Mengenal MSSP, Penyedia Layanan Keamanan Terkelola

MSSP

Managed Security Service Provider (MSSP) atau Penyedia Layanan Keamanan Terkelola adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengelolaan keamanan siber.

MSSP menawarkan banyak manfaat untuk pihak yang bekerja sama dengannya. Hal itu dilakukan dengan cara menyerahkan pemeliharaan sistem keamanan ke MSSP.

Secara umum, mengalihkan kebutuhan keamanan perusahaan ke pihak lain dapat menghemat uang, waktu, dan sumber daya.

Untuk itu, MSSP adalah pilihan yang tepat untuk bekerja sama dalam pengelolaan keamanan. Karena, MSSP dikenal simpel, dapat mengaktifkan layanan keamanan yang melindungi jaringan, sistem, pengguna, perangkat, dan infrastruktur lokal mereka.

Singkatnya, MSSP menawarkan tools pemantauan dan manajemen untuk mengamankan perangkat dan sistem yang penting untuk membangun keamanan yang kuat terhadap serangan dunia maya.

Baca juga: Cara Memilih Prosesor Laptop Gaming, Catat Ini!

Layanan MSSP

MSSP juga menawarkan pemantauan outsourcing dan layanan keamanan terkelola yang membantu bisnis mengamankan cloud environment dan memungkinkan akses remote yang aman.

Dalam hal ini, bekerja dengan MSSP memungkinkan bisnis untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko keamanan yang terkait dengan layanan cloud.

Di dunia sekarang ini, mengamankan aplikasi SaaS sangat penting dan cloud environment harus diamankan dari semua jenis aktivitas berbahaya, dan gangguan.

Bisnis dapat menjadi korban serangan siber karena kurangnya keamanan cloud, dan MSSP dapat membantu mereka menerapkan protokol perlindungan, deteksi, dan respons ancaman untuk environment ini.

Mari kita lihat lebih dekat tools keamanan mana yang ditawarkan oleh Penyedia Layanan Keamanan Terkelola (MSSP).

Firewall Terkelola

Firewall MSSP

Sebuah bisnis dapat bekerja dengan MSSP untuk menerapkan firewall ke perimeter jaringan mereka. Firewall yang dikelola akan memungkinkan manajemen ancaman yang lebih kuat bagi bisnis.

Pemeliharaan dan pemantauan tools ini akan ditangani oleh MSSP.  Itulah sebabnya penerapan tools ini tidak memerlukan infrastruktur di lokasi.

Memiliki firewall di dalam perimeter jaringan akan membantu bisnis mendeteksi anomali, dan potensi ancaman dengan cepat. Hal ini memungkinkan untuk direspon lebih cepat.

Singkatnya, fitur deteksi ancaman ini memperkuat postur keamanan siber bisnis dan memungkinkan manajemen ancaman yang lebih baik.

Firewall jelas merupakan komponen yang diperlukan untuk setiap postur keamanan dunia maya karena mereka memeriksa semua lalu lintas jaringan dan waspada terhadap ancaman setiap saat.

Deteksi Intrusi

Ilustrasi

Sama seperti firewall, tools deteksi intrusi melindungi semua perangkat dan sistem di dalam perimeter jaringan.

Hal ini mendeteksi semua upaya intrusi jaringan dan mencegah upaya ini mencapai perangkat dan sistem dalam batas jaringan. 

Selain itu, hal ini juga mengurangi risiko keamanan yang terkait dengan entitas internal dan eksternal karena tidak mengizinkan kedua pihak untuk melakukan aktivitas mencurigakan dan mendapatkan akses tidak sah ke perangkat dan sistem penting. 

Itulah mengapa memiliki tools pendeteksi penyusupan di dalam postur keamanan siber kamu dapat meningkatkan keamanan untuk jaringan, perangkat, dan sistem perusahaan. 

Terakhir, bekerja dengan MSSP dapat membantu bisnis menerapkan tools deteksi intrusi yang berfungsi dengan baik.

Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

VPN MSSP

Mempekerjakan Virtual Private Network (VPN) sangat penting akhir-akhir ini, terutama jika bisnis sebagian besar bergantung pada layanan cloud, dan tenaga kerja remote.

VPN memungkinkan koneksi aman antara karyawan dan sumber daya perusahaan. Ini melindungi jaringan perusahaan bisnis dan aktivitas online.

Intinya, VPN dapat menganonimkan kehadiran online karyawan. Umumnya, menggunakan VPN akan mengurangi risiko keamanan, dan area permukaan dari potensi serangan karena VPN membuat jaringan perusahaan lebih sulit untuk diidentifikasi dan ditargetkan.

Sehingga tidak ada entitas pihak ketiga yang dapat melacak aktivitas, atau mendapatkan akses tidak sah ke jaringan dan sumber daya perusahaan. 

Terakhir, VPN juga penting untuk membangun koneksi yang aman ke cloud environment.

Pemantauan Kerentanan

Tidak ada perangkat atau sistem yang sempurna karena memiliki kerentanan, dan kelemahan atau mereka dapat mengembangkan kesenjangan. 

Ketika kerentanan dan celah ini tidak ditangani dengan baik, mereka dapat dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah sebabnya, semua perangkat dan sistem perusahaan memerlukan pemantauan dan pemindaian konstan untuk kerentanan, kelemahan, atau celah.

MSSP dapat terus memantau dan memindai kerentanan di dalam perimeter jaringan dan mengidentifikasi setiap kerentanan.

Setelah menunjukkan dengan tepat kerentanan, dan kelemahan, pakar IT mereka dapat menerapkan langkah-langkah keamanan untuk memperbaiki kerentanan ini.

Saat jaringan bisnis berkembang, kerentanan dapat muncul, dan dengan pemantauan kerentanan berkelanjutan, ini dapat dijaga seminimal mungkin.

Layanan Antivirus

Virus berbahaya dapat menginfeksi perangkat, sistem, dan jaringan, dan bisnis diharuskan untuk menerapkan tools anti-virus di berbagai lapisan jaringan. 

MSSP dapat mengaktifkan layanan antivirus yang dapat mendeteksi perangkat yang terinfeksi, atau mencegah perangkat yang disusupi ini mendapatkan akses ke jaringan dan sumber daya perusahaan. 

Selain itu, layanan antivirus dapat mencegah virus berbahaya menginfeksi perangkat, sistem, dan jaringan. 

Karena alasan ini, layanan ini sangat penting bagi bisnis karena meningkatkan keamanan di seluruh perangkat, sistem, dan jaringan perusahaan. Memiliki tools antivirus untuk berbagai lapisan jaringan akan membantu bisnis mengurangi risiko keamanan.

Baca juga: Cara Memilih Prosesor Laptop Gaming, Catat Ini!

Penutup

MSSP dapat digunakan untuk mengimplementasikan berbagai tools keamanan. Selain itu, bekerja dengan penyedia pihak ketiga memungkinkan bisnis menghemat uang, waktu, dan sumber daya. 

MSSP akan menangani pemantauan dan pengelolaan solusi keamanan ini dan mengaktifkan fitur manajemen dan deteksi ancaman yang kuat. Itu sebabnya bekerja sama dengan MSSP adalah pilihan tepat untuk sebagian besar bisnis.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Harga 7 Jutaan, Cek Sekarang!

Ikuti terus informasi Tech & Gadget hanya di VC News!

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

VCGamers

Saya merupakan salah satu dari pencari berita mengenai permainan games online yang ada di Indonesia.