Mengapa Roblox Tidak Berfungsi? Ini 4 Penyebabnya 

Sumber masalah utama mengapa roblox tidak berfungsi terdapat pada koneksi internet yang buruk. Selain itu aplikasi lama juga menjadi faktor
Roblox
Roblox. Source: Pinterest

4 penyebab mengapa Roblox tidak berfungsi

Roblox yang tidak bisa berfungsi merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ketika hal tersebut terjadi tentunya sangat mengganggu pengguna yang ingin bermain. 

Salah satu penyebab roblox tidak bisa berfungsi adalah masalah koneksi internet yang tidak stabil. Koneksi lambat akan menyebabkan kesulitan dalam proses memuat game. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut dan memahami solusi mengatasi hal tersebut jika terjadi kendala, kamu bisa membaca artikel lengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Code Redeem Roblox Terbaru dan Cara Menukarkannya

Penyebab Roblox Tidak Bisa Berfungsi 

Penyebab Roblox Tidak Bisa Berfungsi 
Penyebab Roblox Tidak Bisa Berfungsi . Source: VG247

Setidaknya ada 4 penyebab mengapa Roblox tidak bisa fungsi. Adapun hal yang menyebabkan Roblox mengalami kendala antara lain sebagai berikut: 

Koneksi Internet Buruk 

Koneksi internet yang tidak stabil menjadi penghalang kamu untuk login atau mengakses seluruh game Roblox. Jika hal ini terjadi coba untuk mengakses situs web lain atau streaming video di internet. 

Ketika mengakses video saja gagal kemungkinan besar kondisi internet di tempat kamu sedang bermain tidak bagus. Solusi pertama untuk mengatasi ini adalah dengan memulai ulang router internet. 

Selanjutnya jika kamu menggunakan router, hubungan PC dengan kabel koneksi Ethernet. Cara ini memungkinkan kamu untuk mengakses server Roblox dengan lebih cepat. 

Apabila kamu menggunakan hotspot ponsel mulai ulang perangkat yang menjadi sumber internet. 

Server yang Sedang Eror 

Ketika internet sudah bagus tetapi Roblox masih saja tidak berfungsi kemungkinan sumber masalah terletak pada Server. Periksa kondisi server dengan mengunjungi situs web status server Roblox atau lihat pengumuman di media sosial resminya. 

Apabila server sedang diperbaiki oleh pihak Roblox hal ini biasanya akan terjadi. Tunggu beberapa waktu sampai Roblox selesai memperbaikinya. 

Masalah Pada Perangkat Bermain 

Sumber masalah yang menyebabkan Roblox tidak berfungsi adalah kondisi perangkat yang tidak stabil. Coba mulai ulang perangkat komputer, ponsel atau konsol yang menjadi platform bermain kamu. 

Jika sudah tetapi belum berhasil lakukan pembaruan aplikasi Roblox ke versi yang terbaru. Selanjutnya bersihkan cache dan data aplikasi untuk meringankan kerja aplikasi. Cara tersebut memungkinkan kamu untuk memperbaiki masalah dengan file yang rusak. 

Masalah Pengaturan Firewall

Hal selanjutnya yang bisa jadi adalah sumber masalah terletak pada pengaturan Firewall. Untuk mengatasinya kamu bisa memastikan kalau firewall tidak memblokir Roblox. 

Periksa beberapa perangkat lunak keamanan yang mengganggu aplikasi Roblox untuk terbuka. Nonaktifkan sementara perangkat lunak keamanan untuk melihat respon penyelesaian masalah dari PC. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Karakter Roblox Secara Gratis

Tips Tambahan untuk Mengatasi Roblox yang Tidak Berfungsi

Tips Tambahan untuk Mengatasi Roblox yang Tidak Berfungsi
Tips Tambahan untuk Mengatasi Roblox yang Tidak Berfungsi. Source: CNN
  • Tutup Aplikasi Latar Belakang: Aplikasi yang berjalan di latar belakang terkadang menjadi sumber kendala saat orang mengakses aplikasi lainnya. Pastikan semua aplikasi sudah ditutup, lalu kamu bisa mengakses Roblox. 
  • Pastikan Perangkat Memenuhi Syarat: Perangkat yang terlalu tua dapat menjadi sumber kendala saat menjalankan Roblox. Aplikasi Roblox yang senantiasa diperbarui memerlukan perangkat yang relevan untuk mengaksesnya. 
  • Jalankan Pemindai Virus: Jalankan pemindai virus untuk mematikan perangkat tidak terkena malware. Sebab hal yang umum terjadi proses membuka aplikasi yang terkenal terkadang disebabkan oleh infeksi malware. 

Nah itu, tadi beberapa penyebab mengapa Roblox tidak bisa berfungsi lengkap dengan cara untuk mengatasinya. 

Baca juga: Roblox FPS Unlocker: Cara Download dan Keamanannya

Mau beli Robux tapi bingung cari tempat Top Up di mana? Di VCGamers Marketplace Aja! Ada banyak promo, voucher diskon, dan event bagi-bagi hadiah yang menunggumu! 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!