Pump Crypto Adalah Pembelian Aset, Begini Penjalasannya!

Pump Crypto Adalah

Di dunia trading crypto, terdapat sebuah istilah bernama pump crypto. Istilah tersebut berasal dari pump and dump, kegiatan yang memiliki makna tersendiri.

Bagi Vicigers yang sudah berkecimpung dalam dunia crypto mungkin sudah pernah mendengar istilah pump and dump crypto.

Kali ini, VCGamers akan membahas apa itu pump crypto, istilah yang ada dalam kegiatan pump and dump crypto. Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: Hati-Hati! Penjelasan dan Bahaya FOMO Crypto!

Pump Crypto dalam Istilah Pump and Dump

Ilustrasi Pump and Dump Crypto
Ilustrasi Pump and Dump Crypto. Sumber: TradingwithRayner

Pump and dump crypto memiliki makna yakni kegiatan yang sebuah pihak lakukan demi meningkatkan harga sebuah aset kripto. Kemudian, mereka menghempaskan aset tersebut ke harga yang rendah.

Strategi tersebut sering membawa kerugian terhadap trader dan investor. Pump and dump sering digunakan untuk melakukan scam yang hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.

Vicigers harus mengetahui mengenai pengertian dan cara operasi pump and dump agar bisa ditemukan dan dihindari bila suatu saat nanti pump and dump ini terjadi.

Seperti namanya, pump and dump adalah strategi trading yang ditujukan terhadap sebuah aset crypto. Pump merupakan awalan dari kegiatan tersebut yakni membeli sebuah aset crypto dalam skala besar.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan harga dan permintaan pasar. Setelah harga tersebut naik dan terdapat banyak pembeli yang tertarik, pihak tersebut melakukan dump.

Dump adalah akhir dari kegiatan ini, yakni menjual lagi aset yang pihak tersebut beli dalam skala besar. Hal tersebut membuat harga aset crypto menjadi turun sangat drastis.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Menghitung Keuntungan Crypto

Cara Kerja dan Contoh Pump and Dump Crypto

Contoh Pump and Dump Crypto
FaZe Clan Pelaku Pump and Dump Crypto. Sumber: The Daily Dot

Mayoritas strategi ini diterapkan oleh berbagai pihak yang memiliki peran besar di pasar crypto. Pump and dump ini bisa mereka lakukan dalam waktu yang cepat, sekitar hitungan menit hingga detik.

Karena hal tersebut, trader dengan skala kecil akan lebih sulit untuk keluar dari jebakan scam pump and dump crypto.

Pump and dump memiliki cara kerja yang terorganisasi dan terstruktur. Pihak yang berkelompok ini akan berdiskusi untuk merencanakan kegiatan pump and dump dari hari-hari sebelum eksekusi.

Kelompok ini akan mengumpulkan aset crypto ketika volume masih rendah, yakni pump. Setelah itu, kelompok tersebut akan menentukan waktu untuk melaksanakan dump.

Salah satu contoh kegiatan pump and dump adalah beberapa anggota dari organisasi esports besar yang berasal dari Amerika Serikat yakni Faze Clan.

Menurut theScore esports, anggota FaZe Clan tersebut diantaranya adalah FaZe Kay, FaZe Jarvis, RiceGum, hingga Sommer Ray.

Mereka mempromosikan aset crypto dengan nama SaveTheKids yang memiliki tujuan untuk membantu anak-anak di seluruh dunia yang terlantar.

Promosi tersebut memberikan hasil yang cukup besar karena banyak sekali yang tertarik hingga akhirnya mendapatkan banyak pembeli.

Banyaknya pembeli menyebabkan harga aset crypto tersebut meningkat. Setelah itu, kelompok tersebut justru menjual aset tersebut dan kabur, meskipun sudah menjanjikan untuk menyisihkan keuntungan dari aset crypto tersebut untuk donasi terhadap anak-anak di dunia yang terlantar.

Aset tersebut akhirnya tidak memiliki nilai karena mereka telah melakukan dump yakni menjual aset crypto dengan skala besar ketika harga sedang tinggi-tingginya.

Baca Juga: 5 Mesin Minning Crypto Terbaik di Tahun 2022

Cara Menghindari Pump and Dump

Hindari Pump and Dump Crypto
Salah Satu Contoh Pump and Dump. Sumber: Empirica

Bagi Vicigers yang takut akan pump and dump, jangan khawatir! Berikut adalah tips agar Vicigers bisa terhindar dari pump and dump.

Pertama, hindari FOMO yang berarti Fear of Missing Out. Vicigers harus bertanggung jawab ketika melakukan trading dan janganlah melakukan investasi hanya karena ingin ikut-ikutan.

Selain itu, Vicigers pastinya harus melakukan ristet terlebih dahulu sebelum melakukan trading. Lihatlah whitepaper, penawaran, asal usul pencipta sehingga bisa menjamin keamanan aset crypto tersebut.

Terakhir, Vicigers harus hati-hati dan waspada ketika Initial Coin Offering atau ICO. Vicigers harus memberi perhatian yang lebih terhadap aset dan proyek crypto yang baru dijual di exchange.

Demikian pembahasan pump and dump. Berhati-hatilah ketika melakukan trading crypto, lakukan riset, dan hindari FOMO.

Untuk keperluam top up gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!