Perbedaan Charger Asus Zenfone Original dengan KW


Perbedaan Charger Asus Zenfone Ori dan KW
Promo Mobile Legends

Charger Asus Zenfone original menjadi salah salah satu kelengkapan wajib bagi Handphone Asus Zenfone.  Tapi, ada juga oknum yang menjual charger KW.  Lalu, bagaimana perbedaan antara charger Asus Zenfone yang Original dan KW?

Untuk menjawabnya, penulis telah mengumpulkan beberapa data mengenai perbedaannya.  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Review UGREEN Charger GaN X 65w dan GaN X 100w

Charger Asus Zenfone

Ilustrasi Charger Smart Phone Asus.

Mendapatkan charger original Asus Zenfone menjadi salah satu hak pembeli jika membelinya langsung ke tempat resmi Asus.  Setiap pembelian Asus Zenfone akan mendapatkan satu buah charger beserta kabelnya, buku panduan, dan kartu garansi.

Tentunya Asus Zenfone ingin memberikan pengalaman yang terbaik bagi para penggunanya dengan memberikan yang terbaik.  Bahkan, setiap counter resmi akan menjual barang-barang original untuk menjaga kualitasnya.

Tapi sebagaimana barang elektronik dengan permintaan yang cukup banyak, mulai muncul beberapa oknum yang membuat charger Asus Zenfone palsu.  Tujuan mereka hanya dua, memenuhi kebutuhan konsumen dan mendapatkan keuntungan.

Mereka yang membuat charger palsu (KW) akan membuat charger semirip mungkin secara fisik.  Namun secara komponen di dalamnya tidak.

Baca Juga: Zenfone 8 Resmi Diluncurkan Pada 12 Mei 2021, Apakah Akan Ada Versi Compact?

Keuntungan menggunakan Charger Asus Zenfone Original

Charger Asus Zenfone.

Banyak sekali keuntungan Charger Asus Zenfone Original yang bisa kamu dapatkan saat menggunakannya.  Keuntungannya yaitu:

Tidak Cepat Rusak

Ya, tentunya semua produsen HP ingin agar gawainya bertahan lama.  Semuanya diukur dengan matang, bahkan chargernya pun termasuk.  Jumlah ampere, body charger, hingga kabelnya pun dibuat untuk tahan lama. 

Sesuai Janji dan Bergaransi

Banyak kini produsen HP yang mengatakan kalau chargernya “Fast Charging”.  Jika menggunakan produk original, maka hal itu benar.

Juga, beberapa produsen HP menyediakan waktu garansi bagi charger bawaan HP yang tidak berfungsi secara normal.  Jadi kamu tidak usah khawatir.

Menjaga Komponen HP

Saat charging, ada dua hal yang masuk ke dalam HP: Konektor dan Listrik.  Konektor yang baik tidak akan longgar, ataupun sulit dimasukkan.  Jika terlalu besar atau sulit dimasukkan, besar kemungkinan akan merusak bagian adaptor dari HP.

Voltase listrik juga menjadi perhatian.  Dengan voltase yang pas dan sesuai, HP kamu akan tetap awet untuk beberapa waktu ke depan.

Kerugian menggunakan Charger Asus Zenfone KW

Tentu menggunakan Charger bukan buatan Asus Zenfone resmi (atau KW) membuatnya tidak terjamin.  Mulai dari lisensi pembuatan, kualitas barang, dan lain-lainnya yang masih diragukan.  Adapun kerugiannya jika kamu tetap menggunakannya adalah:

Charger Cepat Rusak

Tidak sedikit produsen charger KW mementingkan kuantitas daripada kualitas charger.  Seperti pengalaman penulis yang membeli charger KW, baru digunakan beberapa saat, charger sudah sangat panas hingga mengkerut!

Merusak Komponen HP

Seperti yang penulis sampaikan di atas, mereka mementingkan kuantitas.  Bisa saja voltase yang dialirkan oleh charger tersebut berlebih atau terlalu sedikit.  Tegangan listrik yang berbeda dari seharusnya dapat mempengaruhi HP nantinya.

Cara Tahu Perbedaan Charger Asus Zenfone Ori dan KW

Maka dari itu, penulis ingin memberitahukan perbedaan charger Asus Zenfone Original dan KW (Palsu).  Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan:

Perbedaan Charger Asus Zenfone Original dengan KW – Kemasan Charger

Kamu bisa mendapatkannya jika kamu membelinya terpisah dari HPnya.  Ada dua ciri khusus yang membedakan charger Asus Zenfone Original dan KW.

Kedua ciri tersebut adalah bentuk dan keterangan kemasannya.  Charger Asus Zenfone yang Original memiliki kemasan yang bagus, rapi, terdapat segel dari distributornya dan juga hologram original.  Sedangkan keterangannya tercetak rapi, tidak tebal atau tipis.

Jika palsu, biasanya kemasannya tidak begitu rapi, tidak memiliki segel distributor dan juga hologram.  Pada bagian keterangannya pun dicetak tidak rapi atau minim sekali informasi.

Perbedaan Charger Asus Zenfone Original dengan KW – Fisik Charger

Perbedaan Charger Asus Zenfone Ori dan KW
Posisi Colokan USB yang Terbalik antara yang Ori (Kiri) dan KW (Kanan). Sumber: Youtube Aliem Joy

Charger Asus Zenfone Original tentunya dibuat di dalam pabrik.  Sebagaimana sebuah pabrik, pasti terdapat quality check yang memastikan bentuk fisik tiap charger sangat rapi dan presisi.

Sedangkan para produsen Charger Asus Zenfone KW bukanlah pabrikan dan bahkan rumahan.  Tanpa alat yang memadai, charger tersebut dirangkai sedemikan rupa asal cocok dan masuk.  Meski agak cacat, asal bisa digunakan, artinya siap untuk dijual.

Jika kamu membandingkan dengan yang asli, kabel charger Asus Zenfone yang KW terlihat lebih tebal dan hitam.  Ujung kabelnya pun biasanya sudah bengkok atau lebih cepat bengkok.

Pada bagian colokan USB ke Adaptor, seringkali terbalik dengan yang asli.  Contohnya seperti pada foto di atas.  Akan sangat mudah jika kamu memiliki Adaptor yang Original untuk bisa membandingkannya.

Perbedaan Charger Asus Zenfone Original dengan KW – Informasi Pada Charger

Perbedaan Charger Asus Zenfone Ori dan KW
Perbedaan Asus KW (atas) Dengan Original (bawah). Sumber: Youtube Aliem Joy

Seperti foto di atas, terdapat keterangan yang dimuat di badan charger.  Keterangan tersebut memperlihatkan mulai dari info charger, tegangan yang diterima, beberapa logo, dan lain-lain.

Pada charger Asus Zenfone original, tulisan terlihat tajam dan jelas.  Ada juga beberapa keterangan seperti Rev (Revisi) yang dituliskan, membuatnya tampak lengkap.

Sedangkan pada charger Asus Zenfone yang KW, tulisan dan logo terkesan terlalu tebal ataupun tipis, tidak nyaman untuk dibaca.  Jika kamu perhatikan di atas juga, banyak keterangannya yang berbeda dengan yang Original.

Perbedaan Charger Asus Zenfone Original dengan KW – Jumlah daya

Perbedaan Charger Asus Zenfone Ori dan KW
Perbedaan Ampere antara yang Ori (Kiri) dengan KW (Kanan). Sumber: Youtube Aliem Joy

Langkah terakhir untuk membuktikannya adalah pengujian langsung.  Kamu bisa mendownload aplikasi seperti Ampere. Caranya adalah menyalakan aplikasi tersebut terlebih dahulu, lalu colokkan kabel charger pada HP.

Jika charger Asus Zenfone Original, jumlah ampere yang terbaca pada aplikasi akan sesuai dengan keterangan yang ada pada badan charger.  Sedangkan charger Asus Zenfone KW memiliki jumlah ampere yang berbeda dari yang tertera.

Jika Original, Ampere yang ditunjukkan pada aplikasi tersebut cukup tinggi hingga 900-1000mAh.  Sedangkan yang KW memiliki tegangan yang lebih kecil, bahkan sangat jauh perbedaannya.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa, Kamu Harus Punya!

Penutup

Itulah penjelasan tentang perbedaan antara charger Asus Zenfone Ori dengan yang KW.  Tentunya, sebagai pengguna yang ingin Smartphone-nya awet, hal tersebut harus menjadi perhatian.

Karena, jika kamu terus-menerus menggunakan yang KW, Smart Phone kamu bisa jadi korbannya.

Jadi, coba kamu cek.  Apakah charger Smartphone kamu Ori, atau KW?

Penuhi kebutuhan game dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID