Pengertian Inside Bar Candle Dan Cara Mengenalinya


inside bar candle

Pola inside bar candle sering muncul di chart, tapi tidak semuanya bisa dianggap berguna. Hal ini karena dibutuhkan banyak kerja keras untuk menemukan nilai-nilai di bar yang bagus. 

Dalam trading, kita mengenal berbagai pola price action yang secara tidak langsung menunjukkan kemana arah pergerakan harga selanjutnya.

Jenis pergerakan harga ini sering terjadi dari waktu ke waktu sehingga trader/investor dapat menggunakannya sebagai faktor dalam mengambil keputusan.

Pengertian Inside Bar Candle

cara menggunakan tradingview
Pengertian inside bar candle

Inside bar candle adalah pola harga dengan dua candle. Candle besar pertama disebut candle induk sedangkan candle kedua yang lebih kecil disebut batang. Tinggi dan rendah dari candle kedua tidak lebih tinggi atau lebih rendah dari yang pertama. 

Oleh karena itu, ukuran candle kedua lebih kecil dan tidak lebih tinggi atau lebih rendah dari candle pertama. Jenis candle di dalamnya dapat muncul kapan saja dan bar induk tidak hanya dapat mengikutinya di bar, tetapi banyak bar pada saat yang bersamaan.

Pola inside bar candle juga menunjukkan bahwa bulls (pembeli) dan bears (penjual) juga kuat, sehingga kondisi pasar tidak bagus. Oleh karena itu, penting bagi trader crypto untuk mengetahui dan memahami prinsip ini. 

Cara Mengetahui Inside Bar Candle yang Bagus

Inside bar candle dipercaya akan memberikan sinyal yang kuat dan berharga jika bisa ditradingkan dengan baik. Penataan ini dianggap merepresentasikan proses konsolidasi setelah big move, sehingga dapat memberikan kesempatan yang tepat bagi pelanggan untuk masuk dan melakukan big move lagi. 

Lihat Dari Time Frame

bearish candlestick
Cara mengetahui inside bar candle dari time frame

Dilihat dari time frame, tanda untung di grafik batang harus ada di grafik harian dan banyak lagi. Tidak disarankan untuk mencari nilai bar kapan saja di bawah harian. Ini karena ada banyak kebisingan dalam waktu singkat dan membuat sinyal dari dalam ruangan.

Menurut eLearnMarkets, Dalam jangka panjang bar lebih penting karena membutuhkan waktu lama untuk membangun dan menambahkan lebih banyak peserta ke pasar. 

Berdasarkan Trend Pasar

flag pattern
Cara membaca inside bar candle dari trend pasar

Meskipun menunjukkan kombinasi penjualan, inside bar candle adalah yang terbaik untuk berdagang di pasar populer. Jadi, jika kondisi pasar sedang sideways atau bearish, jangan gunakan inside bar sebagai referensi trading.

Namun, kombinasi yang ditunjukkan pada Inside Bar memiliki peran yang jauh lebih penting jika terjadi di tengah-tengah pergerakan yang kuat.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Jika ditemukan di bar di sisi pasar, maka itu tidak dapat dianggap sebagai kombinasi metode, tetapi siapa yang mendukung posisi sebagian instruksinya tidak jelas.

Untuk mengetahui apakah trend harga saat ini masih kuat atau menurun, kamu bisa menggunakan bantuan ADX atau indikator lain yang bisa mengecek trend harga. Selain itu, kamu juga dapat memeriksanya melalui Price Action. 

Baca juga: Mengenal VCG Token: Aset Crypto Legal dengan Puluhan Ribu Holders

Saat Breakout

Analisa BNB 10 Agustus 2022
Cara membaca inside bar candle ketika breakout

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, nilai positif pada bar merupakan indikator konvergensi antar sistem masih kuat. Oleh karena itu, harga harus terus mengikuti tren saat Inside Bar terbentuk.

Untuk memastikan kelanjutan tren, konfirmasi breakout inside bar merupakan sinyal yang patut kita perhatikan. Secara teoritis, harga yang berhasil menembus zona Inside Bar menandakan berakhirnya fase konsolidasi dan kesediaan pasar untuk melanjutkan tren sebelumnya. 

Trader konservatif menunggu candle saat inner bar ditutup untuk mendukung formasi bullish yang mendukung tren naik. Di sisi lain, trader agresif cenderung menjadi candle cepat ketika bar internal melebihi bar induk. Beberapa dari mereka mengandalkan High Inside Bar untuk menentukan entry level.

Kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat disesuaikan dengan selera risikomu. Jika kamu adalah tipe trader yang lebih suka berhati-hati dan berhati-hati, sebaiknya ikuti strategi trader yang konsisten untuk memastikan candle ditutup terlebih dahulu. 

Di sisi lain, bagi kamu yang suka mengambil risiko, kebiasaan trading yang agresif bisa jadi tepat karena bisa mencegah terlambat mengambil posisi saat harga sudah melewati High Mother Bar.

Trading dalam pola candlestick seperti Inside Bar tampaknya mudah. Namun, aturan dan prosedur yang berbeda harus diperhitungkan agar tidak menjelaskan gejalanya.

Baca juga: Perbedaan Coin dan Token Crypto Hingga Pengaruhnya pada Harga

Untuk info tambahan, kamu bisa membeli VCG Token sebagai aset investasi atau aset trading kamu. Token ini adalah token crypto yang dirilis oleh VCGamers sebagai alat tukar di Ranverse.

Untuk kamu yang ingin tahu update VCG Token, simak saja di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID