Jadwal Playoff MPL ID Season 11, Jangan Sampai Ketinggalan!

Playoff MPL ID S11

Kali ini kita akan membagikan jadwal Playoff MPL ID Season 11. Tidak terasa Regular Season 11 sudah sampai dipenghujungnya terhitung pada hari Minggu (26/03) kemarin.

Perhelatan Minggu ke-6 tersebut di awali sejak hari Kamis (23/03) lalu, dan berlangsung selama empat hari. Terdapat 11 match yang dipertandingkan, kesemuanya menggunakan sistem Best of (BO) 3.

Maka resmi sudah ke-8 tim mempertandingkan jatah kandang-tandang mereka. Dengan begitu, sudah saatnya 6 besar dari mereka memasuki babak playoff.

Seperti yang sudah banyak diketahui, disini sistem gugur akan diberlakukan. Meski begitu, format upper dan lower bracket akan memberikan mereka beberapa kali kesempatan bermain (kalah tidak berarati langsung gugur).

Nah untuk mengetahui seperti apa detail-detailnya serta jadwal dari babak Playoff ini, yuk simak!

Yuk Top Up Diamonds Mobile Legends Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace

Format Playoff MPL ID Season 11

Regular Season MPL ID
Regular Season MPL ID. Sumber: Official MPL Indonesia

Meski babak Playoff MPL ID season ini masih menggunakan sistem yang sama dengan sebelum-sebelumnya, namun yakin deh, masih ada Vicigers disini yang bingung dan belum paham.

Nah supaya gak “plonga-plongo” ketika nanti nonton bareng babak Playoff, kami akan mencoba membahas sistemnya terlebih dahulu nih. Pembahasan akan berangkat dari sistem match yang digunakan.

Menggunakan Match BO 5 dan BO 7

Berbeda dengan Regular Season, babak Playoff akan menerapkan sistem match BO 5 dan BO7 (untuk Grand Final).

Dengan begitu, jumlah pertandingan di masing-masing matchnya juga menjadi lebih banyak dari Regular Season.

Pada pertandingan BO 5, tim yang lebih dahulu meraih skor tiga akan memenangkan match tersebut.

Sedangkan bagi sistem BO 7 di Grand Final nanti, mereka yang berhasil mendapatkan skor 4 akan didapuk menjadi jawara MPL ID Season 11.

Baca juga: Rekomendasi Build Miya Pascol Mobile Legends

Upper dan Lower Bracket

Seperti yang juga sudah sedikit di-“sentil” di atas, babak Playoff mengimplementasiskan adanya upper dan lower bracket. Sistem ini merupakan jenis hibrida (hybrid) yang menggabungkan struktur kompetisi qualifier dan gugur.

Dengan adanya penerapan sistem bracket, setiap tim memiliki kesempatan yang lebih baik dan adil.

Selain itu, jumlah pertandingan juga akan menjadi lebih banyak – cocok untuk kebutuhan industri yang menuntut tingginya frekuensi kompetisi.

Inti dari sistem ini adalah memberikan kesempatan kedua bagi tim yang kalah pada pertandingan upper bracket dengan “melemparkannya” ke lower bracket.

Harapannya, tim-tim “buangan” upper ini masih dapat memiliki kesempatan meraih gelar jawara dengan mendapatkan kemenangan di kancah lower.

Baca juga: Semua Tentang Burst di Dalam Mobile Legends

Upper dan Lower Bracket

Bagan Bracket Playoff MPL ID S11
Bagan Bracket Playoff MPL ID S11. Sumber: VCGamers

Nah sekarang pembahasan akan masuk ke dalam institusional sistem upper dan lower bracket. Sistem ini tetap melandaskan pelaksanaannya pada hasil dari Regular Season.

Ke-6 tim yang masuk babak Playoff pertama-tama akan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah tim yang langsung mendapat tiket ke sesi upper bracket semifinals (UBSF), diisi tim peringkat satu (ONIC Esports) dan dua (RRQ) dari klasemen Regular Season.

Pembagian kedua akan mempertandingkan tim sisanya (Bigetron Alpha, Geek Slate, EVOS Legends, dan Alter Ego) pada sesi play-in (Day 1). Babak ini akan menentukan nasib dari keempat tim tersebut: yang kalah langsung gugur, dan pemenang masuk ke UBSF.

Pemenang UBSF akan langsung masuk ke upper bracket final (UBF), sedangkan yang kalah akan masuk ke lower bracket semifinals (LBSF). Di sinilah mereka yang sudah mencicipi kekalahan akan mendapatkan “kesempatan kedua” memperebutkan posisi LBF.

Mereka yang menang di UBF akan langsung memastikan posisi runner-up jawara season ini: mendapatkan tiket ke Grand Final. Lain cerita dengan mereka yang kalah, di mana akan terpental ke LBF untuk kembali melawan pemenang dari LBSF.

Sesi Grand Final nantinya lantas akan mempertemukan pemenang dari UBF dan LBF. Untuk lebih jelasnya, bisa melihat diagram yang sudah disediakan oleh VCGamers.

Baca juga: Apa Artinya Defeat dalam Game Mobile Legends

Jadwal Playoff MPL ID Season 11

Jadwal Playoff MPL ID S11
Jadwal Playoff MPL ID S11. Sumber: VCGamers

Nah sekarang masuk ke yang paling ditunggu-tunggu yaitu jadwal Playoff-nya. Dilansir dari laman official MPL ID sendiri, babak Playoff akan berlangsung selama lima hari dimulai dari 5-9 April 2023. Berikut adalah rinciannya:

  • Day 1 MPL ID S11 – Rabu (5/4)

“Play-in” Match 1: Bigetron Alpha vs. EVOS Legends

“Play-in” Match 2: Geek Slate vs. Alter Ego

  • (Day 2) – Kamis (6/4)

UBSF Match 1: ONIC Esports vs. TBD

UBSF March 2: RRQ Hoshi vs. TBD

  • (Day 3) – Jumat (7/4)

UBF Match 1: TBD vs. TBD

LBSF Match 2: TBD vs. TBD

  • (Day 4) – Sabtu (8/4)

LBF Match: TBD vs. TBD

  • (Day 5) – Minggu (9/4)

Grand Final: TBD vs. TBD

Baca juga: Trik Mudah Untuk Mendapatkan Double Kill Mobile Legends!

Pantengin terus informasi dan berita MPL ID terbaru di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!