Penyebab HP Dicas Malah Berkurang

Terdapat banyak penyebab HP dicas malah berkurang. Di antaranya adalah karena adanya kerusakan pada kabel atau charger.
penyebab hp dicas malah berkurang
Ketahui Penyebab HP Dicas Malah Berkurang. Sumber: Freepik

Apa saja Penyebab HP Dicas Malah Berkurang? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kondisi saat HP dicas malah berkurang menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Terlebih lagi, kalau kamu sedang dalam kondisi yang terburu-buru.

Adapun, masalah tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari aksesoris pendukung hingga kerusakan pada baterai bawaan.

Lantas, apa saja penyebab HP dicas malah berkurang lainnya? Dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Baca juga:

Penyebab HP Dicas Malah Berkurang

penyebab hp dicas malah berkurang
Penyebab HP Dicas Malah Berkurang. Sumber: Freepik

Mengimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah penyebab dari HP kamu yang baterainya justru berkurang saat dicas:

Kabel Charger Rusak

Penyebab pertama HP dicas malah berkurang adalah kabel USB atau adaptor charger yang kamu miliki mengalami kerusakan.

Lebih lanjut, kabel yang terkelupas atau terlipat dapat menyebabkan pengisian daya menjadi tidak optimal. Oleh sebab itu, baterai HP yang kamu cas justru akan berkurang.

Kapasitas Charger yang Tidak Sesuai

Pastinya, setiap HP memiliki spesifikasi daya yang berbeda-beda. Jika kamu menggunakan charger dengan output lebih rendah dari yang disarankan, maka pengisian daya pada HP akan melambat.

Jika hal ini terus berlanjut, bisa saja baterai HP kamu juga mengalami kerusakan sehingga kapasitas maksimal menjadi berkurang.

Port HP yang Kotor

Di lain sisi, debu atau kotoran yang menumpuk pada port pengisi daya juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai HP kamu berkurang ketika proses charge.

Lebih lengkap, debu yang menumpuk bisa menghalangi arus listrik yang masuk. Dengan begitu, arus yang harusnya mengalir secara lancar menjadi terhambat.

Menjalankan Aplikasi Berat

Sementara itu, menjalankan aplikasi berat seperti game, meng-edit video, hingga streaming video juga bisa menyebabkan baterai berkurang lebih cepat daripada daya yang masuk saat pengisian baterai.

Suhu HP Tinggi

Adapun, suhu HP yang terlalu panas saat pengisian bisa membuat proses charge tidak efisien. Dampaknya, HP akan memutus aliran listrik untuk mencegah kerusakan terhadap komponen tertentu.

Cara Mengatasi HP Dicas Malah Berkurang

penyebab hp dicas malah berkurang

Berdasarkan uraian di atas, berikut adalah cara mengatasi HP kamu yang mengalami pengurangan ketika proses pengisian daya:

Gunakan Charger atau Kabel yang Sesuai

Pertama, pastikan kamu menggunakan charger dengan output yang sesuai dengan spesifikasi HP. Jika kamu memutuskan untuk menggantinya, perhatikan kualitas dari charger tersebut agar tidak memberikan dampak yang berlanjut.

Pastikan Port HP Bersih

Penting bagi kamu untuk sesekali memeriksa kebersihan port HP pengisi daya. Dengan begitu, debu yang mengumpul tidak menghalangi atau mengurangi arus listrik yang mengalir.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat halus atau meniupnya secara manual.

Jangan Gunakan HP saat Mengisi Daya

Selanjutnya, kamu bisa mengurangi penggunaan HP saat sedang mengisi daya. Jika memungkinkan, kamu bisa menyalakan mode pesawat untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang HP.

Hindari Pengisian di Tempat Panas

Lebih lanjut, kamu juga harus menghindari pengisian daya di tempat yang panas. Selain itu, hindari juga penempatan HP di bawah sorotan sinar matahari.

Dengan begitu, suhu pada HP kamu akan stabil sehingga pengisian daya dapat berjalan secara optimal.

Gunakan Mode Hemat Daya

Di beberapa HP masa kini, terdapat mode hemat daya yang bisa kamu gunakan. Nantinya, sistem pada HP akan secara otomatis mengurangi atau bahkan menutup aplikasi yang berjalan saat proses pengisian baterai.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Agar Tetap Awet

penyebab hp dicas malah berkurang
Tips Merawat Kesehatan Baterai. Sumber: Freepik

Di lain sisi, baterai HP yang berkurang saat dicas bisa disebabkan karena kesehatan baterai yang sudah menurun. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan baterai:

Gunakan Charger Asli

Penting bagi kamu untuk selalu menggunakan charger asli saat pengisian daya. Hal ini karena, charger asli selalu dibuat dengan kualitas tinggi dan kontrol tegangan yang sudah diatur sesuai spesifikasi HP.

Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Lebih lanjut, hindari pengisian baterai dari keadaan yang benar-benar kosong. Alasannya, baterai lithium-ion yang kini tertanam pada kebanyakan HP modern tidak dirancang untuk sering dibiarkan habis hingga 0%.

Adapun, kamu bisa mengisi daya HP sebelum 20% dan cobalah untuk mencabutnya sebelum mencapai 100%.

Jangan Menggunakan Power Bank Murah

Pastinya, power bank menjadi alat yang bisa membantu kamu ketika tidak bisa menemukan stop kontak untuk mengisi daya.

Akan tetapi, penggunaan power bank dengan kualitas yang rendah bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan baterai ponsel.

Jika memungkinkan, beli lah power bank dengan harga yang sedikit mahal dan bermerek seperti Samsung , Xiaomi, atau Robot.

Baca juga:

Penting bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan baterai HP agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

Top up segala kebutuhan gaming kamu di VCGamers Marketplace! Proses cepat, murah, aman, dan terpercaya


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!