Oculus Quest, Bisa Membawamu Main Ke Metaverse

Cara Menghubungkan Oculus ke PC

Meta mulai melakukan pengembangan untuk meluncurkan alat VR (Virtual Reality) yang bernama Oculus Quest. Setelah sebelumnya perusahaan Mark Zuckerberg itu membeli perusahaan bernama Oculus.

Harapan dari dikembangkannya VR ini adalah supaya bisa memenuhi kebutuhan pengguna akan alat virtual reality. 

Dan untuk lebih mengenal lebih jauh lagi mengenai alat VR ini, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Mengenal Metaverse Pertama di Indonesia, RansVerse

Seputar Oculus Quest

Oculus Quest
Animasi Oculus Quest. Sumber: Youtube

Oculus Quest merupakan headset VR memiliki tingkat integrasi yang sangat baik, sebab ketika menggunakan alat ini anda tidak lagi memerlukan aksesoris eksternal. 

Selain itu, ada juga versi portabel yang ditawarkan oleh Oculus, yaitu Oculus Go. 

Yang merupakan sebuah headset dengan harga yang affordable, namun tetap memungkinkan anda untuk bisa menikmati berbagai konten VR, aplikasi, hingga game.

Semua itu bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan satu alat VR ini saja dan tidak perlu lagi untuk menggunakan PC atau smartphone, karena sistem di dalamnya sudah terintegrasi.

Sebagai alat VR yang berada di level harga affordable, Oculus Go fungsinya terbilang cukup baik. Namun, masih memiliki beberapa kekurangan.

Seperti pengalaman VR yang ditawarkannya masih sangat terbatas, karena memaksa pengguna untuk tetap berada di satu tempat dan tidak bisa bergerak ke tempat lain, sehingga akan membatasi diri ketika menggunakannya.

Tetapi dengan adanya Oculus Quest semuanya hal itu bisa teratasi dengan baik. Hal itu karena tipe ini memberikan kebebasan untuk bergerak kepada penggunanya. Sehingga para penggunanya bisa mendapatkan pengaman VR yang menyenangkan.

Baca juga: Apa itu Token Metaverse?

Fitur Oculus Quest

Oculus Quest
Oculus Touch. Sumber: Youtube

Oculus versi terbaru ini datang dengan penampilan yang telah dilengkapi oleh kamera yang berfungsi untuk memindai lingkungan sekitar, lalu membuat area tersebut menjadi area permainan virtual. 

Area permainan ini akan terbatas pada gambar yang ada didepan penggunanya saja, sehingga akan membuat penggunanya tahu seberapa jauh dia bisa melangkah.

Dengan kebebasan yang ditawarkan akan membuat para penggunanya leluasa untuk melakukan berbagai tindakan seperti membungkuk, bergerak ke samping, menutupi dirinya sendiri, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, para penggunanya juga bisa menggabungkannya dengan penggunaan dua kontrol yang telah disertakan dalam paket pembeliannya, yang memiliki fungsi seperti tangan pada umumnya, kontrol tersebut bernama Oculus Touch.

Baca juga: Mengenal Metaverse Pertama di Indonesia, RansVerse

Game yang Bisa Dimainkan Menggunakan Oculus Quest

Oculus Quest
Oculus Quest. Sumber: Youtube

Jelas, opsi game yang bisa digunakan tidak akan sebanyak dan sebagus ketika menggunakan bantuan komputer.

Namun, aplikasinya saat ini telah mengalami peningkatan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Dan untuk saat ini beberapa game yang bisa dimainkan di perangkat VR ini antara lain Beat Saber, Moss, Robo Recall, Superhot VR, dan VRChat.

Baca juga: VCGamers x IndoAltCoin Berikan Edukasi Tentang Metaverse dan NFT

Harga Oculus Quest

Oculus seri ini hadir dengan dua versi, yaitu dengan penyimpanan 64 GB dan lainnya dengan penyimpanan 128 GB. 

Sedangkan untuk harganya masing-masing dibandrol sekitar euro 449 (Rp 7.284.393) dan euro 549 (Rp 8.906.752) dan dapat dipesan sekarang melalui situs web resminya.

Baca juga: 7 Game VR Android Terbaik di Google Play Store

Ikuti informasi Tech and Gadget lainnya hanya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!