Mei Update Bikin Masalah Layar Galaxy S21 Series, Pengguna Protes!

Baru-baru ini banyak pengguna Samsung yang protes setelah update Mei karena malah bikin masalah layar Galaxy S21 Series.
Masalah Layar Galaxy S21 Series
Masalah garis di layar Galaxy S21 Series setelah update Mei. Source: Samsung Community

Baru-baru ini banyak pengguna Samsung yang protes setelah update Mei karena malah bikin masalah layar Galaxy S21 Series.

Selama beredar di pasaran kurang lebih dua tahun ini, S21 Series berhasil menjaga reputasinya sebagai salah satu smartphone yang masih sangat worth-it untuk di gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Namun, beberapa pengguna tiba-tiba mendapatkan garis vertikal berwarna pink atau hijau yang membentang sepanjang layar dan sangat mengganggu tampilan layar.

Samsung Rilis Seri Galaxy S21

Masalah Layar Galaxy S21 Series
Samsung Galaxy S21 Series. Source: Gadgetin/Youtube

Sebelum masuk ke topik utama, ada baiknya kita membahas objek utama dalam pembahasan ini yaitu Samsung Galaxy S21 Series.

Seri ini pertama kali diluncurkan pada 29 Januari 2021. Line-up dari seri ini digawangi oleh trio S21, S21 Plus, dan S21 Ultra. Ketiganya telah dilengkapi dengan refresh rate 120Hz dan dilengkapi dengan 5G.

Apa saja perbedaan dari trio Galaxy S21 ini? kamu bisa melihat perbedaan utamanya dibawah ini.

Galaxy S21 Ultra     

  • Ukuran layar 6.8″
  • Refresh rate 120Hz
  • Kamera utama Wide (108MP LASER AF), Ultra wide (12MP AF, 0.6x), Telephoto1 (10MP AF, 3x) dan Telephoto2 (10MP AF, 10x)
  • Zoom 100x (Optical 3x/10x)
  • Kamera depan 40MP AF
  • Baterai 5000mAh

Seri Samsung Galaxy S21 Ultra sendiri, berdasarkan spesifikasi di situs resminya adalah satu-satunya seri dari trio Samsung Galaxy S21 yang didukung oleh S-Pen.

Galaxy S21 Plus

  • Ukuran layar 6.7″
  • Refresh rate 120Hz
  • Kamera utama Wide (12MP AF), Ultra wide (12MP, 0.5x), danTelephoto (64MP AF, 3x)
  • Zoom 30x (Hybrid Optic 3x )
  • Kamera depan 10MP AF
  • Baterai 4800mAh

Galaxy S21

  • Ukuran layar 6.2″
  • Refresh rate 120Hz
  • Kamera utama Wide (12MP AF), Ultra wide (12MP, 0.5x), dan Telephoto (64MP AF, 3x)
  • Zoom 30x (Hybrid Optic 3x )
  • Kamera depan 10MP AF
  • Baterai 4000mAh

Pengguna Keluhkan Masalah Layar Setelah Update Mei

Masalah Garis Layar Galaxy S21 Series
Pengguna protes masalah garis layar pada Samsung seri Galaxy S21. Source: Samsung Community

Update biasanya dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan fitur dari smartphone pengguna agar dapat digunakan dengan lebih maksimal.

Baru-baru ini, Samsung Galaxy S21 Series mendapatkan update bulan Mei untuk perangkat yang dirilis dua tahun lalu tersebut.

Namun bukannya menuai komentar positif, perusahaan asal Korea Selatan ini malah mendapatkan banyak kritikan dan komplain.

Pasalnya setelah melakukan update pada perangkat mereka, beberapa pengguna yang mengeluhkan masalah pada layar smartphone mereka.

Masalah tersebut adalah ditemukannya garis berwarna merah muda atau hijau yang tiba-tiba muncul pada layar.

Sebelumnya, permasalahan ini pernah muncul pada Samsung seri Galaxy S20 dan sekarang terlihat pada seri Galaxy S21.

Salah satu pengguna di Samsung Community mengunggah sebuah post yang mengeluhkan tentang adanya masalah layar setelah update Mei.

Masalah tersebut berupa garis vertical berwarna pink yang memanjang dari ujung atas ke ujung bawah layar.

User tersebut diarahkan untuk mengganti display layar mereka, yang mana harga penggantian layar ini sangat mahal. Biaya yang harus dia keluarkan sekitar $380 atau kira-kira setara dengan 5.7 juta rupiah.

Seorang user lain bernama Rakees juga menulis bahwa dia tiba-tiba mendapatkan garis vertikal berwarna hijau. Garis tersebut tidak kunjung menghilang walaupun sudah dilakukan restart device.

Masalah Layar Galaxy S21 Series
Masalah garis di layar Galaxy S21 Series setelah update Mei. Source: Samsung Community

Garis tersebut muncul secara mendadak pada Samsung S21 Ultra miliknya walaupun smartphone tersebut sama sekali tidak pernah jatuh dari ketinggian atau terkena air.

Lebih lanjut, ada laporan-laporan lain di forum Samsung Community dimana beberapa kasus mengatakan bahwa jumlah garis yang muncul bisa lebih dari dua.

Seorang pengguna Samsung S21+ 5G asal Indonesia dengan username fenyfenoy adalah salah satu orang yang mengalami masalah garis layar lebih dari dua.

Masalah Layar Galaxy S21 Series
Garis vertikal muncul hampir setengah layar. Source: Samsung Community

Smartphone miliknya tersebut baru dipakai selama 4 bulan dan tiba-tiba muncul banyak garis berwarna ungu, hijau dan hitam yang menutupi setengah layar.

Sama seperti kasus yang dialami Rakees, Samsung S21+ miliknya juga tidak pernah terjatuh dari ketinggian maupun terekspos dengan air.

Solusi yang Diberikan Samsung

Kantor Samsung - Samsung Galaxy S21 Series
Kantor Samsung di Korea Selatan. Source: Tech Vision/Youtube

Berdasarkan artikel dari Ghizchina, pihak Samsung akhirnya angkat bicara dan memberikan solusi ketika sudah menerima cukup banyak komplain yang sama tentang permasalahan layar.

Samsung menawarkan penggantian display secara gratis untuk para pengguna yang mengalami masalah garis pada layar mereka.

Namun, belum diketahui apakah mereka akan memakai kebijakan yang sama seperti pada seri Galaxy 20.

Mempertimbangkan banyaknya keluhan yang serupa dari banyak pengguna setianya, Samsung harus memeriksa isu masalah layar Galaxy S21 Series ini dengan serius.

Para pengguna Galaxy S21 Series perlu jawaban pasti bagaimana hal ini bisa terjadi dan apakah ada kaitannya dengan melakukan update bulan Mei ini.

Samsung harus memastikan bahwa update software mereka aman dan memberikan petunjuk atau perbaikan perangkat kepada setiap pengguna yang terdampak masalah ini.

Baca juga: Samsung S23 Series, Keunggulan dan Spesifikasinya

Ikuti informasi Tech and Gadget terbaru di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!