Apa Itu Pos di Dota 2? Pengertian, Pembagian, Tugas, dan Hero

Pos Dota 2

Bagi pemain Dota 2, tentu sudah tidak asing dengan istilah Pos.  Tapi, apakah kalian tahu tentang pengertian sebenarnya, pembagian lane, tugas, dan juga heronya?

Kali ini penulis ingin menjelaskan secara lengkap tentang apa itu Pos di Dota 2.  Mau tahu istilah tersebut? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Apa Itu Role di Dota 2? Pengertian, Pembagian, Tugas, dan Hero

Apa Itu Pos di Dota 2?

Pos Dota 2
Pembagian Pos di Dota 2. Sumber: VCGamers.

Sebelum memberikan penjelasan menyeluruh, penulis akan memberitahukan definisi dasar tentang apa itu Pos.  Setelah itu, penulis akan menjelaskan secara rinci perbedaan dari pos yang ada.

Penjelasan ini penulis rangkum dari berbagai sumber, seperti dota2.com, dota2.fandom, dan pengalaman bermain.  Jika ada kekeliruan, silakan tulis di kolom komentar untuk saling membantu satu sama lain.

Pos adalah sebutan yang menunjukkan posisi lane sebuah player untuk bermain.  Sebagai game berjenis real-time strategy, tentunya harus ada pengelompokkan posisi bermain agar tidak saling bentrok.

Fungsi dari pos ini adalah untuk memfokuskan player agar tidak salah memilih hero ataupun memilih lane.  Alasannya, setiap hero di Dota 2 terbilang unik dan memiliki Role yang berbeda-beda.

Jumlah Pos di Dota 2

Untuk pembagiannya, terdapat lima buah pos yang harus kamu tahu sebagai player Dota 2.  Agar memudahkan, penulis telah mencontohkan posisi dari kedua tim seperti foto di atas.

Faktanya, istilah Pos di Dota 2 agak berbeda dengan Role.  Hero setiap Pos bisa berubah-ubah.  Sedangkan Role setiap Hero sudah bersifat pasti, langsung dari Valve.

Kelima pos tersebut adalah Carry, Midlaner, Offlaner, Soft-Support, dan Hard-Support.

Pos 1 – Carry / Hard Carry / Core

Safelane Pos 1 Troll Warlord Antimage.

Pos 1 adalah pos yang ditujukan untuk para Hard Carry.  Kamu bisa sebut dengan Carry, Hard Carry, Core, sama saja.  Intinya, mereka adalah hero yang paling banyak melakukan farming di dalam jungle.

Posisi mereka di kedua peta tim terbalik.  Jika kamu menjadi tim Radiant, Pos 1 berada di bottom lane.  Sedangkan di tim Dire, Pos 1 berada di top lane.  Mudahnya, memiliki ciri lane paling panjang dan berbentuk horizontal.

Alasan mereka memiliki lane yang panjang adalah karena area antara safe lane dengan mid lane berisikan Jungle.  Jungle adalah tempat para neutral creeps hadir.  Mereka bisa memberikan Exp, Gold, dan Neutral Items.

Tujuan dari seorang Carry adalah “membawa” seluruh tim menuju kemenangan.  Untuk bisa mencapai kemenangan, dia membutuhkan Exp dan juga Gold yang banyak.

Terdapat dua cara untuk mendapatkannya.  Pertama adalah dengan melakukan Last Hit kepada Lane Creeps.  Cara kedua adalah dengan farming di dalam Jungle.

Biasanya hero di pos ini cenderung lemah dan durabilitas yang kurang baik di early game.  Maka dari itu, mereka membutuhkan hero support untuk menjaganya, tapi tidak menghalanginya mendapatkan Gold dan Exp.

Jika ambil contoh hero, mereka adalah Troll Warlord, Anti-Mage Shadow Fiend, Naga Siren, Drow Ranger, dan Phantom Lancer.

Baca Juga: 5 Hero Carry Terbaik Di Patch 7.23c DOTA 2

Pos 2 – Midlaner

Midlaner Pos 2 OD, Lina, Ember Spirit.

Pos 2 adalah posisi untuk hero dengan durabilitas dan skill yang bagus.  Dengan posisinya di tengah map (diagonal), mereka mampu membantu teman-temannya yang kesulitan di bottom lane atau top lane.

Sebagai Midlaner, dia mendapatkan Exp lebih cepat dibandingkan hero lainnya, namun harus bisa mengimbangi Gold dengan Last Hit.  Midlaner tidak perlu membagi Exp, tapi tidak memiliki sumber Gold selain creep lane.

Sumber Gold selain creep lane adalah melakukan ganking kepada rekan satu tim yang membutuhkan.  Dengan kill atau mendapatkan assist, kamu bisa mendapatkan tambahan gold.

Secara skill, mereka dapat memberikan damage yang cukup besar, mampu mendapatkan Last Hit, dan kabur dengan cepat.  Dengan Last Hit, seorang Midlaner bisa mengimbangi Gold rekan satu tim dan bisa membeli item.

Contoh heroes midlaner yang populer adalah Pangolier, Invoker, Lina, Silencer, Void Spirit, Storm Spirit, dan Ember Spirit.

Baca Juga: 5 Hero Mid Lane Dota 2 Paling GG, Nggak Gampang Kalah!

Pos 3 di Dota 2 – Offlaner

Pos 3 Offlaner Bristleback Underlord.

Jika kamu suka bermain sebagai tanker atau mampu mengganggu musuh, Pos 3 mungkin cocok untuk kamu.  Tapi, tugas Offlaner cukup berat, yaitu harus bisa mengganggu dan selamat melawan Safe Lane.

Dari posisi peta, Offlaner tim Radiant berada di top lane.  Sedangkan untuk tim Dire, Offlaner berada di bottom lane.  Mudahnya, mereka memiliki lane paling pendek dan berbentuk vertikal.

Selain kuat, seorang Offlaner harus lincah mengganggu Safe Lane musuh.  Seperti yang penulis sebutkan di atas, Safe Laner (Carry) yang sangat mengincar Gold dan Exp.

Ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk mengganggu Safe Lane musuh.  Pertama adalah Denied creeps dari tim kamu saat HP-nya rendah.  Dengan begitu, musuh akan sulit mendapatkan Gold.

Kedua adalah mengendap-endap masuk ke dalam Jungle.  Kamu bisa farming dari jungle musuh hingga membunuh Carry musuh yang sedang melakukan farming.

Tapi kamu juga harus waspada, jangan sampai malah kamu yang harus mati.  Exp dan Gold yang didapatkan dari kematian seorang hero sangat besar.

Sama seperti Pos 1, kamu akan berdampingan dengan seorang support yang bisa menjamin kamu untuk bisa bertahan di lane tersebut.

Hero Offlaner yang sering dipilih adalah Slardar, Monkey King, Lone Druid, Underlord, Dark Seer, Tidehunter, dan Bristleback.

Baca Juga: Tips Menjadi Offlaner Dota 2 Saat Ranked

Pos 4 – Soft Support

Pos Dota 2
Pos 4 Soft Support Earthshaker dan Enchantress.

Support ini akan mendampingi Offlaner untuk menahan, mengganggu, melindungi Offlaner sampai barang dan skillnya terbentuk.

Soft Support memiliki kemampuan Crowd Control, menyembuhkan, hingga melukai musuh sedikit demi sedikit.

Jika kamu perhatikan, seluruh hero Support biasanya memiliki damage yang cukup besar di early game.  Namun, selama pengalaman dan hasil riset, skill dari para support ini hanya berkembang sedikit saja.

Mereka memiliki tiga.  Pertama adalah membeli wards untuk memantau pergerakan musuh.  Kedua adalah memastikan sang Offlaner tidak terkena gank dari musuh.

Terakhir adalah bisa membantu Offlaner dengan cara pull creep lane atau stacking neutral creeps.  Bukan sembarangan creeps, neutral creeps paling dekat adalah Ancient Creeps.  Jadi Offlaner bisa mengimbangi Exp dan Gold dari Carry musuh.

Istilah soft support juga merujuk kepada support dengan tugas yang ringan.  Kamu masih boleh melakukan last hit dan menyerang musuh.  Yang terpenting kamu memiliki tugas utama seorang support.

Contoh heroes dari Soft Support ini adalah Earthshaker, Enchantress, Snapfire, Mirana, Skywrath Mage, dan Vengeful Spirit.

Baca Juga: 5 Hero Support Dota 2 Terbaik di Patch 7.32!

 Pos 5 di Dota 2 – Hard Support

Pos Dota 2
Pos 5 Support Ogre Magi IO.

Ini adalah role yang menurut penulis paling sulit.  Sebagai Hard Support, ia harus merelakan Exp beserta Gold yang harusnya ia miliki kepada sang Carry.

Berbicara posisi, Hard Support akan menemani sang Hard Carry, mulai dari membelikan wards, mana dan health regeneration, dan item penting lainnya.

Dari segi posisi, daerah yang perlu diawasi oleh Hard Support sangat besar, yaitu Jungle.  Bisa jadi di dalam Jungle yang gelap, terdapat sekumpulan musuh yang bersiap ganking Carry atau bahkan mengambil lahan farming.

Di dalam Jungle tersebut, di Patch 7.32, terdapat setidaknya enam neutral creeps dan satu bounty rune.  Jadi kamu harus bisa mengatur ritme, kapan harus pull creeps, kapan harus stacking, hingga mengambil bounty rune setiap 3 menit.

Terakhir, seorang Hard Support harus peka dengan Creep Equilibrium atau titik temu antar creeps.  Pada awalnya, lane creeps akan bertemu di tengah-tengah sungai.  Kamu bisa

Kamu bisa mengatur Creep Equilibrium dengan cara pull neutral creeps (small camp) menuju creep wave saat waktu menunjukkan angka 17 atau 47 detik.

Dengan begitu, creep wave kamu akan tertahan oleh Neutral Creeps.  Sedangkan creep wave musuh kamu akan langsung menuju tower kamu.

Hero yang sering dikaitkan dengan Hard Support adalah IO, Shadow Shaman, Phoenix, Witch Doctor, Jakiro, dan Ogre Magi.

Baca Juga: 5 Hero Hard Support DOTA 2

Itulah pengertian, tugas, dan juga heroes yang ada di setiap Pos.  Semoga dengan artikel ini, kamu bisa lebih paham tentang Pos yang ada di Dota 2.

Jadi, Pos mana yang kamu suka?

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!