Konsekuensi Beli dan Jual Akun Steam, Wajib Tahu!

Membeli dan menjual akun Steam dilarang keras dan memiliki konsekuensi serius yang akan didapatkan setelah melakukannya.
Opsi Peluncuran Steam
Opsi Peluncuran Steam. Source: Business Insider

Konsekuensi Beli dan Jual Akun Steam

Steam merupakan platform distribusi digital game PC terpopuler menawarkan berbagai macam game menarik dengan harga yang bervariasi.

Tidak heran kalau banyak gamer yang gemar mengoleksi game di Steam. Tapi, pernahkah kamu terpikir untuk membeli atau jual akun Steam.

Tapi, apakah boleh jika kita membeli dan menjual akun Steam? Apa konsekuensi yang harus kamu tanggung jika nekat melakukannya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang konsekuensi membeli dan menjual akun Steam dengan lengkap. Cuss langsung aja ke pembahasannya!

Baca juga: 5 Rekomendasi Game yang Paling Banyak Dimainkan di Steam

Jual Beli Akun Steam

Jual Akun Steam
Ketentuan Steam. (Sumber: Frontier Foum)

Menurut Steam Support, akun Steam tidak diperbolehkan untuk diperjualbelikan namun hanya untuk penggunaan pribadi orang yang membuatnya. Hal ini tercantum dalam Perjanjian Layanan Steam yang harus kamu setujui saat membuat akun.

Meskipun begitu, banyak situs web dan forum online yang menawarkan jasa jual beli akun Steam. Harga akun Steam bervariasi tergantung pada jumlah game dan item yang dimilikinya.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo, Jaga Privasi!

Konsekuensi Jual Beli Akun Steam

Jual Akun Steam
Steam. (Sumber: GameinPost)

Seperti yang disebutkan pada pembahasan sebelumnya kalau Steam tidak memeperbolehkan proses jual beli akun. Maka dari itu, baik pembeli maupun penjual akun Steam dapat menanggung berbagai konsekuensi. Berikut ini berberapa konsekuensinya:

Bagi Penjual:

  • Akun Steam diblokir: Steam berhak memblokir akun Steam yang terbukti diperjualbelikan. Hal ini berarti, kamu akan kehilangan akses ke seluruh game, DLC, dan item yang ada di akun tersebut.
  • Penangguhan atau pembatasan akun Steam: Steam juga dapat menangguhkan atau membatasi akun Steam yang sering terlibat dalam aktivitas jual beli akun.
  • Tindakan hukum: Dalam kasus yang lebih serius, Steam dapat mengambil tindakan hukum terhadap penjual akun Steam.

Bagi Pembeli:

  • Kehilangan akses akun: Akun Steam yang kamu beli dapat diblokir oleh Steam kapan saja. Hal ini berarti, kamu akan kehilangan akses ke seluruh game, DLC, dan item yang ada di akun tersebut.
  • Data pribadi berisiko: Akun Steam yang kamu beli mungkin berisi data pribadi pemilik sebelumnya. Hal ini dapat membahayakan privasi kamu jika data tersebut disalahgunakan.
  • Akun bermasalah: Akun Steam yang kamu beli mungkin memiliki masalah, seperti game yang hilang, DLC yang tidak valid, atau item yang dihapus.
Baca juga: Cara Refund Game di Steam, serta Syarat dan Ketentuannya

Tips Aman Bermain Game di Steam

Jual Akun Steam
Tips Aman Bermain Game di Steam? (Sumber: Game Rant)

Jika kamu ingin menghemat pengeluaran untuk game Steam, ada beberapa tips aman yang bisa kamu ikuti:

  • Beli game saat diskon: Steam sering mengadakan diskon besar-besaran untuk game. Manfaatkan momen ini untuk membeli game yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah.
  • Beli game dari sumber terpercaya: Pastikan kamu membeli game dari situs web resmi Steam atau dari penjual terpercaya. Hindari membeli game dari situs web atau toko online yang tidak jelas asal-usulnya.
  • Gunakan akun Steam pribadi: Gunakan akun Steam pribadi kamu untuk bermain game. Hindari menggunakan akun Steam orang lain, karena hal ini dapat membahayakan akun kamu.
Baca juga: SSSGram: Cara Mudah Menyimpan Postingan Instagram ke Galeri HP

Nah, itu dia pembahasan tentang beli dan jual akun Steam kali ini. Perlu diingat bahwa membeli dan menjual akun Steam tidak diizinkan oleh platform tersebut dan dapat menimbulkan berbagai konsekuensi bagi pembeli dan penjual.

Sebagai gantinya, kamu dapat memilih cara yang lebih aman untuk menghemat pengeluaran, seperti membeli game saat diskon atau menggunakan akun Steam pribadi. Bermain game di Steam haruslah menyenangkan, bukan malah menimbulkan masalah.

Segera kunjungi VCGamers Marketplace untuk top up Steam Wallet murah dan cepat sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!