Panduan Cara Beli Crypto Untuk Pemula 2022

trik bermain crypto yang aman

Cek postingan ini untuk melihat panduan cara beli crypto untuk kamu yang masih pemula dan awan di dunia Cryptocurrency. 

Jika sobat Vicigers baru mengenal dunia crypto, mencari tahu cara beli crypto, seperti Dogecoin, Ethereum, dan cryptocurrency lainnya dapat membingungkan pada awalnya.

Untungnya, cukup sederhana untuk mempelajari seluk beluknya. Kamu dapat mulai berinvestasi dalam cryptocurrency dengan mengikuti lima langkah mudah ini.

Cara Beli Crypto di Tahun 2022

Pilih Broker atau Exchange Crypto

Cara Beli Crypto
Indodax

Cara beli crypto, pertama-tama sobat Vicigers harus memilih broker atau exchange crypto. Meskipun keduanya memungkinkan membeli kripto, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya yang perlu diingat.

Exchange cryptocurrency adalah platform di mana pembeli dan penjual bertemu untuk berdagang cryptocurrency. Pertukaran seringkali memiliki biaya yang relatif rendah.

Tetapi mereka cenderung memiliki antarmuka yang lebih kompleks dengan berbagai jenis perdagangan dan grafik kinerja tingkat lanjut, yang semuanya dapat membuat mereka mengintimidasi investor kripto baru.

Beberapa pertukaran mata uang kripto yang paling terkenal adalah Pintu, Indodax dan Toko Crypto. Sementara antarmuka perdagangan standar perusahaan ini mungkin membanjiri pemula, terutama mereka yang tidak memiliki latar belakang perdagangan saham, mereka juga menawarkan opsi pembelian yang mudah dan ramah pengguna.

Broker Cryptocurrency menghilangkan kerumitan dari pembelian crypto, menawarkan antarmuka yang mudah digunakan yang berinteraksi dengan pertukaran untukmu.

Beberapa membebankan biaya lebih tinggi daripada pertukaran. Yang lain mengklaim “bebas” sambil menghasilkan uang dengan menjual informasi tentang apa yang kamu dan pedagang lain beli dan jual ke broker atau dana besar atau tidak mengeksekusi perdagangan dengan harga pasar terbaik. Robinhood dan SoFi adalah dua broker crypto paling terkenal.

Meskipun tidak dapat disangkal nyaman, kamu harus berhati-hati dengan broker karena kamu mungkin menghadapi batasan untuk memindahkan kepemilikan cryptocurrency dari platform.

Di Robinhood dan SoFi. Misalnya kamu tidak dapat mentransfer kepemilikan crypto dari akunmu. Hal ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi investor kripto tingkat lanjut lebih suka menyimpan koin mereka di dompet kripto untuk keamanan ekstra.

Beberapa bahkan memilih dompet kripto perangkat keras yang tidak terhubung ke internet untuk keamanan yang lebih.

Buat dan Verifikasi Akun 

Cara Beli Crypto
Whitepaper Crypto

Setelah sobat Vicigers memutuskan broker atau pertukaran cryptocurrency, kamu dapat mendaftar untuk membuka akun. Bergantung pada platform dan jumlah yang kamu rencanakan untuk dibeli, kamu mungkin harus memverifikasi identitasmu. Hal ini adalah langkah penting untuk mencegah penipuan dan memenuhi persyaratan peraturan federal.

Kamu mungkin tidak dapat membeli atau menjual mata uang kripto sampai kamu menyelesaikan proses verifikasi. Platform mungkin meminta kamu untuk menyerahkan salinan SIM atau paspor, dan kamu bahkan mungkin diminta untuk mengunggah foto selfie untuk membuktikan penampilan sesuai dengan dokumen yang kamu kirimkan.

Setor Uang Tunai untuk Berinvestasi

Cara Beli Crypto
Ilustrasi kripto – Freepik

Cara beli crypto, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki dana di akun. Kamu dapat menyetor uang ke akun crypto dengan menautkan rekening bank, mengotorisasi transfer kawat atau bahkan melakukan pembayaran dengan kartu debit atau kredit.

Tergantung pada bursa atau broker dan metode pendanaan, kamu mungkin harus menunggu beberapa hari sebelum dapat menggunakan uang yang kamu setorkan untuk membeli mata uang kripto.

Meskipun beberapa bursa atau broker mengizinkan menyetor uang dari kartu kredit, hal itu sangat berisiko dan mahal. Perusahaan kartu kredit memproses pembelian cryptocurrency dengan kartu kredit sebagai uang muka. 

Hal ini berarti mereka dikenakan suku bunga yang lebih tinggi daripada pembelian biasa, dan kamu juga harus membayar biaya penarikan tunai tambahan. Misalnya, kamu mungkin harus membayar 5 persen dari jumlah transaksi saat kamu melakukan penarikan tunai.

Hal ini di atas biaya apa pun yang mungkin dibebankan oleh pertukaran atau broker crypto. Hal ini dapat berjalan hingga 5 persen sendiri, artinya kamu mungkin kehilangan 10 persen dari pembelian crypto karena biaya. Cara beli crypto ini harus kamu pertimbangkan dengan matang.

Beli Cryptocurrency yang Kamu Inginkan

Cara Beli Crypto
Ilustrasi Kripto

Setelah ada uang di akun, kamu siap untuk melakukan pemesanan cryptocurrency pertama. Ada ratusan cryptocurrency untuk dipilih, mulai dari nama terkenal seperti Bitcoin dan Ethereum hingga crypto yang lebih tidak jelas seperti Theta Fuel atau Holo.

Saat memutuskan cryptocurrency mana yang akan dibeli, kamu dapat memasukkan simbol tickernya. Misalnya BT dan berapa banyak koin yang ingin kamu beli.

Dengan sebagian besar bursa dan broker, kamu dapat membeli pecahan mata uang kripto, memungkinkan untuk membeli sepotong token berharga tinggi seperti Bitcoin atau Ethereum yang jika tidak membutuhkan ribuan untuk dimiliki.

Salah satu cara beli crypto yang masih pemula adalah mempertimbangkan crypto yang akan dibeli. Lebih baik membeli dengan kapitalisasi pasar yang besar, seperti BTC, BNB, ETH dan ADA.

Baca juga: Perbedaan DEX dan CEX dalam Dunia Kripto

Pilih Metode Penyimpanan

Cara Beli Crypto
Aset

Pertukaran mata uang kripto tidak didukung oleh perlindungan seperti Federal Deposit Insurance Corp (FDIC), dan mereka berisiko dicuri atau diretas.

Kamu bahkan bisa kehilangan investasi jika kamu lupa atau kehilangan kode untuk mengakses akun, seperti jutaan dollar Bitcoin. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk cryptocurrency.

Seperti halnya investasi apa pun, pastikan kamu mempertimbangkan tujuan investasi dan situasi keuangan kamu saat ini sebelum berinvestasi dalam mata uang kripto atau perusahaan individu yang memiliki saham besar di dalamnya.

Cryptocurrency bisa sangat fluktuatif, satu tweet dapat membuat harganya anjlok dan itu masih merupakan investasi yang sangat spekulatif. 

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto? Simak Ulasan Lengkapnya!

Seperti itulah cara beli crypto dengan mudah dari awal sampai kamu punya aset sendiri. Tetap pertimbangkan dalam memilih aset yang akan dibeli.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!