Pengertian Pin Bar Candle Dan Cara Menggunakannya


pin bar candle

Salah satu pola yang sering digunakan para trader pro adalah pin bar candle. Dimana pola ini memberikan beberapa posisi penting untuk masuk.

Sebagai pasar paling likuid di dunia, crypto menarik semakin banyak trader dan investor. Setiap orang datang ke pasar dengan harapan yang berbeda tetapi bertujuan untuk hal yang sama, menghasilkan uang. Pin bar sendiri adalah strategi trading sederhana namun efektif yang menawarkan rasio risiko-hadiah yang sangat baik.

Pengertian Pin Bar Candle

pin bar candle
Pengertian pin bar candle (source; Howtotrade)

Pin bar candle terdiri dari satu batang harga, biasanya batang harga kandil, yang menunjukkan pembalikan tajam dan penolakan harga. Pembalikan pin bar seperti yang kadang-kadang disebut, didefinisikan oleh ekor panjang, ekor juga disebut sebagai “bayangan” atau “sumbu”.

Area antara buka dan tutup pin bar disebut “tubuh asli”, dan pin bar umumnya memiliki tubuh nyata kecil dibandingkan dengan ekor panjangnya.

Pin bar candle menunjukkan area harga yang ditolak, dan implikasinya harga akan terus bergerak berlawanan dengan arah titik ekor.

Dengan demikian, sinyal pin bar bearish adalah sinyal yang memiliki ekor atas yang panjang, menunjukkan penolakan harga yang lebih tinggi dengan implikasi bahwa harga akan turun dalam waktu dekat.

Sinyal pin bar bullish memiliki ekor bawah yang panjang, menunjukkan penolakan terhadap harga yang lebih rendah dengan implikasi bahwa harga akan naik dalam waktu dekat.

Cara Menggunakan Pin Bar Candle Untuk Trading

crypto buka jam berapa
Cara menggunakan pin bar candle

Saat menggunakan pin bar, ada beberapa opsi entri yang berbeda untuk para trader. Yang pertama, dan mungkin yang paling populer, adalah memasuki perdagangan pin bar “di pasar”. Hal itu berarti kamu memasuki perdagangan pada harga pasar saat ini.

Pola ini harus ditutup sebelum memasuki pasar berdasarkan pola tersebut. Sampai bar ditutup sebagai pola pin bar, itu belum benar-benar pin bar.

Pilihan entri lain untuk sinyal perdagangan pin bar, masuk pada retrace 50 persen dari pin bar. Dengan kata lain, kamu akan menunggu harga untuk menelusuri kembali ke sekitar titik tengah dari seluruh rentang pin bar dari tinggi ke rendah, atau “tingkat 50 persen”, di mana kamu telah menempatkan entri batas.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Seorang trader juga dapat memasukkan sinyal pin bar dengan menggunakan entri “on-stop”, ditempatkan tepat di bawah rendah atau di atas tinggi pin bar.

Trading dengan tren ini bisa dibilang cara terbaik untuk trading di pasar mana pun. Sinyal entri pin bar, di pasar yang sedang tren, dapat menawarkan entri dengan probabilitas yang sangat tinggi dan skenario risiko yang bagus untuk menghargai.

Bagaimanapun, pengaturan trading menggunakan pendekatan pengenalan pola ini masih membutuhkan stop loss dan take profit yang sesuai dengan sistem pengelolaan uang. Karena pin bar candle sebagian besar otomatis, tindakan harga didorong oleh algoritma crypto.

Baca juga: Pengertian Bullish Divergence Dalam Dunia Crypto

Pola ini mendeteksi pola klasik dengan cepat. Untuk alasan ini, ketika trading crypto, pola seperti wedges, head and shoulders, triangles, flags, double dan triple bottoms, cup and handle, terkadang gagal.

Namun, ketika pin bar adalah bagian dari pola teknis klasik, kemungkinan besar akan mencapai take profit. Oleh karena itu, para trader banyak menggunakan sinyal ini untuk trading lebih agresif ketika pin bar memperkuat suatu pola.

Hanya sedikit trader yang tahu bahwa pin bar juga berfungsi sebagai pola lanjutan. Saat terbentuk melawan level support atau resistance dinamis, pin bar menjadi pengaturan trading yang kuat.

Singkatnya, untuk satu candle, pin bar candle adalah pola pembalikan dan kelanjutan yang tajam. Pastikan kamu selalu memiliki stop-loss yang tepat dan menargetkan lebih dari risiko yang terlibat, dan kamu akan memiliki peluang tinggi untuk mendapat profit.

Baca juga: Pengertian Inverted Hammer Candlestick Dalam Dunia Crypto

Sebagai info tambahan, saat ini VCGamers memiliki token crypto sendiri yang bernama VCG Token dan bisa kamu beli di Indodax atau BitMax.

Untuk mendapatan kabar mengenai VCG Token terbaru, simak saja di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID