Kapan M4 World Championship Dimulai Ini Jadwal Lengkapnya

Kapan M4 World Championship Dimulai

Kapan M4 World Championship dimulai? Beberapa minggu lagi M4 World Championship, kompetisi Mobile Legends berskala internasional akan berlangsung. Dimulai tepat pada tanggal 1 Januari 2023.

Tim Mobile Legends terbaik dari setiap wilayah berkumpul untuk kompetisi ini. Bahkan, Moonton sudah menyiapkan hadiah senilai hingga miliaran rupiah agar semakin meriah.

Berikut adalah beberapa detail penting tentang M4 World Championship untuk membantu para gamer memahaminya dengan lebih baik. Mulai dari jumlah tim, total award, durasi pelaksanaan, dan tipe pertandingan yang digunakan, informasinya sendiri.

Baca juga: Cara Nonton Langsung M4 World Championship Gratis!

Tim yang Bersaing di M4 World Championship

Kapan M4 World Championship Dimulai
M4

Ada 16 tim yang bertanding, menurut Azwin Nugraha, PR Manager Moonton Indonesia. Mobile Legends Professional League (MPL), turnamen utama untuk Mobile Legends, adalah tempat asal mereka semua.

“Kami diberikan dua tempat hanya untuk Indonesia. Dengan demikian kedua tim tersebut akan mengikuti grand final MPL Indonesia dan mewakili Indonesia di Mobile Legends global cup” tambah Azwin.

  • Juara MPL ID S10: Onic Esports (Indonesia)
  • RRQ Hoshi, Runner-up MPL ID S10 (Indonesia)
  • Juara MPL PH S10 – Blacklist International (Filipina)
  • Echo, Runner-Up MPL PH S10 (Filipina)
  • Team HAQ menjadi juara MPL MY S10 (Malaysia)
  • Todak, Runner-up MPL MY S10 (Malaysia)
  • RSG Singapura juara MPL SG S4 (Singapura)
  • Burn x Flash, Juara MPL (Kamboja)
  • Juara MPL MENA – Thrones Esports (Timur Tengah)
  • Juara Kualifikasi Myanmar – Falcon Esports (Myanmar)
  • Supremasi Incendio oleh Turkiye Sampionasi (Turki)
  • Team Valley, juara NACT Musim Gugur 2022 (Amerika Utara)
  • S11 Gaming ARG – Juara MLSL S1 (LATAM)
  • Malvinas Gaming, runner-up di MLSL S1 (LATAM)
  • Juara MPL BR S3 – RRQ Akira (Brasil)
  • Juara Kualifikasi Mekong – MDH Esports (Laos, Thailand, dan Vietnam)

Kapan M4 World Championship Dimulai?

Kapan M4 World Championship Dimulai

Martinus H. Manurung, Head of Business Development Moonton Indonesia, mengungkapkan kompetisi akan berlangsung mulai 1 Januari hingga 15 Januari 2023. Kompetisi akan dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan pantauan di Instargam MPL Indonesia.

Grup Stage akan dilaksanakan pada 1–4 Januari 2023. Empat grup yang terdiri dari 16 tim akan dibuat pada babak ini. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan mengisi slot di upper bracket, sedangkan tim yang tersisa akan bermain di lower bracket, sehingga tidak ada yang tereliminasi.

Knockout Stage pada tanggal 7–14 Januari 2023. Mirip dengan bagaimana di braket playoff MPL, tim teratas memiliki dua nyawa. Sebaliknya, jika mereka kalah, mereka yang berada di bawah akan langsung turun.

Babak Final dilaksanakan tanggal 15 Januari 2023. Akan diputuskan siapa yang memenangkan Kejuaraan Dunia M4 pada partai puncak ini.

Venue pertandingan M4 Mobile Legends berbeda-beda tergantung pada setiap fase. Kompetisi babak Group Stage akan berlangsung secara offline di XO Hall (MPL Arena).

Lokasi akan berbeda antara babak eliminasi dan pertandingan kejuaraan. Pasalnya, 16 tim akan bertanding di hadapan para pecinta Mobile Legends asal Indonesia di Istora Senayan, Jakarta.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket M4 Mobile Legends

Total Hadiah Kejuaraan Dunia M4

Kapan M4 World Championship Dimulai

Tim pemenang tidak hanya mengklaim gelar juara, untuk menambah keseruan kontes. Namun, semua anggota akan mendapatkan apresiasi finansial dari acara tersebut.

Jumlah tersebut masih sebanding dengan M3 World Championship yang menelan biaya USD 800rb atau sekitar Rp12,4 miliar, menurut data yang diberikan oleh Azwin. Nilai potensial sang juara, bagaimanapun, masih belum diketahui.

Fakta yang tidak banyak diketahui adalah, dibandingkan dengan sebelumnya, total hadiah untuk turnamen dunia Mobile Legends meningkat. Kejuaraan Dunia M1 yang menelan biaya USD 250.000 atau sekitar Rp3,8 miliar, dan Kejuaraan Dunia M2 yang menelan biaya USD 300.000 atau sekitar Rp4,6 miliar, keduanya merupakan kejuaraan dunia.

Format Kejuaraan Dunia

Kapan M4 World Championship Dimulai

Kompetisi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan berlangsung dari 1–15 Januari 2023. Semua tim akan memainkan rangkaian pertandingan dari babak penyisihan grup hingga pertandingan kejuaraan dalam periode tersebut.

16 tim yang dibagi menjadi empat grup akan bertanding di babak penyisihan grup dengan format Best of 1 (Bo1). Hanya saja tidak ada tim yang akan tersingkir pada tahap ini.

Bagi kamu pecinta Mobile Legends, catat kapan M4 World Championship dimulai dan apa saja rangkaian acaranya agar tidak ketinggalan keseruannya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!