Mainnet Adalah Jaringan Blockchain, Begini Penjelasannya!

Terdapat berbagai tolak ukur keberhasilan sebuah proyek Blockchain, salah satunya adalah mainnet. Mainnet adalah hal yang sangat krusial bagi masyarakat yang ingin melakukan investasi dengan proses ICO atau Initial Coin Offering.

Kali ini, VCGamers akan membahas apa itu mainnet agar kamu bisa lebih mengerti mengenai Blockchain dan investasi cryptocurrency.

Baca Juga: 5 Cara Analisa Cryptocurrency Untuk Trader Pemula

Definisi Mainnet

Apa Itu Mainnet Definisi
Ilustrasi Blockchain. Sumber: GuerrillaBuzz Crypto PR via Unsplash

Mainnet merupakan jaringan utama Blockchain setelah melewati proses uji yakni testnet.

Melalui jaringan mainnet, investor crypto bisa melakukan transaksi perdagangan seperti mengirim dan menerima aset crypto dan NFT.

Secara sederhana, main net adalah jaminan dari pihak developer Blockchain terhadap investor mengenai tingkat keseriusan sebuah proyek.

Maka dari itu, produk akhir dari sebuah proyek crypto memiliki makna main net. Hal tersebut membuat investor wajib untuk memastikan bahwa proyek Blockchain punya jaringan main net.

Sebelum melakukan metode penggalangan dana atau ICO, investor wajib memastikan berbagai hal salah satunya adalah memastikan adanya jaringan main net.

Baca Juga: 5 Kelebihan Blockchain, Wajib Tahu!

Cara Kerja Mainnet

Apa Itu Mainnet Cara Kerja
Ilustrasi Cara Kerja Mainnet. Sumber: Al-Fanar Media

Developer Blockchain akan menyiapkan berbagai metode lain seperti Initial Exchange Offering atau IEO, Initial Coin Offering atau ICO, dan metode lain untuk menggalang dana dan membangun komunitas.

Dana yang telah tercapai maka akan digunakan sebagai tahapan pengujian yakni testnet. Proses tersebut harus dilakukan demi mengembangkan prorotype mainnet Blockchain.

Setelah itu, maka developer akan memberikan pengumuman mengenai rilisnya versi mainnet dari Blockchain. Hal tersebut berarti bahwa proyek dari developer sudah selesai dan masyarakat umum bisa menikmati proyek Blockchain tersebut.

Baca Juga: Cara Kerja NFT Art Dalam Dunia Blockchain

Peran dalam Cryptocurrency

Apa Itu Mainnet Crypto
Ilustrasi Crypto. Sumber: Kanchanara via Unsplash

Terdapat peran pengembangan fungsi dan fitur main net terhadap dunia cryptocurrency, yakni meningkatkan harga proyek crypto. Hal itu bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kesuksesan yang cukup besar.

Setelah itu, terdapat dampak dari perbaikan main net, salah satunya adalah aset Bitcoin yang meningkat besar setelah adanya upgrade atau perbaikan main net.

Sebagai contoh dampak main net dalam cryptocurrency, kamu bisa melihat kasus Lightning Network. Lightning Network merupakan jaringan main net yang memiliki peran penting terhadap naiknya harga Bitcoin.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Lightning Network membantu Bitcoin menjadi aset crypto yang lebih terukur dengan adanya fitur penanganan transaksi per detik. Jadi, upgrade dari Lightning Network bisa memberikan peningkatan harga terhadap Bitcoin.

Namun, tidak hanya jaringan main net yang menjadi faktor keberhasilan sebuah aset crypto. Terdapat faktor lain seperti tren positif dan kondisi pasar yang bisa mempengaruhi harga aset crypto.

Contoh Mainnet

Ethereum Mainnet
Ilustrasi Ethereum Mainnet. Sumber: CoinShark

Saat ini, terdapat berbagai main net yang rilis dan terimplementasikan secara resmi bagi masyarakat luas, contohnya adalah Ethereum Mainnet.

Ethereum Mainnet merupakan main net yang cukup populer karena kegunaan dan keunggulan yang tersedia. Salah satunya adalah jaringan tersebut membantu developer ketika proses pengembangan aplikasi desentralisasi yang menghasilkan sejumlah jenis dApps.

Contoh kedua adalah VeChain. Proyek tersebut memiliki tujuan untuk membangun integrasi antara Blockchain dan Internet of Things dengan jaringan yang transparan yakni trust-free.

Demikian pembahasan mengenai apa itu Mainnet.

VCGamers telah merilis aset crypto dengan nama $VCG Token yang beroperasi pada jaringan Ethereum (ERC 20) dan Binance Smart Chain (BEP 20).

$VCG Token sudah terdaftar secara resmi di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Kementerian Perdagangan RI sebagai aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset crypto.

Saat ini, $VCG Token sudah listing di berbagai CEX atau Centralized Exchange dan DEX atau Decentralized Exchange yakni Pancakeswap, Uniswap, BitMart, dan Indodax.

Tidak hanya itu, $VCG Token menjadi mata uang resmi dalam metaverse pertama di Indonesia yakni RansVerse dengan kolaborasi VCGamers, RANS Entertainment, Shinta VR, dan UpBanx.

Ikuti terus Update $VCG Token hanya di VC News.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID