8 Urutan Rank Dota 2 yang Harus Kalian Ketahui

Rank Dota 2

Kalian pemain Dota 2 mungkin sedang stuck di Rank Dota 2 dan kesulitan untuk naik ke tingkatan selanjutnya. Hal itu mungkin terjadi karena skill kalian masih belum sesuai dengan Rank yang dijalani.

Sebagai game populer sekaligus kompetitif, Dota 2 memiliki sistem Rank yang harus dicapai oleh pemainnya. Rank ini juga bisa menggambarkan seberapa jago seorang pemain memainkan game tersebut.

Untuk itu, sangat penting bagi pemain untuk memahami urutan Rank Dota 2 agar mereka juga bisa mengetahui bagaimana gameplay dan skill tiap tingkatannya.

Urutan Rank Dota 2

Sama seperti kebanyakan game MOBA lainnya yang kompetitif, rank Dota 2 juga memiliki tier atau tingkata, yatu dengan 8 tingkatan. Setiap tingakatannya memiliki 5 bintang yang harus pemain capai untuk bisa lanjut ke tingkatan selanjutnya.

Rank Dota 2 menggunakan sistem poin MMR yang juga bisa menggambarkan kemampuan bermain dari setiap pemain. Gameplay kalian mulai dari kerjasama tim, rat, warding, team fight, dan beberapa hal lainnya berpengaruh terhadap nilai MMR kalian.

Jadi, semakin tinggi nilai MMR yang kalian raih, semakin jago pula skill kalian yang akhirnya membuat Rank kalian juga ikut naik.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami jelaskan urutan Rank Dota 2 yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: Berikut 10 Hero Dota 2 Untuk Pemula di Tahun 2022

Herald

Rank Dota 2
Herald (Sumber: Dot Esports)

Rank Dota 2 pertama yang bakal kalian jumpai ketika baru mulai bermain adalah Herald. Dengan kata lain, Herald merupakan tingakatan Rank yang paling bawah atau rendah.

Wajar saja jika di tingkatan ini isinya para pemain baru dengan minim pengalaman yang masih belajar. Biasanya mereka akan mempelajari beberapa hal dasar seperti mencoba hero yang cocok, memahami mini map, dan lain sebagainya.

Karena baru pertama kali bermain di mode Ranked, para pemain baru akan memulainya dengan nilai MMR 0. Untuk bisa lanjut ke Rank berikutnya, maka harus memperoleh sampai 616 MMR di Herald 5.

Guardian

Rank Dota 2
Guardian (Sumber: Dot Esports)

Setelah mencapai Herald 5, selanjutnya kalian akan masuk ke Rank Dota 2 bernama Guardian dengan minimal nilai MMR sebanyak 770. Untuk bisa melewati tingkatan ini, pemain harus mengumpulkan MMR dari 770 sampai 1386.

Tak jauh beda dengan tingkatan sebelumnya, Guardian juga masih berisi sejumlah pemain pemula, hanya saja sudah mulai menunjukkan perkembangan. Salah satu contohnya, mereka mungkin sudah mulai bisa memahami mini map meski terkadang masih kena ganking musuh.

Oleh karena itu, pemain di Rank Guardian masih perlu banyak belajar untuk mempertajam kemampuannya. Fokus mereka juga harus lebih spesifik misalnya mempelajari skil hero, membeli item, dan lain sebagainya.

Baca juga: Berikut ini 8 Hero Dota 2 Tersulit

Crusader

Rank Dota 2
Crusader (Sumber: Dot Esports)

Rank Dota 2 selanjutnya setelah melewati Guardian adalah Crusader dengan nilai MMR minimal 1540. Untuk mencapai Crusader bintang 5, pemain harus mengumpulkan 2156 MMR.

Di tingkatan ini, kemampuan pemain juga seudah semakin berkembang salah satunya sudah mampu melakukan Last Hit Creep dengan baik. 

Meski begitu, mereka masih perlu memperdalam pemahaman map atau mempelajari skill hero counter. Hal ini dikarenakan di tingkatan Crusader kemampuan lawan juga semakin sulit.

Archon

Rank Dota 2
Archon (Sumber: Game World)

Usai melaju dari Crusader, berikutnya kalian akan memasuki pertengahan Rank Dota 2 yaitu Archon. Pemain harus memiliki nilai MMR minimal 2310 sampai 2926 MMR untuk berada di Archon 5.

Di tingkatan ini, pemain sudah mulai memahami hero secara mekanikal dan memahami gameplay dari game besutan Valve Corporation ini. Meskipun begitu, mereka masih kurang terutama dalam hal kerjasama tim.

Hal itulah yang akhirnya membuat kebanyakan pemain terjebak di tingkatan ini dan akan mengalami kesulitan untuk naik ke Rank selanjutnya.

Baca juga: 5 Hero Carry Terbaik Dota 2, Auto Win Bro!

Legend

Rank Dota 2
Legend (Sumber: Dot Esports)

Rank Dota 2 yang satu ini mulai memberikan kesulitan yang cukup tinggi sehingga pemain harus lebih banyak bersabar. Pemain yang berada di tingkatan Legend ini setidaknya memiliki nilai 3080 MMR sampai 3696 MMR untuk mencapai Legend 5.

Sama dengan Rank sebelumnya, di tingkatan ini para pemain harus mulai bisa melakukan kerjasama tim dengan baik. Selain itu, pemain dengan role Support yang berada di Rank Legend ini sudah piawai memasang warding dengan baik.

Ancient

Rank Dota 2
Ancient (Sumber: Dot Esports)

Usai melewati Legend, kalian akan mulai memasuki Rank Dota 2 yang cukup tinggi, yaitu Ancient. Pemain yang berada di Ancient perlu memiliki setidaknya 3850 MMR dan 4486 untuk menapai Ancient 5.

Kemampuan dari para pemainnya pun sudah lebih baik daripada pemain yang berada di Rank sebelumnya. Hal itu bisa terlihat dari permainan mereka, bagaimana positioning mereka saat melakukan rotasi, dan mereka juga kerap melakukan team fight.

Karena kemampuan pemain dan musuhnya cenderung semakin baik, maka salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan voice chat.

Divine

Rank Dota 2
Divine (Sumber: GamesGrid.ID)

Rank Dota 2 selanjutnya yang sudah termasuk ke dalam tingakatan tertinggi adalah Divine dengan pemain yang memiliki 4620 MMR sampai 5420 MMR.

Di Rank Divine, kemampuan mekanik para pemainnya sudah begitu baik entah dari segi gameplay atau karakteristik permainan. Kordinasi tim pun sudah cukup baik seperti rotasi tim, pemilihan item, counter pick, dan lain sebagainya.

Selain itu, pemain yang berada di tingkatan Divine ini juga biasanya merupakan pemain lama dari game Dota / Warcraft.

Baca juga: Simak! 10 Most Pick Hero Dota 2 Tournament

Immortal

Rank Dota 2
Immortal (Sumber: GameWorld)

Rank Dota 2 yang terakhir sekaligus jadi tingkatan yang paling tinggi adalah Immortal dengan pemain yang telah memiliki nilai MMR sebanyak 6000+.

Tak jauh beda dengan sebelumnya, Immortal juga sudah berisi dengan pemain yang ahli dengan mekanik yang sangat baik. Mereka juga berpotensi jadi seorang pro player karena tak jarang juga kalian bakal menemuinya jika berada di tingkatan Immortal.

Umumnya, mereka yang berpotensi jadi pro player berada di Top Region entah, Top 1000, Top 100, atau Top 10. Jadi, pemahaman serta penguasaan mekanik tentang game ini sudah tak perlu diragukan lagi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!