Kereta Api Jawa: Game Simulator Transportasi Karya Anak Bangsa

Kereta Api Jawa dirilis pada 4 Juni 2021 dan telah diunduh lebih dari 100.000 kali. Game ini bisa kamu dapatkan secara gratis di PlayStore.
Kereta Api Jawa
Kereta Api Jawa. Source: Game KAJ

Game simulasi adalah salah satu genre yang banyak digemari. Ternyata, Indonesia juga punya game simulasi lokal yang berjudul Kereta Api Jawa.

Game yang rilis pada 4 Juni 2021 ini telah diunduh oleh lebih dari 100.000 orang dan bisa kamu dapatkan secara gratis di PlayStore.

Kereta Api Jawa sendiri merupakan karya dari pengembang lokal CiihuyCom yang juga merilis game horor Misteri Desa Meraung dan Terjebak di Alam Setan.

Nah, artikel kali ini akan membahas serba-serbi dari game Kereta Api Jawa. Sebelum memainkannya, ayo simak dulu ulasannya sampai habis!

Baca juga: Gameplay Terjebak di Alam Setan, Game Horor Terbaru 2024

Gameplay Kereta Api Jawa

Kereta Api Jawa - sudut pandang dari depan kereta
Gameplay Kereta Api Jawa. Source: Game KAJ

Seperti game-game sebelumnya, Kereta Api Jawa juga mengadopsi tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pemain untuk beradaptasi dengan cepat.

CiihuyCom juga menyediakan dua pilihan bahasa yaitu Indonesia dan Inggris untuk pemain yang berasal dari luar negeri.

Terdapat dua kontrol game dalam Kereta Api Jawa yaitu tombol “Mundur” dan “Maju” yang bisa pemain gerakkan melalui sebuah bar.

Pengembang juga menyediakan tombol “kamera” yang berada di sebelah kanan bawah layar untuk memberikan sudut pandang berbeda.

Pemain bisa melihat pergerakan kereta dari sudut kanan, kiri, atas dan depan kereta api sesuai dengan keinginan.

Selain tombol kamera, pemain juga bisa lebih leluasa mengeksplor pemandangan di sekitar kereta dengan menggerakkan jari ke kanan dan kiri di layar.

Untuk menambahkan elemen lokal yang realistis, Ciihuycom menambahkan berbagai nama stasiun dan daerah di Indonesia seperti Bojonegoro.

Kereta Api Jawa - Bojonegoro
Stasiun Bojonegoro. Source: Game KAJ

Setiap kali memasuki daerah baru, kamu akan melihat pemberitahuan berupa nama stasiun di bagian tengah bawah layar.

Selama perjalanan, kamu akan melihat pemandangan yang indah. Mulai dari sawah, sungai, bangunan tinggi hingga rumah penduduk bisa kamu temui disini.

Kereta Api Jawa - Antrian perlintasan kereta api
Antrian kendaraan di perlintasan kereta api. Source: Game KAJ

Sama seperti di kehidupan nyata, kamu juga akan menemukan pemandangan motor dan mobil yang sedang berhenti di perlintasan kereta dan menunggu hingga keretamu lewat.

Sesekali, kamu akan berpapasan dengan kereta lainnya dari arah yang berlawanan. Meskipun tidak ada interaksi khusus, namun hal ini cukup menarik untuk disaksikan.

Fitur Menarik di Kereta Api Jawa

Kereta Api Jawa - Kelas eksekutif
Sudut pandang kelas eksekutif. Source: Game KAJ

Kereta dalam game ini akan memulai perjalanan dari Stasiun Pasar Senen di Jakarta dan berakhir di Stasiun Pasar Turi di Surabaya.

Setelah berhasil menyelesaikan game, kamu mungkin akan bertanya-tanya apakah ada hal lain yang bisa kamu coba dalam game ini.

Kereta Api Jawa ternyata memiliki fitur menarik dalam game yang menampilkan level-level berbeda dimana pemain dapat melihat sisi lain dari kereta ini.

Ada total 4 level lain dalam game ini. Pemain dapat bermain dari sudut pandang masinis, penumpang di kelas reguler, penumpang di kelas eksekutif dan penumpang di peron kereta.

Apa yang membedakan dari keempatnya? perbedaan mencolok dari setiap level adalah pemandangan yang akan pemain dapatkan selama perjalanan.

Jika memilih menjadi masinis, maka kamu bisa mengeksplor ruangan kendali kereta layaknya masinis di dunia nyata.

Untuk sudut pandang dari kelas reguler dan eksekutif, kamu akan memiliki sudut pandang yang sama dengan interior kereta yang berbeda.

Kursi yang digunakan pada gerbong reguler dan eksekutif juga berbeda. Gerbong reguler menggunakan kursi tegak berwarna coklat dengan konfigurasi 3-3 sedangkan Eksekutif lebih nyaman dengan kursi 2-2.

Mau pengalaman yang tak biasa? kamu juga bisa keluar dari kereta dan menyaksikan setiap kereta yang lewat dari stasiun dengan memilih level “Bengong di Stasiun Kereta”.

Nah, itulah ulasan singkat tentang game Kereta Api Jawa dari pengembang lokal, Ciihuycom. Bagaimana, tertarik untuk jalan-jalan virtual via game ini?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game kesayangan atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk ke VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!