Kupas Tuntas Piala Presiden Games 2022 di Jakarta!

Piala Presiden Games

Piala Presiden games yang telah berlangsung sejak 12 September hingga 13 November 2022 kemarin telah mengukir banyak prestasi dan keseruan atas antusiasme dari banyak kalangan. Kehadiran turnamen e-sport terbesar di Indonesia ini dikabarkan akan menjadi langkah awal untuk para atlet guna meneruskan karirnya ke ranah internasional.

Piala Presiden games dibuka dengan sangat meriah di Jakarta dengan menggelar seremoni pembukaan pada tanggal 10 Agustus 2022 lalu. Kemeriahan turnamen tersebut semakin ramai tatkala ada 80 ribu peserta turnamen yang mendaftar.

Nah, pada artikel kali ini, VCGamers News akan mengupas tuntas rangkaian acara, daftar games yang dipertandingkan, tim-tim yang juara dan juga total hadiah yang diterima oleh tim yang berhasil keluar sebagai juara selama Piala Presiden e-sport berlangsung. Mari simak artikel ini sampai usai!

Baca juga: Serba-serbi FF World Series 2022, Turnamen FF Paling Seru!

Daftar Game yang Dipertandingkan di Piala Presiden Games

Piala Presiden Battle of Guadians
Game lokal Battle of Guardians.

Terdapat game-game seru yang menjadi tontonan utama selama pagelaran Piala Presiden Games. Daftar game itu pula yang menjadi ajang pembuktian skill dari setiap tim dan pemain untuk bisa mencetak nama di papan juara. Apa sajakah game-game itu?

Lima judul game yang dipertandingkan adalah Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Lokapala, Battle of Guardians dan Battle of Satria Dewa. Menurut info yang beredar, pada Piala Presiden ini terdapat satu game lokal yang ikut serta dan game itu adalah Battle of Guardians.

Game Battle of Guardians adalah game asli karya anak bangsa yang bertema fighting. Game dengan model PvP atau Player versus Player itu diproduksi oleh developer game bernama Miracle Gates Entertainment dan dipublikasi oleh Good Game Labs.

Jadwal Berlangsungnya Semua Pertandingan di Piala Presiden Games 2022

Piala Presiden Games 2022
Tim yang Bertanding di game Mobile Legends.

Jadwal Piala Presiden games 2022 diawal dengan tahap kualifikasi regional pada tanggal 12 September sampai 6 Oktober 2022. Selama 25 hari itu akan diisi oleh tim-tim yang terbagi di Regional Barat dan Regional Timur.

Regional Barat diantara lain, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Ada pula dari Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Aceh dan Riau.

Di sisi lain, ada juga beberapa provinsi yang mengisi bagan Regional Timur, yaitu Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Bali, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Selatan, Papua Barat, Papua Tengah dan Gorontalo.

Setelah terpilih beberapa tim yang lolos di tahap Regional Timur dan Regional Barat, sistem pertandingan akan berlanjut ke babak Main Event yang jadwalnya telah berlangsung pada tanggal 9 November hingga 13 November 2022 lalu.

Turnamen saat itu dilangsungkan dengan dua metode, yaitu secara daring atau online di dua hari awal dan berlanjut secara luring atau offline di tiga hari terakhir. Semua pertandingan di Main Event berlokasi di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, pada game Mobile Legends, ada jadwal khusus setelah babak kualifikasi regional selesai. Tim-tim yang berhasil terseleksi harus memasuki babak penyisihan grup pada tanggal 26-30 Oktober sebelum melaju ke babak Main Event.

Baca juga: Hero Paling Sakit di Turnamen MSC 2022

Tim-tim yang Berhasil Keluar Sebagai Juara

Final Piala Presiden MLBB
Juara Piala Presiden Mobile Legends

Enam cabang game yang diadakan berhasil memiliki tim-tim yang mencetak nama timnya di papan juara. Berikut nama tim-tim yang berhasil juara di Piala Presiden games.

  • Mobile Legends Bang-Bang: Bigetron Alpha
  • Free Fire: Evos Divine
  • PUBG Mobile: NFT Esport
  • Battle of Guardians: Noizze (M. Kiki Baihaqi)
  • Battle of Satria Dewa: Siam Esport

Tidak seperti di tahun 2022 ini, Piala Presiden games 2019 hanya memiliki satu game yang dipertandingkan. Game itu adalah Mobile Legends dengan juara utamanya, yaitu Onic Esport.

Sedangkan pada Piala Presiden games 2020, ada banyak game yang dipertandingkan beserta nama-nama yang menjadi juara. Antara lain, yaitu Team Flash (Free Fire), Nguyen Tuah Anh (PES 2020) dan Aby Ramadhan (Mobile Premier League).

Pada tahun 2021, ajang game nasional ini memiliki lebih banyak judul game dan nama juara. Ada Dewa United yang menjuarai game Lokapala dan Battle of Satria Dewa.

Kemudian ada Akbar Paudie yang berhasil menyabet juara satu di cabang game eFootball 2021 setelah mengalahkan Rommy.

Cabang game MPL Speed Chess dimeriahkan oleh finalis Leo Lucki dan Kosasih. Duel sengit itu akhirnya dimenangkan oleh Leo Lucki.

Sementara itu, pada cabang game Battle Royale PUBG Mobile, RRQ Ryu berhasil menjadi juara satu. Sedangkan pada game Free Fire, Echo Esport-lah yang memenangkannya.

Cabang game 5v5, yakni Mobile Legends, tim Aura Fire berhasil mengalahkan Aura Fire dan berhak mengantongi hadiah utama uang tunai sebesar Rp120 juta rupiah.

Total Hadiah yang Didapat

Turnamen besar ini tentu menyiapkan hadiah yang sangat besar. Mengingat ada banyak sekali antusiasme yang terlihat. Jumlah pengunjung dalam babak Main Event pun sangat melimpah, yaitu 7.000 orang dengan durasi tayang livestreaming yang mencapai 50 jam lamanya.

Total hadiah uang tunai yang disiapkan oleh pihak panitia adalah Rp2 Miliar. Angka sebesar itu tidak hanya untuk satu tim yang juara, tetapi dibagi sekitar Rp350 juta untuk setiap cabang game.

Baca juga: VCGamers Gelar Turnamen Free Fire Berhadiah Jutaan Rupiah

Penutup

Piala Presiden adalah kompetisi dengan visi dan misi yang bagus, khususnya untuk bidang e-sport di Indonesia yang semakin berkembang. Harapannya, Piala Presiden games ini mampu mencetak pemain-pemain berprestasi di kancah internasional. Mengikuti jejak EVOS Esport yang berhasil mewakili Indonesia di IESF World Championship pada ajang game Mobile Legends.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Piala Presiden games yang telah berlangsung beberapa bulan yang lalu. Kunjungi VCGamers Marketplace untuk memenuhi kebutuhan top-up game favoritmu selalu. Semoga artikel ini bermanfaat!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!