(Sony) PlayStation5 PULSE Explore. Sumber: Official Site

Sony menyadari bahwa PlayStation (PS) sudah menjelma menjadi sebuah brand yang mengakar kuat di benak para gamers. Maka keputusan yang tepat ketika mereka mulai berani ‘melebarkan sayapnya’ lebih jauh lagi.

Ini mereka realisasikan dengan merilis earbuds gaming resmi PS yakni PULSE Explore. Meski performa-nya dikhususkan untuk PS5 (latensi 40-an ms), namun ini tetap dapat digunakan untuk aktivitas gaming lainnya!

JBL Quantum TWS Air

JBL Quantum TWS Air
JBL Quantum TWS Air. Sumber: Official Site

Untuk urusan audio, performa JBL tidak perlu diragukan lagi. Wajar akhirnya mereka mengeluarkan line-up earbuds khusus gaming berlatensi rendah: di bawah 50 ms!

Yang spesial dari produk Quantum TWS Air ini adalah fitur dukungan secara penuh untuk perangkat Nintendo Switch! Yap, tidak banyak diluar sana perangkat audio yang memberikan perhatian lebih bagi konsol hibrida itu.

ROG Cetra True Wireless

ROG Cetra True Wireless
ROG Cetra True Wireless. Sumber: Official Site

Rasanya akan sangat tidak adil jika sudah menyebutkan Razer namun tidak menyertakan brand yang satu ini. Maka, entry terakhir pada list ini datang dari brand gaming raksasa lainnya: ROG Cetra True Wireless!

Sebagai kompetitor alami dari Razer, akan sangat masuk akal jika ROG juga ikut mengeluarkan earbuds tandingan! Dengan latensi yang berkisar pada angka 50-an ms, bisa banget earbuds ini diandalkan untuk gaming.

Baca juga: 5 Daftar TWS Murah Terbaik di Bawah Rp200 Ribu

Nah itulah tadi pembahasan mengenai 5 rekomendasi earbuds gaming terbaik. Jangan lupa, top up game murah dan cepat cuma di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!