Platform Streaming Gaming Terbaik, Mana Andalanmu?

streaming gaming

Belakangan ini, begitu banyak perusahaan yang telah meluncurkan platform live streaming gaming dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu sangat diperlukan oleh para gamers agar mereka tetap dapat terhubung dengan dunia game dan berbagi pengalaman mereka secara langsung melalui platform streaming gaming tersebut.

Teknologi streaming gaming juga membantu gamers untuk merekan momen-momen ketika sedang bermain game  yang menarik dengan video berkualitas tinggi dan dapat dibagikan lebih lanjut dengan banyak penonton menggunakan platform streaming mereka masing-masing.

Melalui artikel ini, VCGamers akan merekomendasikan kamu platform-platform streaming agar pengalaman bermain Vicigers lebih seru dan menyenangkan.

Platform Streaming

Diantara banyaknya platform streaming untuk game, ada platform yang bisa diakses tanpa batas dan dapat diakses melalui internet. Berikut platform-platform yang dapat kalian nikmati baik sebagai penonton ataupun sebagai gamers yang ingin membagikan pengalaman bermain gamenya dengan penonton

Twitch

streaming gaming
Twitch

Twitch merupakan layanan live-streaming video yang berasal dari Amerika dan berfokus pada live-streaming video game termasuk siaran kompetisi esports, live musik, konten kreatif, dan live-streaming. Twitch dioperasikan oleh Twitch Interactive yang merupakan anak perusahaan Amazon.com, Inc.

Twitch sendiri diperkenalkan pada Juni 2011 sebagai spin-off dari platform streaming minat umum Justin.tv. Konten di situs mereka dapat dilihat baik secara langsung atau melalui video sesuai permintaan.

Twitch memiliki banyak keunggulan fitur, seperti:

  1. Interface yang sangat fleksibel
  2. Twitch kompatibel dengan hampir semua utilitas streaming video populer.
  3. Dapat mengedarkan konten dari para profesional maupun dari penggemar.
  4. Dapat mengakses playlists
  5. Gratis.
Baca Juga: 5 Combo Karakter Maro Terkuat di Season 27 Free Fire

Youtube Gaming

streaming gaming
Youtube Gaming

YouTube Gaming merupakan layanan live-streaming dari YouTube yang berfokus pada video game dan esports. Youtube Gaming sendiri diumumkan pada 12 Juni 2015 dan dirilis pada 26 Agustus tahun itu juga dan dapat diakses melalui Android, iOS, dan web.

Sama seperti platform live-streaming lainnya, Youtube Gaming juga menawarkan keunggulan-keunggulan pada fiturnya, seperti:

  1. Pada aplikasi di smartphone dapat didukung oleh iOS serta platform Android.
  2. Layout Interface yang cukup bersih.
  3. Kualitas konten yang ditawarkan tentunya berkualitas tinggi

Youtube Gaming juga mendukung video dengan tingkat resolusi hingga 4K pada frame rate 60 fps. Tak hanya itu, Youtube Gaming juga ada begitu banyak fasilitas transcoding yang tersedia untuk streamer.

Baca Juga: Kenalan sama Ninja Sage, Server Ninja Saga Buatan Indonesia!

Beam

Beam (Source: Youtube EarthianLegion TV)

Layanan streaming Beam merupakan situs streaming video game yang paling baru, tetapi Beam sudah menghadirkan beberapa fitur menarik yang dapat dapat menambah pengalaman bermain lebih menarik lagi.

Melalui websitenya, Beam telah menerapkan sistem Leveling dan Mata Uang (Sparks) langsung ke platform mereka. Setiap 5 menit penonton menonton streaming, penonton akan mendapatkan 5 XP dan sistem XP ini seperti RPG yakan akan diakumulasikan menjadi level.

Tak hanya itu saja, Beam juga memiliki keunggulan sama seperti platform lainnya, seperti:

  1. Dapat diakses dengan lancar melalui iOS, Apple TV, Chromecast, hingga Android.
  2. Terorganisir dengan baik di platform ini.
  3. Video game berat diamati menghadapi sedikit penundaan selama proses streaming.
  4. Platform ini mendukung recording video dengan kemampuan hingga 4K pada frame rate 60fps.

Selain itu, Streamer dapat melakukan streaming pada 720p+ langsung dari awal dan dapat menggunakan kecepatan bit 2500+ tanpa harus melakukan partnership terlebih dahulu. Tentu ini merupakan angkat yang besar karena server Beam dapat menangani sebagian dari beban dan membiarkan streamer fokus pada kualitas streaming mereka sehingga para streamer tak perlu menurunkan kemampuan sistem mereka agar tetap dalam pedoman tertentu.

Baca Juga: Fakta Rosaria Genshin Impact Jarang Diketahui, Sudah Tahu Belum?

HitBox

Streaming Gaming
HitBox

Hitbox merupakan situs web video game esports live-streaming yang diluncurkan pada Oktober 2013 yang diakuisisi oleh Azubu, dan kemudian menjadi Smashcast. Interface dari pengguna HitBox hampir sama dengan sebagian besar platform streaming video game lainnya.

Namun keunggulan dari Interface Hitbox adalah para pengguna dapat dengan mudah mencari video favorit mereka melalui platform ini dan para pengguna dapat mengkategorikannya ke dalam koleksi pribadi, publik, dan khusus dewasa.

HitBox juga memiliki keunggulan dalam fitur-fiturnya, seperti:

  1. Memberikan pengguna opsi streaming yang cukup besar dengan kategorisasi video yang mudah.
  2. Pengguna harus memiliki komputer high-end untuk melakukan live-streaming menggunakan HitBox.
  3. Tentunya HitBox dapat diakses secara gratis.
  4. Interface yang sederhana dan menarik
Baca Juga: Cara Mendapatkan Emoji FF Unlimited, Gratis!

Bigo Live

Bigo Live (Source: Youtube HowLogical)

 

Bigo Live merupakan platform live streaming yang dimiliki oleh Bigo Technology dan berbasis di Singapura. Bigo  Live sendiri didirikan pada tahun 2014 oleh David Li dan Jason Hu dan pada 2019, Bigo Technology diakusisi oleh JOYY, sebuah perusahaan China yang terdaftar di NASDAQ.

Bigo Live menjadi salah satu aplikasi streaming video dengan pertumbuhan yang sangat pesat di media sosial. Bigo Live sering melakukan update-update pada fitur mereka sehingga para pengguna dapat terus menikmati platform ini tanpa bosan memakainya.

Bigo Live juga dapat membantu streamer untuk terhubung langsung dengan komunitas Bingo Live dan streaming video di platform ini dijembatani dengan sempurna untuk menyatukan orang-orang dimanapun.

Sama seperti platform lain, tentunya Bigo Live memiliki keunggulan seperti:

  1. Platform ini dapat dengan mudah kalian temukan di Mac, Google Play dan Android APK.
  2. Platform ini dapat membantu pengguna dengan streaming yang mudah dan cepat ke jaringan media sosial populer.
  3. Platform ini banyak memberikan opsi berbeda untuk menyiarkan game yang kalian mainkan.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!