Panduan Leveling Thief Ragnarok, Cepat Naik!

Panduan Leveling Thief Ragnarok Classic

Thief adalah salah satu job yang populer di game RPG Ragnarok. Kali ini kita akan mengulas job dan panduan leveling Thief Ragnarok.

Bersembunyi dalam bayangan dan merencanakan serangan mereka selanjutnya, Thief yang nakal adalah salah satu role yang harus kamu perhitungkan.

Gesit dan kuat, tidak banyak yang bisa menyesuaikan diri dalam pertarungan dengan kecepatan dan kekuatan serangan dari Thief. Terlebih ketika mereka mengayunkan pedang tajamnya atau menyerang dari jauh dengan panah.

Menyerang para Thief juga tidak mudah. Mereka bisa melompat tinggi, memiliki kemampuan untuk menjadi tidak terlihat, dan dapat meracuni orang-orang yang mengejar mereka.

Bisa dibilang Thief tidak memiliki ketakutan apapun selain kepada kekuatan magic. Sebelum mengetahui cara leveling Thief, yuk simak cara menjadi Thief, Skill, dan Build yang sesuai untuk mereka dibawah ini.

Baca juga: Rekomendasi Card Knight Tank Ragnarok Origin

Cara Menjadi Thief

Panduan Leveling Thief Ragnarok Classic - Cara menjadi Thief
Misi mengumpulkan jamur untuk menjadi Thief. Source: Gamelithic Gaming/Youtube

Seorang Thief atau pencuri tidak akan bisa menjadi Thief jika mereka tidak memiliki keahlian untuk mencuri sesuatu dari musuh. Hal ini membuat mereka bisa dengan mudah mengumpulkan berbagai item dan mencari uang.

Jika kamu memilih untuk bermain sebagai Thief, maka pertempuran yang “gila” dan menyenangkan sudah menanti didepan sana.

Thief tidak bergantung pada equipment untuk bisa bertarung secara konsisten dalam awal permainan sehingga mereka adalah pilihan yang cocok untuk kamu gunakan sebagai karakter pertama yang kamu mainkan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi Thief, ikuti panduan berikut ini.

  • Pergi ke piramida yang berada di barat laut Morroc.
  • Saat tiba di piramida, masuklah lalu pergi menuju ke tengan map menuju Thief Guild.
  • Saat berada di dalam Thief Guild, pergilah ke lorong bawah dan pergilah ke gerbang di sebelah kiri. Disini kamu akan melihat dua NPC yang akan memandu kamu untuk menyelesaikan quest.
  • Bicaralah pada NPC yang paling dekat dengan portal. Dia akan menanyaimu beberapa pertanyaan dan menyuruhmu untuk mencari “Irrelevant Man” yang berada di luar Piramid untuk mencuri jamur yang ada di peternakan jamur terdekat.
  • Saat berada di peternakan, bunuhlah para jamur dan ambil jamur-jamur yang jatuh.
  • Ada penjaga-penjaga agresif yang melindungi perternakan jadi kamu harus berusaha menjauhi mereka dan berfokus untuk mengumpulkan jamur yang setara dengan 25 poin.
  • Setelah mengumpulkan jamur, kembalilah menuju Thief Guild.
  • Bicaralah pada NPC yang terjauh dari portal. Dia akan menghitung jamur yang kamu bawa dan jika poinnya cukup, NPC tersebut akan mempromosikanmu menjadi seorang Thief.

Dari level job 40 hingga 50, Thief akan diberi kesempatan untuk mencoba bergabung dengan Assassin atau merencanakan lebih banyak kejahatan sebagai seorang Rogue.

Baca juga: Cara Grinding Cepat Ragnarok Origin, Kejar Level Teman!

Skill Thief Ragnarok

Panduan Leveling Thief Ragnarok Classic
Skill Thief. Source: irowiki.org

Apa saja skill yang dimiliki oleh Thief? Mereka memiliki total 6 skill dengan kegunaan yang berbeda.

  • Detoxify – Menyembuhkan pemain atau target lain yang diracuni
  • Double Attack – Memberi kesempatan lebih tinggi untuk memberi double damage saat menyerang menggunakan pedang
  • Envenom – Serangan jarak dekat dengan elemen racun yang memberi tambahan damage hingga 150 dan memiliki kesempatan untuk meracuni  .
  • Hiding – Bersembunyi untuk melindungi diri. Skill ini tidak berfungsi saat melawan Boss, Insect dan Demon. Bisa dicounter dengan skill dan item AoE
  • Improve Dodge – Menambah 30 poin kepada Flee. Bonus akan diberikan jika kamu sudah menjadi seorang Rogue atau Assassin. Ini juga meningkatkan Movement Speed karaktermu jika kamu adalah Assassin
  • Steal – Mencuri item dari monster

Cara Leveling Thief (ROCLASSIC GUIDE)

Thief Ragnarok Classic
Panduan Leveling Thief Ragnarok Classic. Source: ROCLASSIC GUIDE/Youtube

Nah, sekarang kita sudah tiba ke pembahasan inti dari artikel ini. Bagaimana panduan leveling Thief Ragnarok classic?

Saat masih berada di level 1 – 15, kamu hanya perlu kembali ke Piramid level 1 dan mengalahkan beberapa monster seperti Spores, Familiars, dan Poporings sampai kamu mendapatkan HP sekitar 220.

Kamu juga bisa pergi ke Alberta dimana ada banyak Eggyras di utara, Wolves di barat, dan Spores di selatan.

Untuk monster-monster yang lebih kuat, kamu bisa menemukan Greatest General, Horong, Poison Spores dan Eggyras di arah timur laut.

Monster Poporing
Monster Poporing di Ragnarok. Source: ROCLASSIC GUIDE/Youtube

Para monster tersebut semuanya berada dalam daftar 50 teratas job XP. Disini kamu akan mendapatkan sebuah panah angin dan bisa membunuh Spores lebih cepat hanya dengan 3 sabetan pedang.

Cara lainnya, kamu bisa menggunakan Catherina Von Blood untuk menaikkan levelmu dengan cepat di Sunken Ship. Pergilah berbicara dengan Fisk dan bayar dia sebanyak 250z agar kamu bisa pegi ke Sunken Ship.

Sebagai seorang Thief, kamu mungkin memerlukan Marine Sphere Card untuk memakai Magnum Break karena kamu tidak memiliki skill AoE.

Baca juga: Rekomendasi Build Skill Knight Tank Ragnarok Origin

Jangan lupa, Top Up Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!