Tech & Gadget

Perbedaan Arti Snapgram dan Instastory yang Sering Dibicarakan

Published by
Dudi Adiansyah

Apa Arti Snapgram dan Perbedaannya dengan Instastory?

Di era yang serba digital ini, setiap momen bisa kamu bagikan secara instan melalui berbagai macam sosial media, seperti Instagram, Facebook, X, hingga TikTok.

Hingga saat ini, Instagram masih menjadi sosial media andalan bagi para netizen untuk berbagi momen melalui fitur Snapgram.

Alih-alih mempunyai sebutan tetap, Instagram justru memiliki banyak sebutan untuk fitur unggulannya tersebut.

Bagi sebagian orang, mereka menyebutnya dengan Snapgram. Di lain sisi, beberapa orang lebih mengenalnya dengan sebutan Instastory.

Lantas, apa perbedaan arti Snapgram dan Instastory yang sering sebenarnya? Temukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Baca juga:

Arti Snapgram di Instagram

Arti Snapgram di Instagram. Sumber: Freepik

Adapun, arti Snapgram itu sendiri merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Instagram. Dengan fitur tersebut, penggunanya dapat menggunggah sebuah konten berupa video atau foto dengan durasi maksimal 60 detik.

Nantinya, konten tersebut dapat dilihat oleh para pengikutnya dalam jangka waktu 24 jam. Setelahnya, konten yang diunggah akan hilang dan tersimpan secara otomatis pada menu archieved.

Selain itu, pengikutnya juga bisa berinteraksi dengan cara memberikan like atau komen pada konten yang diunggah di Snapgram tersebut.

Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa fitur tambahan yang ada di Snapgram seperti filter, teks, stiker, polling, hingga QnA agar konten yang kamu buat menjadi tampak lebih interaktif dan menarik.

Perbedaan Snapgram dan Instastory

Perbedaan Snapgram dan Instastory. Sumber: Freepik

Sebenarnya, Snapgram dan Instastory merupakan istilah yang mengacu pada fitur yang sama milik Instagram. Akan tetapi, perbedaan istilah ini muncul dari kebiasaan pengguna media sosial lain yang memiliki fitur sama.

Sebagai contoh, beberapa orang menyebutnya Snapgram karena adanya pengaruh dari Snapchat. Sementara itu, Instastory merupakan istilah yang lebih mendekati nama aslinya, yaitu Instagram Story.

Dapat disimpulkan, keduanya merupakan istilah yang berbeda akan tetapi memiliki fungsi yang sama dan merajuk pada fitur story yang ada di Instagram.

Fitur Unggulan yang Ada di Snapgram

Fitur Unggulan yang Ada di Snapgram. Sumber: Freepik

Di lain sisi, Snapgram memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengekspesikan kreativitas yang kamu miliki. Berikut di antaranya:

Stiker Interaktif

Adapun, kamu bisa menggunakan berbagai macam stiker interaktif seperti:

  • Poll: Dengan fitur ini, kamu bisa membuat polling sederhana dengan dua pilihan jawaban untuk meminta pendapat para pengikut kamu,
  • Questions: Kamu bisa meminta pengikut untuk bertanya atau memberikan jawaban layaknya QnA,
  • Quiz: Adapun, fitur ini kamu bisa membuat sebuah pertanyaan disertai jawaban yang benar layaknya sebuah Quiz di dalam sebuah permainan,
  • Rating emoji: Dengan ini, pengikut kamu bisa memberikan penilaian menggunakan emoji,
  • Frames: Sementara itu, kamu bisa memasukkan foto di dalam sebuah bingkai khusus. Nantinya, pengikut kamu harus melakukan shaking phone untuk bisa melihat foto tersebut,
  • Countdown: Dengan fitur ini, kamu bisa menentukan waktu penting untuk sebuah event. Sangat cocok untuk para pebisnis,

Boomerang

Sementara itu, fitur boomerang memungkinkan kamu untuk membuat video dengan durasi yang sangat singkat. Nantinya, video tersebut dapat terputar secara terus menerus layaknya sebuah GIF.

Musik

Di lain sisi, kamu juga bisa menambahkan musik favorit sebagai backsound foto atau video yang akan kamu unggah di Snapgram secara langsung. Lalu, kamu juga bisa menambahkan lirik dengan berbagai macam animasi agar bisa terlihat lebih dramatis.

Mention dan Hastag

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menyebutkan akun milik teman dan juga menambahkan hastag di setiap foto atau video yang kamu unggah.

Nantinya, teman yang kamu sebut di foto atau video tersebut bisa me-repost untuk dibagikan kepada pengikutnya.

Close Friends

Jika kamu merupakan tipikal orang yang tidak ingin mengumbar momen ke publik, kamu bisa memanfaatkan fitur close friends yang ada di Snapgram.

Dengan begitu, kamu bisa mengunggah foto atau video kepada pengikut tertentu yang telah dipilih sebelumnya.

Tips Membuat Snapgram Estetik

Tips Membuat Snapgram Estetik. Sumber: Freepik

Adapun, kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini agar foto atau video yang kamu unggah di Snapgram terlihat lebih estetik:

Eksplorasi dengan Stiker atau Elemen

Adapun, Snapgram menyediakan fitur draw yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan garis atau gambar sederhana.

Selain itu, kamu juga bisa mencari beberapa stiker atau gif yang memiliki konsep minimalis agar membuat konten menjadi tampak lebih menarik dan estetik.

Filter yang Konsisten

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan filter serupa pada setiap konten yang kamu unggah di Snapgram. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti VSCO, Lightroom, atau Afterlight dengan pilihan filter yang beragam.

Font yang Sesuai

Di lain sisi, kamu juga bisa menggunakan font sesuai dengan tema yang telah ditentukan, seperti Classic, Modern, Neon, Typewriter, hingga Strong.

Untuk story simpel, kamu bisa menggunakan font Typewriter atau Classic. Sementara itu, font Neon cocok untuk kamu gunakan dengan konsep street yang penuh warna.

Baca juga:

Itulah perbedaan arti Snapgram dan Instastory yang sebetulnya merupakan istilah yang mengacu pada fitur yang sama.

Yuk top up segala kebutuhan game dan berlangganan produk digital dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!

Dudi Adiansyah