Penyebab Roblox Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Penyebab kenapa Roblox tidak berfungsi dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah terjadi masalah server Roblox itu sendiri.
Kode Redeem Roblox Mobile
Kode Redeem Roblox Mobile. Source: Wallpaper Abyss

Kenapa Roblox Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Permasalahan kenapa Roblox tidak berfungsi menjadi hal sangat menyebalkan. Pasalnya, hal ini bisa mengganggu kenyamanan para penggunanya yang ingin memainkan game tersebut.

Adapun, masalah ini dapat terjadi karena beberapa faktor baik dari sisi teknis maupun non-teknis.

Kali ini kita akan membahas secara lengkap alasan kenapa Roblox tidak berfungsi, apa saja penyebab pada umumnya, dan bagaimana cara mengatasinya. Pastikan kamu menyimak hingga tuntas, ya!

Baca juga:

Penyebab Kenapa Roblox Tidak Berfungsi

kenapa roblox tidak berfungsi
Penyebab Kenapa Roblox Tidak Berfungsi. Sumber: Wallpaper Boat

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa penyebab Roblox tidak berfungsi:

Masalah pada Server

Salah satu alasan kenapa Roblox tidak berfungsi adalah adanya masalah pada server Roblox. Seperti platform pada umumnya, Roblox terkadang mengalami gangguan pada server mereka.

Dengan adanya permasalahan tersebut, para pemain tidak dapat mengakses game atau platform seperti biasanya.

Adapun, gangguan server ini bisa terjadi lantaran ada jadwal pemeliharaan server atau adanya serangan DDoS (Distributed Denial of Service) pada server Roblox.

Perangkat Tidak Mendukung

Perlu kamu ingat, Roblox memberikan spesifikasi khusus bagi perangkat PC, smartphone, tablet, atau konsol untuk bisa dimainkan.

Jika perangkat tersebut tidak mendukung, platform Roblox tidak dapat berfungsi dengan baik. Biasanya, kamu harus memperhatikan spesifikasi khusus seperti prosesor, RAM, hingga kapasitas penyimpanan pada perangkat.

Koneksi Internet Bermasalah

Selain itu, koneksi internet juga memiliki pengaruh besar terhadap kelancaran saat bermain game. Jika internet lambat atau tidak stabil, maka penggunanya akan mengalami kesulitan untuk mengakses game di Roblox.

Bug atau Gangguan Pada Roblox

Selain masalah server, beberapa bug atau gangguan juga bisa menyebabkan Roblox tidak dapat berfungsi.

Sebagai contoh, platform Roblox yang belum diperbarui bisa menyebabkan beberapa game mengalami bug sehingga tidak dapat dimainkan dengan baik.

Pengaturan Keamanan

Tak jarang, pengaturan keamanan pada perangkat juga bisa memblokir akses ke Roblox, sehingga tidak dapat terhubung ke server atau bahkan tidak bisa kamu jalankan sama sekali.

Masalah pada Browser

Jika kamu mengakses Roblox melalui browser di PC, permasalahan ini bisa disebabkan karena browser yang usang atau adanya cache dan cookies yang menumpuk.

Cara Mengatasi Roblox Tidak Befungsi

kenapa roblox tidak berfungsi
Cara Mengatasi Roblox Tidak Berfungsi. Sumber: Alpha Coders

Setelah kamu memahami penyebabnya, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya:

Periksa Status Server Roblox

Cara pertama, kamu bisa memeriksa status server Roblox melalui platform pemantau server seperti DownDetector.

Jika server Roblox sedang mengalami masalah, kau bisa menunggu hingga masalah server tersebut terselesaikan oleh pihak developer.

Periksa Kompatibilitas Perngkat

Sebelum meng-install Roblox, pastikan perangkat yang kamu gunakan memenuhi spesifikasi minimum untuk bisa menjalankan platform tersebut.

Prosesor yang terbaru, RAM yang besar, hingga kapasitas penyimpanan yang memadai bisa menjadi penentu agar Roblox bisa kamu mainkan dengan lancar tanpa kendala.

Periksa Koneksi Internet

Selanjutnya, pastikan koneksi internet yang kamu miliki sedang dalam keadaan stabil. Jika kamu menggunakan Wi-Fi, coba gunakan kaber LAN agar koneksi bisa menjadi lebih kuat dan stabil.

Matikan Sementara Firewall atau Antivirus

Di lain sisi, kamu bisa mematikan sementara firewall atau antivirus yang ada pada perangkat. Jika cara tersebut berhasil, kamu bisa menambahkan Roblox ke daftar pengecualian di pengaturan kemanan tersebut.

Dengan begitu, program tidak memblokir akses ke server dan Roblox bisa kamu mainkan dengan lancar.

Reinstall Aplikasi

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, cobalah untuk menghapus instalasi Roblox dan menginstalnya kembali.

Lebih lanjut, langkah ini dapat memperbaiki file yang mungkin rusak atau hilang selama proses pembaruan atau penggunaan.

Baca juga:

Buat kamu yang ingin memperluas pengalaman bermain Roblox, yuk Top Up Robux termurah di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!