Microsoft Flight Simulator, Game Simulasi dengan Fitur AI!

Microsoft Flight Simulator

Game simulasi adalah salah satu genre yang saat ini sedang populer. Pemain bisa melakukan hal-hal di dunia nyata yang bertujuan untuk hiburan, latihan, hingga analisa. Salah satu game simulator yang paling terkenal adalah Microsoft Flight Simulator.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai Microsoft Flight Simulator sebagai game simulator penerbangan pesawat.

Baca Juga: 10 Game Simulator Terbaik di 2022

Microsoft Flight Simulator

Game Microsoft Flight Simulator
Poster Trailer Game Microsoft Flight Simulator. Sumber: YouTube/GameSpot Trailers

Microsoft Flight Simulator (2020) adalah game simulator penerbangan pesawat yang realistis buatan Asobo Studio. Xbox Game Studios merilis game tersebut dan menjadisalah satu game simulator pesawat yang paling populer.

Vicigers bisa bermain Microsoft Flight Simulator terbaru melalui platform Xbox X/S, Microsoft Windows, dan OpenXR, platform yang menyediakan game Virtual Reality atau VR.

Game simulasi ini akan membawa pemain ke dunia penerbangan. Pemain akan menerbangkan berbagai pesawat, lepas landas, hingga simulasi pendaratan.

Bagi Vicigers yang belum mengenal tentang pesawat sama sekali, jangan khawatir! Game ini akan memberikan tutorial yang mendalam mengenai pesawat layaknya pilot amatir. Penasaran dengan gameplay-nya? Simak pembahasan mengenai gameplay dan fitur yang tersedia di bawah ini!

Baca Juga: 5 Game Simulasi PC Terbaik 2022, Seru Banget Nih!

Gameplay

Gameplay Microsoft Flight Simulator
Gameplay Microsoft Flight Simulator. Sumber: YouTube/MKIceAndFire

Seperti game simulasi pada umumnya, pemain akan memulai game Microsoft Flight Simulator dengan tutorial dasar. Tutorial tersebut berisikan cara untuk terbang, simulasi, hingga kontrol dasar pesawat.

Selain itu, pemain baru juga akan dibantu untuk hal-hal yang menyangkut penerbangan pesawat. Tutorial akan berakhir dengan tes lepas landas dan cara mendarat.

Selama menjalani tutorial, pemain akan dibantu oleh pilot bernama Kapten Jess Molina. Ia akan memberikan bantuan dan tantangan seperti pendaratan di berbagai bandara yang terkenal di dunia.

Game simulator pesawat ini memiliki Air Traffic Controller atau ATC dan co-pilot virtual yang mampu membantu pemain ketika kebingungan untuk mendarat atau hal-hal lain mengenai penerbangan.

Game ini juga memiliki ekspansi yang unik, seperti ekspansi Reno Air Races. Ekspansi tersebut memberikan 40 pesawat baru dan fitur balapan multiplayer dan time trials untuk mode single-player.

The Top Gun Maverick juga menjadi salah satu ekspansi terkenal game ini. Ekspansi atau DLC tersebut memberikan pesawat jet tempur unik dari film terkenal Top Gun Maverick yang bisa pemain gunakan.

Baca Juga: Daftar Game Pesawat Simulator Terbaik, Rasakan Sensasi Jadi Pilot

Fitur Unik Microsoft Flight Simulator

Fitur Microsoft Flight Simulator
Salah Satu Bandara dalam Game Flight Simulator. Sumber: Steam

Keunggulan dari game Microsoft Flight Simulator adalah kemiripan dengan dunia nyata. Dengan teknologi yang tersedia, game ini mengambil data dari Flight Radar untuk menciptakan simulasi penerbangan seperti di dunia nyata.

Tidak hanya itu, game ini juga akan memberikan pengalaman simulasi penerbangan yang sangat nyata bagi pemain. Game ini menggunakan topografi seluruh dunia menggunakan data dari Bing Maps.

Menurut Microsoft, data dari Bing Maps berisikan 2,5 petabytes mengandung 37 ribu bandara, 2 juta kota, 2 triliun pohon, dan 117 juta sungai. Hal tersebut merupakan upaya dari Microsoft untuk meniru dunia nyata dalam game simulasi penerbangan ini.

Asobo Studio sebagai developer game ini menggunakan Microsoft Azure sebagai AI yang menyediakan representasi fitur-fitur di dunia seperti awan dan cuaca.

Meteoblue juga digunakan untuk menghasilkan cuaca real-time, kecepatan angin, kelembaban, cuaca, hingga hujan ketika menerbangkan pesawat.

Game simulasi ini menawarkan fitur multiplayer. Menurut Windows Central, pemain bisa menemukan sekitar 50 pemain lain dalam 200 kilometer.

Pesawat Microsoft Flight Simulator

Pesawat Microsoft Flight Simulator
Daftar Pesawat Microsoft Flight Simulator. Sumber: Steam

Vicigers bisa menggunakan berbagai pesawat yang memiliki spesifikasi berbeda-beda. Terdapat lebih dari 50 pesawat yang bisa Vicigers mainkan dalam game ini.

Pesawat populer yang tersedia pertama adalah Airbus A320neo. Pesawat tersebut memiliki kecepatan 445 KTAS dan mampu terbang di udara selama 7 jam.

Para penggemar pesawat pastinya pernah mendengar pesawat Boeing. Dalam game ini, salah satu pesawat Boeing adalah seri Boeing 747-8 Intercontinental. Kecepatan Boeing 747-8 ini mencapai 493 KTAS dan jam terbangnya lebih lama yakni 16 jam.

Selain Boeing 747-8 Intercontinental, terdapat juga Boeing 787-10 Dreamliner yang sedikit lebih cepat namun jam terbang yang lebih sebentar. Pesawat ini memiliki kecepatan 495 KTAS dan bisa terbang selama 13 jam.

Bila Vicigers bosan dengan pesawat besar, maka Cessna Citation Longitude bisa menjadi pilihan. Pesawat ini masuk dalam kelas jet bisnis yang ukurannya relatif lebih kecil. Pesawat milik Cessna ini memiliki kecepatan 483 KTAS dan jam terbang sekitar 7 jam.

Bagi para penggemar pesawat klasik, Vicigers bisa menggunakan Aviat Pitts Special S2S. Meskipun memiliki kecepatan hanya 150 KTAS dan jam terbang sekitar 2 jam, pesawat ini cocok untuk kompetisi dan melakukan berbagai trik penerbangan.

Demikian pembahasan mengenai Microsoft Flight Simulator. Vicigers ingin bermain game simulasi penerbangan terbaik, Vicigers bisa membeli Xbox Game Pass di VC Market by VCGamers! Banyak game yang tersedia dalam Xbox Game Pass dan beli di VCGamers dengan harga yang lebih murah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!