Pengertian Bollinger Band Dan Fungsinya


bollinger band

Bollinger Band adalah salah satu strategi paling populer di kalangan trader crypto dan investor untuk mendapatkan keuntungan dari trading dan investasi mereka. 

Secara umum, Bollinger Band adalah alat analisis teknis untuk memprediksi tren pasar, terutama jika kamu ingin mengambil untuk keuntungan cepat. Sistem ini dirancang untuk menemukan sinyal beli dan jual dengan mengidentifikasi ketika ada nilai oversold atau overbought.

Namun, indikator crypto ini hanya berfokus pada harga dan volatilitas aset, sehingga harus dikombinasikan dengan indikator lain untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. 

Pengertian Bollinger Band

bollinger band
Mengenal pola bollinger band

Bollinger Band adalah indikator analisis teknis yang digunakan untuk mengukur volatilitas. Di pola crypto ini, indikator akan membentuk saluran di sekitar pergerakan harga aset.

Pola ini berdasarkan standar deviasi dan rata-rata bergerak. Oleh karena itu, tidak hanya berguna untuk mengetahui volatilitas, tetapi Bollinger bands juga dapat membantu menentukan arah tren dan melihat potensi pembalikan.

Mengapa strategi ini cocok untuk scalping? Dengan menerapkan strategi ini, kamu dapat menganalisis pergerakan harga dalam waktu singkat untuk mendapatkan keuntungan. Tidak hanya untuk potong rambut, strategi crypto ini cocok untuk jangka panjang karena dapat memprediksi pergerakan harga ke depan. 

Dengan strategi ini, trader dapat melihat garis pergerakan harga yang menetapkan dua standar pada poin positif dan negatif. Di sisi lain, strategi ini juga dapat mempertahankan dua standar deviasi dari simple moving average (SMA) dari nilai stabilitas harga selama 20 hari. Namun, rencana ini akan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan menghitung perubahan harga, Bollinger Band mensimulasikan perubahan kondisi pasar selama periode waktu tertentu. Inilah yang membuatnya sangat berguna bagi investor dan pedagang karena mereka dapat menemukan hampir semua data harga yang mereka butuhkan di antara kedua garis tersebut.

Baca juga: 4 Tempat Trading Terra Luna yang Perlu Kamu Catat

Fungsi Bollinger Band

Mengenal Divergence Pattern
Fungsi bollinger band. Sumber: Nicholas Cappello via Unsplash

Mengapa Bollinger Band penting untuk digunakan saat trading kripto? Karena pola ini digunakan untuk menentukan kondisi pasar untuk aset, biasanya ada dua hasil analisis: overbought dan overbought.

Overbought adalah suatu kondisi dimana properti telah mencapai titik jenuhnya pada saat dibeli. Ini biasanya mengarah pada kenaikan harga yang signifikan dan kemudian berhenti di beberapa titik.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Pada saat inilah klien menempatkan aset untuk dijual dan mendapat untung darinya. Mereka yang tidak membeli, oversold adalah situasi di mana properti sudah berada pada titik jenuh jual, yang merupakan efek dari penurunan harga yang signifikan. 

Setelah trader menjual aset mereka untuk mendapatkan keuntungan, keuntungan akan turun lebih jauh dan mendekati titik jenuh.

Kamu dapat memprediksi kondisi perdagangan sebelumnya dengan menggunakan strategi Bollinger Band. Cara memprediksinya adalah dengan melihat dua garis utama, yaitu garis atas dan garis bawah rata-rata bergerak. 

Ketika nilai crypto terus menyentuh garis atas, maka dapat dikatakan bahwa saham sedang memasuki masa retracement. Di sisi lain, jika berada di garis bawah untuk jangka waktu tertentu, maka properti tersebut berada di tahap pasar.

Selain mengidentifikasi arah pergerakan harga dan mengetahui kondisi beli dan jual, trader sering menggunakannya sebagai indikator volatilitas. 

Bollinger band menjadi favorit karena bisa diterapkan meski pasar sedang trending atau sideways. Sering kali trader akan membeli jika crypto tersebut sering dijual untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca juga: Tips Trading Crypto yang Harus Kamu Tahu

Info tambahan buat sobat Vicigers sekalian, saat ini VCGamers sudah memiliki token crypto sendiri yang disebut VCG Token. Token ini berada di atas jaringan BSC dan ETH 20.

Kamu bisa membelinya di platform DEX seperti Indodax dan BitMax. Token ini bisa digunakan sebagai alat tukar di Metaverse milik Raffi Ahmad (Ranverse).

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID