Tech & Gadget

Penyebab Panggilan Dialihkan dan Cara Mengatasinya

Published by
Sukmadara Arianti

Penyebab Panggilan Dialihkan dan Cara Mengatasinya!

Panggilan dialihkan adalah salah satu masalah yang umum terjadi ketika seseorang sedang melakukan panggilan ke pengguna lainnya.

Ketika menelpon, mungkin kamu akan mendapatkan pesan suara “Nomor yang anda tuju sedang dialihkan, cobalah beberapa saat lagi”.

Itu berarti, panggilan teleponmu sedang dialihkan. Hal ini sebetulnya bertujuan apabila seseorang yang dituju sedang menelpon akan dialihkan secara otomatis.

Namun, pengalihan panggilan tersebut ternyata salah satu fitur bawaan yang hadir didalam setiap smartphone. Akan tetapi, fitur tersebut belum banyak diketahui oleh banyak pengguna.

Tapi ada juga beberapa penyebab panggilan dialihkan sampai cara mengatasi hal ini. Kamu harus simak dulu sampai selesai!

Baca juga: 

Panggilan Dialihkan

Pria Sedang Menelpon. Sumber: Unsplash

Melansir dari merriam-webster.com, Call-Forwarding atau Panggilan Dialihkan adalah layanan telepon yang memungkinkan penelpon meneruskan panggilan masuk ke nomor lain.

Makna dari call-forwading ini adalah layanan telepon yang memungkinkan panggilan kamu terkirim secara otomatis ke nomor telepon lain.

Selain itu juga, terkadang si penelpon akan menerima pesan suara atau voice mail yang berbunyi “Nomor yang anda tuju sedang dialihkan, cobalah beberapa saat lagi”.

Oleh karena itu, panggilan dialihkan sebagai layanan yang memungkinkan penggunanya untuk meneruskan panggilan masuk ke nomor lain.

Penyebabnya

Pria Sedang Menelpon. Sumber: Unsplash

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab panggilan bisa dialihkan yaitu diantaranya sebagai berikut:

Penerima Mematikan Telepon

Terkadang salah satu penyebabnya adalah seseorang yang kamu telepon sedang mematikan smartphone-nya sehingga kamu mendapatkan pesan suara dari operator.

Mode Pesawat

Selain itu juga, bisa jadi seseorang yang kamu telepon sedang mengaktifkan mode pesawat untuk menghemat baterai, sedang menormalkan jaringannya bahkan berada di pesawat.

Sibuk

Kemungkinan juga, seseorang yang kamu telepon sedang sibuk sehingga ia tak bisa mengangkat telepon-mu dan operator yang akan mengalihkan panggilan kamu.

Menerima Panggilan Lain

Hal lainnya, kemungkinan juga seseorang yang kamu telepon sedang menerima telepon dari orang lain atau sedang menelpon seseorang.

Tak Diangkat

Terkadang ada juga seseorang yang membiarkan teleponnya berdering atau tak mendengar ada nada dering telepon masuk sehingga menyebabkan operator mengalihkan penggilanmu.

Nomor Tidak Aktif

Bisa saja orang yang kamu telpon sudah tidak menggunakan nomor yang sama lagi atau bahkan sudah diblokir oleh pihak provide sehingga mereka mengganti nomor provider-nya.

Nomor-mu Diblokir

Di setiap smartphone pasti dilengkapi dengan fitur ‘Blokir’, kemungkinan juga orang yang kamu telpon telah memblokirmu supaya tak diganggu.

Sinyal Buruk

Kemungkinan masalahnya ada di kamu, yang sedang berada di lokasi yang minim jaringan sehingga panggilanmu telah dialihkan ke nomor lain.

Selain itu juga, bisa jadi jaringan provider-mu sedang ada perbaikan atau peningkatan jaringan sehingga menyebabkan panggilan-mu dialihkan.

Tandanya

Wanita Sedang Menelpon. Sumber: Unsplash

Fitur satu ini sebetulnya telah disediakan oleh setiap operator seluler untuk mengalihkan panggilan telepon masuk dari seseorang. Berikut ini beberapa tanda ketika panggilanmu dialihkan.

Pesan dari Provider

Ketika penggilanmu dialihkan, pada umumnya kamu akan mendapatkan pesan suara dari operator bahwa penggilanmu sedang dialihkan.

Terkadang pesan tersebut bisa berupa pesan suara ataupun pesan teks yang menyatakan hal tersebut kepadamu.

Terdengar Ringtone

Selain itu, kamu biasanya akan mendengar ringtone yang sedang diputar, entah itu musik ataupun suara lainnya. Jika kamu mendengar hal tersebut, tandanya panggilanmu sedang dialihkan.

Sinyal Dering Berbeda

Selain itu juga, biasanya memiliki sinyal atau nada dering yang berbeda dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan si pemilik nomor telah mengatur nada deringnya yang berbeda untuk setiap panggilan.

Cara Mengatasi

Wanita Akan Melakukan Panggilan Telepon. Sumber: Unsplash

Untuk menghilangkan panggilan dialihkan, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mematikan fitur ‘Call-forwarding’ yaitu:

Android

  1. Buka menu Log Panggilan.
  2. Tekan ‘Pengaturan’ atau ‘Titik Tiga’ yang berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu ‘Call-forwarding’.
  4. Matikan semua opsi berikut “Always Forward”, “When Busy”, “When Unanswered”, dan “When Unreachable”.
  5. Selesai.

iPhone

  1. Untuk di iPhone, pertama-tama kamu perlu buka Settings.
  2. Pilih ‘Phone’.
  3. Tekan ‘Call Forwarding’.
  4. Ubah fitur ‘Call Forwarding’ dengan menggeser toggle-nya.
  5. Selesai.

Kode USSD

  1. Buka menu Log Panggilan.
  2. Ketik ##002#.
  3. Setelah itu, nantinya semua penggilan dialihkan akan di-nonaktifkan.

Buka Blokir (Apabila Memblokirnya)

  1. Buka menu Log Panggilan.
  2. Ketuk ‘Titik Tiga’ yang berada di sebelah kanan atas.
  3. Pilih ‘Pengaturan’.
  4. Pilih opsi ‘Blokir Nomor’.
  5. Nantinya akan terdapat daftar nomor yang telah diblokir-mu disana.

Pengaturan

  1. Buka menu Log Panggilan.
  2. Klik ‘Titik Tiga’ yang berada di pojok kanan atas.
  3. Cari opsi ‘Layanan Tambahan’
  4. Pilih ‘Pemindahan Panggil atau pengalihan’.
  5. Klik ‘Nonaktifkan’.
  6. Selesai.

Restart Smartphone

Kadang-kadang masalah teknis bisa saja terjadi yang bisa menyebabkan penggilan dialihkan. Maka dari itu, kamu bisa restart smartphone-mu untuk memperbaikinya.

Hal ini cukup membantu untuk membersihkan cache, memperbaiki sinyal-mu atau memperbaiki masalah yang terjadi seperti panggilan dialihkan.

Cek Sinyal

Selain cara di atas, kamu juga harus memeriksa jaringan yang provider-mu, barangkali kamu sedang berada di lokasi terpencil atau tidak ada sinyal sama sekali.

Maka dari itu, cobalah pergi ke tempat yang memiliki sinyal lebih baik seperti di area terbuka, di lapangan luas ataupun di daerah perkotaan.

Baca juga: 

Top up produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!

Sukmadara Arianti