Penjelasan Lengkap Karakter Borderlands 3 Dan Kelasnya

Ketika pertama kali bermain game Borderlands 3, kamu akan diberikan kesempatan untuk memilih salah satu dari 4 karakter yang tersedia.
Penjelasan 4 Karakter Borderlands 3
Penjelasan 4 Karakter Borderlands 3. Sumber: Official Site

Sebagai sebuah game yang mengusung genre first-person shooter (FPS), jumlah karakter Borderlands 3 memang terbilang sedikit. Sebab hanya ada empat karakter yang bisa dipilih saat pertama bermain.

Masing-masing karakter ini juga mewakili kelas (class) yang tersedia. Dan masing-masing kelas ini tentu memiliki ciri khas playstyle yang berbeda pula. Nah supaya kamu enggak bingung milihnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Mengenal Senjata Conference Call di Borderlands 2

Seluk-Beluk Borderlands 3

Mungkin banyak kamu di sini yang belum begitu paham mengenai game yang satu ini. Dapat dimaklumkan sih, melihat game ini sendiri merupakan game linear berbasis konsol dengan fanbase yang cukup niche (spesifik).

Memang, selaku game sekuel, sudah pasti Borderlands memiliki penggemar setia. Namun namanya belum cukup santer untuk bisa menarik hati kalangan gamers yang lebih awam dan di luar komunitasnya.

Gameplay FPS yang ditawarkannya sendiri terbilang standar, tidak ada fitur spesial yang khas. Satu-satunya nilai jual dan keunikan game ini ada pada sisi grafisnya yang terbilang unik.

Dikembangkan oleh Gearbox Software, Borderlands 3 memiliki artstyle unik yang sangat identik dengan karakteristik game ini. Selain itu, game ini juga terbilang cukup linear.

Borderlands 3 bisa dimainkan secara single player maupun multiplayer (lokal splitscreen maupun co-op online). Namun tidak ada sistem ranked seperti kebanyakan game online kekinian.

Buat yang tertarik, Borderlands 3 tersedia di banyak platform previous dan current gen. seperti PlayStation (4 & 5), Xbox (One & Series X/S), Desktop (macOS & Windows), Nintendo Switch, hingga layanan Cloud (Google Stadia).

Baca juga: Borderlands 3 Akhirnya Update Setelah 4 Tahun!

Penjelasan 4 Karakter Borderlands 3 Beserta Kelasnya

Nah sekarang kita masuk saja pada penjelasan mengenai keempat karakter yang dapat dimainkan. Ketika memulai game, pemain akan diberikan kesempatan memilih salah satu-nya. Berikut ulasannya:

Amara (Siren)

karakter Borderlands 3
Amara. Sumber: Official Site

Karakter pertama bernama Amara, dengan kelas yang bernama Siren. Kekuatannya dapat menyalurkan energi tenaga dalam untuk memperkuat daya tahan tubuh dan juga serangannya.

Kekuatannya ini disebut dengan Phasetrance. Walhasil, ketika awal bermain, terdapat tiga skill aktif yang dapat digunakan karakter ini: Phasegrasp, Phasecast, dan Phaseslam.

Sebagai Siren, seiring dengan perkembangan Skill Tree-nya, ia akan mendapatkan variasi skill aktif. Tak hanya itu, skill-skill ini juga akan memiliki efek elemental yang dapat dipilih.

Baca juga: 5 Game Eksklusif PS5 yang Wajib Dicoba!

Zane (Operative)

Zane
Zane. Sumber: Official Site

Karakter selanjutnya adalah Zane dengan kelas Operative. Dapat dilihat dari jenis kelasnya tersebut, Zane merupakan karakter dengan latar belakang militer: ia adalah seorang tentara bayaran (mercenary).

Dengan lore seperti itu, jangan heran jika gameplay-nya akan cenderung seperti tentara! Skill-skill-nya akan banyak memanfaatkan berbagai perlengkapan medan tempur.

Ia memiliki empat skill aktif: Digi-Clone, SNTNL, Barrier, dan MNTIS Shoulder Cannon (MSC). Dan dengan kemampuan uniknya, ia juga dapat menggunakan dua dari empat skill ini secara bersamaan (kecuali MSC).

Baca juga: Rekomendasi HP untuk Memainkan Game Zenless Zone Zero

Moze (Gunner)

Moze
Moze. Sumber: Official Site

Lalu ada juga Moze yang merupakan seorang (kelas) Gunner. Berbeda dengan Zane, Moze adalah tentara sungguhan yang bergabung pada sebuah angkatan bersenjata yang dikenal dengan sebutan Vladof.

Serunya lagi, dia tergabung dalam tim khusus bernama Ursa Corps yang menunggangi sebuah robot untuk berlaga di meda perang. Dan ya, kemampuan khususnya adalah menggunakan robot tersebut.

Ketika sedang menjadi mode robot, Moze akan memiliki empat skill aktif: Shield of Retribution, Bottomless Mags, Demolition Woman, dan Bear Mother. Selain yang terakhir, ketiga skill lainnya akan memiliki variasi tambahan seiring perkembangan Skill Tree.

FL4K (Beastmaster)

FL4K
FL4K. Sumber: Official Site

Terakhir ada seorang robot bernama FL4K dengan kelas Beastmaster. Sebagai sebuah robot, lore-nya juga cukup unik. Diceritaken bahwa, entah disebabkan apa, sistem program FL4K bisa mengalami kesadaran (conscious).

Walhasil, ia melarikan diri dari tuannya dan berupaya mencari jati diri. Dan sebagai robot yang terbilang innocent, ia disukai banyak hewan.

Ini juga yang menjadi kemampuan uniknya: membawa hewan piaraan dan mempengaruhi musuh agar menjadi kawan. Terdapat empat skill aktif yakni Fade Away, Rakk Attack!, Gamma Burst dan Gravity Snare.

Baca juga: Borderlands 3 Mendapatkan Crossplay Penuh di PS

Nah itulah tadi pembahasan mengenai karakter Borderlands 3. Jika kalian tertarik untuk maharin via Steam, pastikan top-up Wallet-nya hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!