5 Perusahaan Pengembangan Aplikasi Game Seluler

perusahaan pengembangan aplikasi game seluler

Dari perusahaan rintisan hingga perusahaan lawas, segmen game seluler telah tumbuh pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Perusahaan pengembangan aplikasi game seluler telah berkembang pesat, sebut saja seperti Tencent.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri game seluler telah menjadi faktor penting di pasar game digital global. Saat ini, banyak pengembang game papan atas di platform Android dan iOS memenuhi Google Play Store dan iTunes Store dengan aplikasi game online yang menarik.

Seiring dengan upaya untuk menghadirkan pengalaman bermain baru bagi para penggemar setianya, para perusahaan pengembangan aplikasi game seluler ini tidak menyia-nyiakan waktu untuk terus mengupdate dan menyempurnakan fitur-fitur game yang terdapat di sana.

Daftar Perusahaan Pengembangan Aplikasi Game Seluler

Kali ini VCGamers akan membagikan daftar perusahaan pengembangan aplikasi game seluler Android dan iOS terbaik dunia di tahun 2022.  

Supercell 

Supercell
Supercell

Supercell, salah satu perusahaan pengembangan aplikasi game seluler paling populer, berbasis di Helsinki, Finlandia. Didirikan pada tahun 2010, Supercell memiliki siklus pertumbuhan yang luar biasa berkat permainan populer seperti “Clash of Clans” dan “Hay Day”.

Pada tahun 2017, perusahaan memiliki perkiraan keuntungan sebesar $ 1 miliar dan 100 juta pengguna aktif setiap bulan. Supercell sekarang bernilai $ 10 miliar.

Supercell percaya bahwa setiap kegagalan adalah kesempatan unik untuk belajar dan setiap pelajaran akan membuat mereka lebih baik.

Keyakinan inilah yang memungkinkan mereka mempelajari Clash of Clans, Hay Day, Boom Beach dan Clash Royale adalah game terbaik saat ini. Keberhasilan inilah yang memotivasi Supercell untuk mulai berekspansi dengan membawa game-game tersebut ke pasar global.

Niantic 

Niantic 
Niantic

Sebuah perusahaan pengembangan game kecil Amerika yang pernah dimiliki oleh Google, Niantic telah berubah dari perusahaan yang tidak dikenal menjadi salah satu pengembang game seluler terbesar sepanjang masa. Niantic telah meledak dengan game AR), Pokémon Go. 

Dengan lebih dari 100 juta unduhan, Pokémon Go menjadi salah satu game paling populer di tahun 2016. Tahun lalu, Niantic mengumumkan bahwa penerus Pokémon GO akan menampilkan Harry Potter yang luar biasa dalam nilai skala besar. 

Tencent 

tencent akuisisi inflexion tencent games
Tencent

Tencent adalah penyedia layanan Internet bernilai tambah yang telah menjadi merek teknologi China pertama yang bernilai lebih dari $ 500 miliar.

Perusahaan berusia 19 tahun ini tidak menunjukkan tanda-tanda lambat dari pertumbuhan pesat dalam pengembangan teknologi di China. Game adalah bagian penting dari pendapatan bagi Tencent, yang game paling populernya adalah “Honor of Kings”.

Jika Nintendo telah menghabiskan puluhan tahun menciptakan waralaba dan karakter game-nya dari awal, maka Tencent memiliki cara yang menarik untuk memasuki industri game. Tencent lebih suka berinvestasi atau membeli dari perusahaan game besar. 

Misalnya, Riot Games. Riot Games berada di balik game terkenal di dunia seperti League of Legends dan Teamfight Tactics. Tidak hanya Riot, Tencent juga memiliki 40 persen saham Epic Games, penerbit game berbasis di North Carolina yang menerbitkan game Fortnite. 

NetEase  

NetEase  
NetEase

Sebagai salah satu pengembang game online dan seluler terkemuka di China, NetEase bersaing dengan Tencent. Meskipun terkenal dengan distribusi World of Warcraft dan game Blizzard lainnya di China, kiprah NetEase di dunia game mobile sangat sukses.

NetEase saat ini memegang posisi nomor satu di app store China dengan game fantasinya Westward Journey. Perusahaan ini juga berada di urutan keempat dalam hal pendapatan internasional di antara perusahaan game seluler. Saat ini, NetEase juga merupakan vendor iOS terbesar kedua di China.

Baca juga: 5 Game Online Gratis Terbaik di Tahun 2022

Netmarble 

perusahaan pengembangan aplikasi game seluler
Netmarble adalah perusahaan pengembangan aplikasi game seluler

Netmarble adalah perusahaan pengembang game mobile terbaik di Korea Selatan yang didirikan oleh Bang Jun-Hyuk (pengusaha terkenal). Salah satu game Netmarble di 5 tangga lagu teratas yang mencakup 78 negara di dunia, mendapatkan popularitas instan di antara industri game seluler global.

Perusahaan mengakuisisi dua game penting, Lineage 2 Revolution dan Marvel Contest of Champions. Menurut App Annie, Netmarble menduduki peringkat ke-8 di pasar aplikasi global tahun lalu.

Nah di atas adalah beberapa daftar perusahaan pengembangan aplikasi game seluler terbaik dan terbesar untuk platform mobile di Android dan iOS di tahun 2022. Semoga kisah dari masing-masing developer game mobile utama bisa menginspirasi sobat Vicigers! 

Baca juga: Cara Melindungi Informasi Pribadi Saat Bermain Game Online

Jangan lupa juga untuk top up gaming murah hanya di VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!