Mengenal Subgenre Metroidvania dan 7 Game Populernya

Metroidvania adalah subgenre permainan action-adventure yang menggabungkan elemen seri game Metroid dan Castlevania. 
Best metroidvania of all time
Sumber: YouTube Exvarghra GameLog · 15:34

5 Game Metroidvania  

Metroidvania adalah subgenre permainan action-adventure yang menggabungkan elemen seri game Metroid dan Castlevania. 

Metroid adalah seri video game action-adventure yang populer di konsol Nintendo pada tahun 1986. Sedangkan Castlevania adalah seri permainan video aksi petualangan horor gothic yang populer dari Konami. 

Sehingga dapat disimpulkan Metroidvania adalah subgenre permainan action-adventure yang terinspirasi dari dua seri game ikonik Metroid and Castlevania

Metroid sendiri terkenal dengan eksplorasi dunia yang luas dan saling terhubung yang memungkinkan meningkatkan kemampuan karakter. 

Sedangkan Castlevania, game ini terkenal dengan suasana gothic yang kelam. Metroidvania menggabungkan elemen-elemen terbaik dari kedua seri tersebut. 

Kombinasi antara kedua game tersebut melahirkan pengalaman bermain unik dan menantang yang menekankan eksplorasi dan progress karakter. 

Lantas bagaimana ciri-ciri game Metroidvania? Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini!

Baca juga: 

Ciri-ciri Game Metroidvania

Metroidvania
Sumber: YouTube I Dream of Indie Games

Seperti penjelasan sebelumnya, Metroidvania adalah game yang memadukan aksi dan petualangan. Game ini menawarkan pengalaman bermain yang seru dan menantang. 

Salah satu ciri utama dari game metroidvania adalah dunia yang terbuka dan non-linear. Pemain dapat dengan bebasa menjalajah area sesuai keinginan mereka. 

Elemen penting yang pasti ada dalam game Metroidvania adalah progres karakter yang berbasis kemampuan. Awalnya mungkin kemampuan karakter masih terbatas. Namun, sampai level tertentu karakter akan mempunyai kekuatan baru. 

Sebagai contoh adalah lompat ganda, serangan khusus, atau kemampuan unik untuk berubah bentuk. 

Pada intinya Metroidvania adalah sebuah genre yang menampilkan dua game jadul dalam satu judul game. Game Metroidvania adalah sebuah game platformer dengan bumbu puzzle di dalamnya. 

7 Daftar Game Metroidvania Terbaik 

Rekomendasi Game Metroidvania
Sumber: YouTube Action Game Station

Siapkah kamu untuk menjelajah dunia yang luas, menaklukan tantangan, dan memecahkan teka-teki? 

Berikut ini kami akan merekomendasikan 7 game metroidvania terbaik yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini: 

Hollow Knight 

Game karya pengembang dan penerbit Team Cherry ini pertama kali rilis pada tahun 2017 untuk platform PC Windows, macOS, Linux dan konsol Nintendo Switch, PS4, dan Xbox One. 

Di game ini kamu akan mengendalikan seorang ksatria serangga yang menjelajahi Hallownest, sebuah kerajaan bawah tanah yang telah runtuh. 

Karakter yang kamu kendalikan akan membawa senjata “Nail” dan dapat mempelajari berbagai macam kemampuan seperti mantra dan jurus untuk membantunya menghadapi musuh dan mengeksploitasi. 

Game ini adalah mahakarya Metroidvania yang berhasil menggabungkan visual menarik dan pertarungan yang menantang. 

Meskipun cerita game ini disampaikan secara implisit sehingga membutuhkan ketelitian untuk memahami alurnya. Hollow Knight memiliki narasi yang kaya dan emosional. 

Di game Hollow Knight ini pemain juga dapat menemukan dan mempelajari berbagai macam kemampuan baru. Dengan kemampuan baru itu tadi pemain dapat mengakses area baru dan cara baru untuk mengatasi rintangan. 

Ori and the Blind Forest 

Ori and the Blind Forest adalah gam yang akan membawa melintasi hutan berbahaya, mengatasi rintangan, memecahkan teka-teki lingkungan, dan melawan mahluk-mahluk berbahaya. 

Sepanjang permainan kamu akan mengendalikan Ori menjelajah segala sudut hutan Nibel. Hutan Nibel adalah dunia yang luas dan saling terhubung. 

Pemain akan mengendalikan Ori untuk menjelajahinya untuk mengumpulkan fragmen kehidupan, dan energi, seta menemukan peta rahasia. 

Fitur unik dalam game ini memungkinkan pemain untuk menyimpan progres mereka di mana saja. Syarat untuk menggunakan Soul Link, pemain harus mempunyai cukup energi. 

Tidak ada banyak dialog antar karakter dengan NPC. Namun kamu tetap bisa mengikuti alur cerita hanya melalui visualisasi dan musik. 

Di game ini kamu tidak hanya akan bertemu Ori, ada karakter lain seperti Sein, Naru, dan Kuro. Karakter-karakter tersebut mempunyai peran dan perkembangan masing-masing sepanjang permainan. 

Dead Cells

Dead Cells adalah game metroidvania dengan sentuhan roguelike di dalamnya. Di game ini kamu akan berperan sebagai Prisoner, makhluk tanpa kepala yang harus berjuang keluar dari penjara yang terus berubah. 

Game ini mempunyai tempo pertarungan yang cepat dan brutal, kamu harus mempunyai reflek yang bagus untuk mengendalikan karakter. 

Terdapat beragam pilihan senjata yang dapat kamu kombinasikan untuk menciptakan serangan baru yang unik.

Laika: Aged Through Blood 

Laika: Aged Through Blood merupakan game Metroidvania yang menawarkan pengalaman unik bagi pemainnya. Di game ini kamu bisa melakukan aksi tembak-menembak dan mengendalikan sepeda motor. 

Kamu akan berperan sebagai Laika, karakter yang berwujud seperti coyote. 

Game ini tersedia di platform PC, PlayStation 4 & 5, Xbox One, Xbox X|S, dan Nintendo Switch. Kamu bisa membeli game ini di Steam maupun Epic Games mulai harga Rp200.000 – Rp300.000 tergantung paket pembelian yang dipilih. 

Axiom Verge 

Axiom Verge adalah gam yang dikembangkan oleh developer Indie Thomas Happ. Di game ini kamu akan menjelajahi dunia alien Saudara yang penuh dengan rahasia. 

Terdapat 60 pilihan senjata yang bisa kamu kuasai untuk mengatasi rintangan dan musuh yang menghadang. 

Kamu harus melakukan perjalanan dan memecahkan misteri Trace di udara dan hubungannya dengan ras alien yang sudah lama hilang. 

Axiom Forger tersedia untuk platform PC (Windows, macOS, Linux) yang dapat diunduh melalui Steam. Selain itu kamu juga bisa memainkannya di konsol game seperti PS4, PS Vita, Xbox One, Nintendo Switch, dan Wii U. 

Harga jual game ini variatif tergantung jenis konsol yang kamu gunakan untuk bermain. Diperkirakan kisaran harga game Axiom Verge dibanderol mulai harga Rp 300 ribuan saja. 

Bloodstained Ritual of the Night 

Bloodstained Ritual of the Night adalah game yang dikembangkan oleh ArtPlay yang dirilis oleh 505 games. Banyak gamer yang menyebut kalau game ini adalah penerus Castlevania karena keterlibatan produsen Castlevania. 

Di game ini kamu akan menjelajahi kastil yang dipenuhi iblis dengan berbagai area yang saling terhubung dan rahasia tersembunyi. 

Game ini tersedia untuk PC (Windows, macOS, Linux) yang dapat diunduh melalui Steam atau Epic Games Store. 

Selain itu Bloodstained Ritual of the Night juga tersedia untuk PS4, Xbox One, Nintendo Switch, hingga platform mobile Android dan iOS. Namun, game ini tidak bisa diakses untuk Android versi 12., kamu harus menggunakan versi yang lebih lama untuk mengunduhnya. 

The Mummy Demastered 

Game metroidvania yang terakhir adalah The Mummy Demastered. Game ini dikembangkan oleh WayForward Technologies dan terinspirasi dari film The Mummy tahun 2017. 

Meskipun terinspirasi dari film, The Mummy Demastered punya alur cerita yang berbeda. 

Kamu bisa memainkan game ini di PC Windows, PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch. 

Di The Mummy Demastered kamu akan menjelajahi berbagai lokasi yang saling terhubung. Saat menjelajahi peta kamu akan bertemu dengan gerombolan monster dan bosa yang menantang dengan senjata dan granat. 

Kumpulan power-up untuk membuka area baru dan kemampuan baru seperti lompatan ganda atau serangan khusus. 

Nikmati visual 16-bit yang menawan dan detail yang mengingatkan pada game-game klasik. 

Baca juga: 

Klaim voucher diskon 90% sekarang dan top up game favoritmu sekarang di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!