Kingdom Rush 5: Alliance Akhirnya Rilis! Apa Yang Baru?

Sekuel terbaru Kingdom Rush 5: Alliance besutan developer Iron Hide resmi rilis untuk platform mobile (Android dan iOS) serta PC.
Kingdom Rush 5: Alliance
Kingdom Rush 5: Alliance. Sumber: Official Site

Penikmat game tower defense yang satu ini pasti sudah tidak sabar menunggu instalasi terbarunya rilis: Kingdom Rush 5: Alliance (KR5A). Yap, game ini begitu laku, hingga perilisannya saat ini sudah sampai di sekuel kelimanya!

Sebagai sebuah game multiplatform, KR5A menjanjikan suatu gameplay yang dapat diterima semua kalangan. Nah buat Vicigers yang penasaran akan game-nya, yuk langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi 5 Game Mobile Terbaik 2024

Waralaba Kingdom Rush

Iron Hide Developer Kingdom Rush
Iron Hide Developer Kingdom Rush. Sumber: Official Site

Seiring dengan instalasi kelimanya tersebut, sudah pasti judul ini bukanlah sebuah waralaba ‘kemarin sore’. Sang  developer, Iron Hide, berhasil ‘menyulap’ banyak gamers di luar sana menjadi fans setia mereka.

Studio yang berasal dari Uruguay ini merilis instalasi pertama Kingdom Rush pada Juli 2011. Untuk judul debutan ini, pihak developer masih mengedepankan platform Flash sesuai dengan tren yang ada kala itu.

Dan juga seiring dengan kebangkitan genre tower defense pada masanya, tidak heran bila game ini juga mampu mendapatkan resepsi yang cukup baik dari berbagai kalangan pelaku industri.

Walhasil, permintaan pasar yang tinggi membuat sang developer melakukan porting ke berbagai platform lain! Di bulan Desember tahun yang sama, game ini lantas masuk ke kancah mobile (Android dan iOS).

Enggan berhenti di sana, platform desktop (Windows, macOS, dan Linux) turut kebagian di 2014. Sedangkan untuk line-up konsol seperti Nintendo Switch serta Xbox (One dan Series X/S) baru kebagian pada 2020 dan 2023.

Sejak saat itulah game ini mendulang kesuksesan yang begitu masif dan terus melanjutkan sekuelnya bahkan hingga hari ini. Dan tidak heran jika nantinya waralaba ini menelurkan lebih banyak instalasi berikutnya.

Baca juga: Game Nintendo Switch yang Akan Hadir di Sisa 2024

Playing Experience Kingdom Rush

Gameplay Kingdom Rush 5
Gameplay Kingdom Rush 5. Sumber: Official Site

Sebagai sebuah game tower defense, sebenarnya Kingdom Rush mengusung sebuah gameplay yang umum-umum saja: pemain harus mengalahkan wave musuh sebelum mereka mencapai ujung jalan dan menguras nyawa.

Untuk mencegah wave tersebut, pemain harus membangun menara pertahanan di titik-titik tertentu. Berbagai menara yang memiliki jenis serangan dan fungsi berbeda ini nantinya akan melukai musuh yang datang.

Game ini menawarkan empat jenis menara: archers, mages, artillery, dan barack. Setiap musuh yang tumbang akan memberikan emas pada pemain yang dapat mereka gunakan untuk membeli lebih banyak menara.

Di level yang lebih tinggi nantinya, pemain juga dapat menggunakan emas ini untuk meng-upgrade menara yang sudah dibangun. Selain itu, pemain juga memiliki dua kemampuan (abilities), yakni meteor dan bala bantuan.

Masing-masing abilities mampu membantu menanggulangi wave yang datang, namun memerlukan waktu untuk mengisi ulang (cooldown) sebelum dapat digunakan kembali. Terakhir, game ini juga mengusung sistem hero.

Sesuai namanya, hero merupakan unit yang lebih kuat daripada prajurit biasa, dapat berpindah dan bergerak bebas, serta memiliki kemampuan khusus yang menjadikannya lebih efektif dalam menumpas wave.

Setiap stage/level yang berhasil pemain selesaikan akan membuka opsi pahlawan baru dan mendapatkan bintang (star). Pemain dapat menggunakannya untuk banyak hal yang dapat meningkatkan gameplay secara permanen.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Mobile Terbaru yang Menantang Pikiran

Kingdom Rush 5: Alliance Rilis!

Lore Kingdom Rush 5
Lore Kingdom Rush 5. Sumber: Official Site

Dan setelah cukup lama jarak dari perilisan instalasi terakhirnya yang bertajuk Kingdom Rush 4: Vengeance pada 2018, Iron Hide lantas mengumumkan lanjutan dari sekuel tersebut di tahun 2024 ini!

Sekuelnya kelimanya yang diberi embel-embel “Alliance” sudah tersedia untuk pre-order pada platform Android, dan PC terhitung tanggal 25 Juli lalu. Sedangkan untuk iOS bahkan dapat jadwal lebih awal yakni sejak 10 April.

Plot cerita yang diusung menitikberatkan pada lore persekutuan Raja Denas dan Vez’nan. Nantinya, tower dan hero yang ada di sekuel ini merupakan pasukan dari kedua kerajaan.

Lebih spesialnya lagi, pemain juga akan mengendalikan dua unit pahlawan sekaligus! Jadi bisa makin barbar deh menumpas wave-nya!

Baca juga: Roblox: Code Toilet Tower Defense Terbaru Bulan Juni 2024!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai waralaba game Kingdom Rush. Buat yang ingin memiliki game ini via Steam, pastikan top-up saldo Steam Wallet-nya hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!