PS5 Pro Resmi Rilis: Harga dan Spesifikasinya

Resmi rilis tanpa ada teaser maupun drama-drama leak: PS5 Pro dari Sony sebagai varian ultimate dari konsol current generation PlayStation.
PS5 Pro
PS5 Pro. Sumber: Official Site

Setelah hampir satu tahun lamanya sejak terakhir kali Sony merilis varian Slim dari PlayStation5 (PS5), akhirnya varian paling ultimate dari konsol current generation (gen) mereka-pun rilis: PS5 Pro!

Lantas seperti apa sih bentuk, spek, serta tanggal dan harga rilis dari konsol terbaru mereka ini? Nah buat Vicigers yang penasaran dengan detail-detailnya, mending langsung cekidot aja deh ulasan lengkapnya!

Baca juga:

Tampilan dan Spesifikasi

Appearance dan Form Factor

Bentuk dan Tampilan
Bentuk dan Tampilan. Sumber: Official Site

Pembahasan akan VCGamers mulai dari bentuk sang konsol terbaru milik Sony tersebut. Secara bentuk, varian Pro ini mengadopsi bentuk yang kurang lebih serupa dengan versi ‘vanilla’-nya.

Satu-satunya penanda yang terlihat cukup kontras hanyalah keberadaan ‘aksesoris pemanis’ berupa tiga garis horizontal (disebut juga sebagai “ridged line”) berwarna hitam yang melintang di tubuh putih mulus sang konsol.

Sekilas, ini tampak seperti kisi-kisi fentilasi sistem pendingin (exhaust). Desain ini sendiri sudah lebih dulu bocor beberapa minggu lalu, persis seperti pada bahasan Eurogamer.

Sedangkan secara ukuran, varian Pro ini memiliki tinggi yang serupa dengan PS5 ‘vanilla’, dengan lebar serta ketebalan dimensi yang mirip dengan varian PS5 Slim.

Gambaran ukuran ini cukup relevan, mempertimbangkan bahwa Sony juga tidak turut menyertakan Disc-Drive untuk PS5 Pro (digital edition only). Namun, Disc Drive ini bisa Vicigers maharin secara terpisah seharga USD 80.

Spesifikasi dan Dapur Pacu

Yang Diutamakan Pada PS5 Pro
Yang Diutamakan Pada PS5 Pro. Sumber: Official Site

Selanjutnya adalah aspek performa dari sang konsol anyar. Secara spec, sebenarnya Sony sendiri belum merilis detail resmi mengenai apa-apa saja yang mereka sertakan sebagai ‘jeroan’ dari varian terbaru ini.

Namun untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh, kita dapat melihat keberadaan komponen-komponen dari berbagai versi sebelumnya. Yap, banyak pihak percaya bahwa Sony tidak akan mengubah banyak hal.

Ini karena varian ‘Pro’ umumnya hanya sekedar memberikan penyegaran dan memperpanjang quality of life (QOL) dari line-up konsol current gen. mereka saja, sebelum akhirnya merilis edisi next gen.

Di mulai dari aspek CPU dan GPU. Dilansir dari IGN, mereka menyatakan bahwa varian ‘vanilla’ dari PS5 sendiri menggunakan prosesor besutan AMD bernama Zen 2, yang didukung dengan RDNA 2 untuk lini GPU-nya.

Mereka percaya, bahwa varian Pro tetap akan mempertahankan arsitektur ini, namun dengan adanya kapasitas GPU yang lebih besar: terlihat dari adanya penambahan streaming multiprosesor (SM) hingga sebanyak 3.800-an.

Angka ini jauh lebih besar dari varian non-Pro yang hanya mencakup 2.300-an SM saja. Selain itu, Sony juga menambahkan keberadaan hardware ray tracing generasi terbaru yang juga besutan AMD.

Dan dengan turut menyertakan keberadaan AI-Driver di lini software, upscalling yang diberikan mampu menyokong performa permainan high frame rate bahkan ketika bermain dengan kualitas grafis 8K!

Maka di atas kertas, Sony menggadang-gadang bahwa varian PS5 Pro-nya ini memiliki peningkatan sebesar 67% pada aspek compute units, 25% penambahan kecepatan memory, dan performa rendering hingga 45%!

Harga dan Tanggal Rilis

Varian Harga Keempat Region
Varian Harga Keempat Region. Sumber: Official Site

Sekarang untuk harga dan tanggal rilis. Untuk saat ini, Sony baru mencanangkan perilisan PS5 Pro untuk 4 region utama pasar PlayStation dunia: Eropa, United Kingdom (UK), Amerika Utara, dan Jepang saja.

Masing-masing region-pun memiliki banderol harga yang juga berbeda-beda. Berbanding kurs Rupiah (IDR), berikut adalah urutan harga masing-masing regionnya dari yang termurah hingga termahal:

  • Amerika Utara: USD 700 (IDR 10,8 jutaan)
  • Jepang: JPY 119.980 (IDR 13 jutaan)
  • Eropa: EUR 800 (IDR 13,6 jutaan)
  • UK: GBP 700 (IDR 14,1 jutaan)

Harga dalam satuan Rupiah di atas merupakan estimasi berdasarkan kurs ketika artikel ini ditulis, dan belum termasuk bea tambahan apapun. Besar kemungkinan harganya bisa jauh lebih mahal ketika masuk ke tanah air.

Ini juga belum termasuk stand vertikal-nya, yang memiliki banderol tambahan sebesar USD 30. So, jika ingin paket lengkap (beserta Disc-Drive) pastikan kalian menyiapkan kocek tambahan sebesar USD 110 (IDR 1,7 jutaan).

Konsol ini akan rilis secara serempak di keempat region tersebut pada 7 November tahun ini! Buat Vicigers yang mungkin tertarik, masih ada waktu beberapa bulan untuk menabung ya!

Baca juga:

Itulah tadi pembahasan mengenai perilisan PS5 Pro. Pastikan untuk urusan top-up dan mikrotransaksi gaming lainnya, VCGamers Marketplace hanyalah yang terbaik!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!