Komparasi Redmi 13 vs Realme C63, Worth it Mana?

Redmi 13 vs Realme C63

Kali ini kita akan membandingkan kedua smartphone yang baru saja dirilis pada tanggal 5 Juni yang lalu, yakni Redmi 13 vs Realme C63.

Keduanya sama-sama masuk di kelas Entry Phone, sehingga dibanderol dengan harga mulai dari dua jutaan rupiah saja, namun menawarkan performa yang juara.

Walaupun demikian, kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang signifikan yang tak ditemui satu sama lainnya. Yuk kita ulas komparasi Redmi 13 vs Realme C63 seperti yang dilansir dari situs resmi Xiaomi dan Realme berikut ini.

Dengan adanya komparasi diantara kedua ponsel ini, kamu dapat mempertimbangkan ponsel yang akan kamu beli kedepannya.

Baca juga: 9 HP 1 Jutaan Terbaik Juni 2024 dengan Spesifikasi Mumpuni

Komparasi Redmi 13 vs Realme C63 , Worth it Mana?

Redmi 13 vs Realme C63
Desain Kedua HP. Source: VCGamers

Bodi Desain

Aspek pertama yang akan kita ulas adalah bodi desainnya. Pada HP Redmi 13 memiliki dimensi ukuran tinggi 168,6 mm dan lebar 76,28 mm, serta bobot 205 gram dan tebal 8,3 mm. Kemudian, bagian belakang pada Redmi 13 dibuat dari material kaca premium yang menambah kesan mewah dan elegan ketika digenggam.

Sementara itu, Realme C63 memiliki tinggi 167,26 mm dan lebar 76,67 mm yang sedikit lebih kecil dari Redmi 13. Realme C63 hadir dengan bobot 189 gram dan tebal 7,74 mm. Lebih kecil dan ringan dari Redmi 13.

Berbeda dengan Redmi 13 yang menggunakan material kaca, Realme C63 menggunakan material kulit vegan organik yang juga memberikan kesan mewah ketika digenggam. 

Kesimpulan

Realme C63 hadir lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan Redmi 13. Namun, keduanya sama-sama menawarkan bodi desain yang mewah walaupun masuk di HP Entry.

Dimana satunya menawarkan bodi kaca, satunya lagi menawarkan material kulit layaknya smartphone flagship.  

Baca juga: Spesifikasi, Harga, dan Fitur Asus Zenfone 11 Ultra

Layar

Selanjutnya kita beralih ke layar, Redmi 13 mengusung layar tipe FHD+ berukuran 6,79 inci. Layar Redmi 13 juga dilengkapi dengan refresh rate 90Hz, kecerahan layar 450 nits, dukungan mode baca, resolusi layar 2460 x 1080 piksel, dan sertifikasi TUV Rheinland yang menjaga kesehatan mata kamu.

Sedangkan Realme 13 mengusung layar IPS berukuran 6,75 inci. Layar ini juga menawarkan refresh rate 90Hz, resolusi layar 1600 x 720 inci, kecerahan 450 nits, dan dukungan layar yang membuat mata kamu lebih nyaman.

Sementara itu, Realme tidak menyertakan mode baca untuk penggunanya layaknya Redmi 13.

Kesimpulan

Keduanya menawarkan spesifikasi layar yang serupa namun lebih kecil untuk Realme C63.

Kamera

Selanjutnya adalah aspek kamera. Redmi 13 dibekali kamera yang super jernih dengan resolusi sangat tinggi di kelasnya, yaitu 108MP. Dengan resolusi sebesar ini, kamu mampu menangkap hasil jepretan yang lebih jernih dan tajam.

Sementara itu, Realme C63 hanya dibekali kamera 50MP yang terintegrasi oleh AI. Adanya integrasi AI ini mampu memberikan hasil jepretan yang detail dan akurat.

Sementara di bagian depan, Redmi 13 dibekali dengan kamera depan beresolusi 13MP.  Sementara itu, Realme C63 hanya dibekali dengan kamera depan 8MP.

Kesimpulan

Redmi 13
Redmi 13. Source: mi.co.id

Secara keseluruhan, Redmi 13 lebih unggul di segi kamera baik depan maupun utama, berbanding terbalik dengan Realme C63 yang hanya dibekali kamera utama 50MP dan kamera depan 8MP.

Walaupun demikian, adanya teknologi AI ini cukup membantu untuk mendapatkan hasil foto yang jernih dan detail walau tak sebagus ketika mengambilnya melalui HP Redmi 13.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi iQOO Z9 Versi Indonesia vs China

Performa

Berbicara performa, Redmi 13  ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G91 Ultra. G91 Ultra merupakan versi pengembangan dari pendahulunya, Helio G91. Tentunya, chipset ini mampu memberikan performa baik bermain games maupun aktivitas lainnya yang lebih kencang.

Redmi 13 memiliki 8 inti prosesor yang terdiri dari inti Cortex-A55 dan Cortex-A75 dengan kecepatan maksimal pemrosesan adalah 2,0 GHz. Serta dipadukan dengan kartu grafis GPU Mali-G52 MC2.

Sedangkan Realme C63 ditenagai dengan chipset Unisoc T612. Soal performa jangan diremehkan, karena chipset ini dipercaya dapat mengangkat aplikasi maupun games kekinian.

Selain itu, Realme C63 memiliki 8 inti prosesor yang terdiri atas 2 inti pemrosesan Cortex A-75 yang memiliki kecepatan maksimal 1,8GHz dan enam inti prosesor Cortex A-55 yang mampu memproses hingga 1,8 Ghz.

Untuk grafis, Realme C63 dibekali dengan GPU Mali G57.

Realme C63
Realme C63. Source: Realme Indonesia

Kesimpulan

Soal performa, Redmi 13 jauh lebih unggul berkat pemrosesan inti yang mencapai 2 Ghz, serta chipset yang lebih baru, yakni G91 Ultra.

Baterai

Dari segi baterai, Redmi 13 dibekali dengan baterai berkapasitas 5030 yang lebih badak, dan mampu bertahan hingga 19 hari siaga. Selain itu, Redmi 13 didukung pengisian cepat 33W.

Sementara, Realme C63 dibekali baterai berkapasitas 5000mAh dan dukungan pengisian cepat 45W Super Vooc.

Kesimpulan

Redmi 13 kembali mengungguli Realme dari segi kapasitas baterai. Sementara itu, Realme memiliki keunggulan di sisi pengisian cepat yang bertenaga 45W. 

Tetapi tidak ada salahnya jika kamu memilih untuk membeli Realme C63 kok. Kembali lagi ke preferensi Vicigers ponsel yang akan kamu beli nanti.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iQOO Z9 Turbo Indonesia

Sistem Operasi

Terakhir, Redmi 13 menjalankan sistem operasi HyperOS dan Realme menjalankan sistem operasi RealmeUI. Keduanya sama-sama berbasis Android 14.

Secara keseluruhan, Redmi memiliki spesifikasi yang lebih unggul di segi kamera, baterai, hingga performa. Jika kamu yang menginginkan HP dengan performa yang jempolan, kamu dapat memilih Redmi 13. 

Baca juga: Spesifikasi Resmi Redmi Pad Pro 5G, 4 Jutaan Spek Mantap

Jangan lupa untuk tetap update info terkini lainnya seputar games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News!

Dan buat kamu yang ingin melakukan top up game favoritmu atau pulsa dengan mudah, cepat, dan terpercaya, yuk kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!