Simak! Ini 15 Istilah Esports yang Perlu Kamu Ketahui

game jepang

Industri Esports kini sudah merajai dunia, sudah semakin banyak pertandingan-pertandingan Esports di dunia dari berbagai game dengan genre yang berbeda serta tingkatan yang berbeda mulai dari regional, nasional, hingga internasional. Skena Esports biasanya tidak hanya diisi oleh pemain-pemain profesional, banyak juga kompetisi-kompetisi tingkat regional yang mempertemukan pemain-pemain amateur.

Tetapi meskipun begitu, turnamen Esports pada masing-masing game menjadi turnamen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap penggemar dari fansnya, terlebih bila turnamen itu merupakan turnamen tingkat internasional.

Mangkanya, turnamen-turnamen Esports di dunia kerap menggelontarkan hadiah-hadiah yang terbilang mewah jumlahnya hingga miliaran rupiah. Mangkanya, Esports kini tidak hanya sekedar menjadi hoby namun juga bisa menjadi karir pekerjaan karena hadiah yang didapatkan pun tidak main-main nominalnya.

Baca Juga: 5 Lokasi di Map Kalahari FF Untuk Mendapatkan Loot Terbaik

Esports

Istilah Esports
Playing Game on Laptop

Esports, yang merupakan kependekan dari Electronic Sports, merupakan bentuk kompetisi menggunakan video game. Kompetisi Esports seringkali diadakan secara profesional baik profesional player, individu, ataupun sebagai tim.

Meskipun kompetisi Esports sudah teroganisir sejak lama dan menjadi bagian dari budaya video game, namun sebagian skena Esports masih dianggap amatir sampai akhir 2000-an dan skena Esports meningkat tajam ketika adanya partisipasi oleh gamer profesional dan penonton yang menonton kompetisi ini secara livestreaming.

Baca Juga: Rekomendasi Skin Terbaru Valorant, Dijamin Makin Cakep!

Pada tahun 2010, Esports menjadi bagian penting dalam industri video game karena semakin banyaknya pengembang game yang secara aktif merancang dan menyediakan dana untuk turnamen dan acara lainnya.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Karena semakin maraknya dunia Esports di kancah Internasional, semakin banyak pula pemain-pemain dari tim Esports manapun yang menggunakan istilah-istilah di dalam Esports. Menggunakan istilah-istilah tersebut bukanlah tanpa alasan, tentu para pemain ingin terjadinya komunikasi yang lebih lancar ketika sedang berada di skena kompetitif baik skala Regional maupun Internasional.

Kita sebagai penggemar dari Esports tentunya juga harus paham mengenai istilah-istilah tersebut, selain karena bisa kita terapkan ketika kita sedang bermain bisa juga agar kita menjadi paham dan mengeri maksud dan istilah para pro-player yang sering kali mereka gunakan.

Berikut istilah di Esports yang wajib kamu ketahui!

Baca Juga: Ayo Saksikan Turnamen LHxVCGamers Cup S15 MLBB Magic Chess!

Istilah Esports

Istilah Esports
Playing Games on Mobile (Source: xda-developers)

Ada banyak sekali istilah-istilah di dunia Esports yang wajib Vicigers pahami. Gunanya tidak lain adalah untuk memahami komunikasi antar tim baik ketika sedang bermain ataupun sedang menonton tim favorit berlaga di turnamen Esports.

Berikut istilah Esports yang wajib kalian ketahui:

Baca Juga: Hero Offlane Dota 2 Paling GG Untuk Nge-Rank
  1. Poaching: Poaching adalah istilah yang merujuk kepada tim Esports yang melakukan pembajakan pemain dari tim lain. Kata Poaching sendiri diambil dari bahasa inggris yang mempunyai arti pembajakan atau perburuan secara liar.
  2. EZ: EZ merupakan slang-word dari “easy”. Kata ini sering kali dipakai jika pemain menganggap pertarungan ataupun permainan dianggaplah mudah dan mereka akan mengeluarkan kata-kata ini.
  3. GGWP: GGWP merupakan singkatan dari “Good Game Well Played”. Kata ini biasanya dipakai ketika suatu tim berhasil memenangkan pertandingan dengan menunjukkan permainan yang bagus.
  4. GLHF: Mirip dengan GGWP, GLHF adalah singkatan dari “Good Luck and Have Fun”. Biasanya kata GLHF ini dipakai untuk menyemangati satu sama lain agar tim bermain dengan have fun.
  5. NT: NT merupakan singkatan dari “Nice Try”. Istilah ini biasanya digunakan ketika tim kamu kalah dalam sebuah pertandingan namun ingin menyemangati satu sama lain.
  6. GT: GT merupakan singkatan dari “Good Try”. Istilah ini mirip dengan Nice Try
  7. GJ: Good Job merupakan singkatan dari “Good Job”. Istilah ini dipakai ketika suatu tim berhasil memenangkan ronde bertandingan.
  8. IMBA: IMBA merupakan singkatan dari “Imbalance”. Imbalance sendiri diambil dari bahasa inggris yang memiliki arti “ketidak seimbangan”. Istilah ini kerapkali digunakan ketika hero ataupun karakter lawan terlalu kuat untuk dikalahkan disepanjang pertandingan, saking kuatnya bahkan tim kita pun tidak bisa mengalahkannya dan strategi yang sudah direncanakan sejak awal menjadi kacau.
  9. BO: BO merupakan singkatan dari “Best Of”. Istilah ini kerap kali digunakan pada turnamen-turnamen Esports sebagai formatnya. Biasanya terdapat angkat setelah kata BO seperti BO3, BO5, dll. Jika menggunakan istilah ini, nantinya masing-masing pemain atau tim akan mengetahui jumlah dalam pertandingan yang akan dimainkannya.
  10. Meta: Meta merupakan istilah yang diambil dari “Metagame” yang menggambarkan state dari sebuah game tersebut, baik itu karakter, lineup, item, elemen, dll. Tentunya Meta dari game akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu karena setiap game akan mengalami patch atau perbaruan setiap karakter ataupun itemnya.
  11. Terminated: Biasanya istilah Terminated digunakan untuk game-game bergenre battle-royale seperti PUBG, Free Fire, CODM, dll. Terminated sendiri memiliki arti yakni dimana sebuah squad berhasil dikalahkan oleh tim. Jika seluruh anggota squad mati, maka mereka akan terminated dan keluar dari permainan.
  12. Speedrun: Speedrun merupakan istilah dimana sebuah tim menginginkan pertandingan ataupun pertempuran diselesaikan secara cepat. Hal ini dilakukan agar sebuah tim dapat memecahkan rekor-rekor tertentu.
  13. Smurfing: Smurfing merupakan istilah yang dimana proplayer yang berpura-purang menjadi Newbie atau pemula agar menghindari matchmaking dalam game.
  14. Rage Quit: Istilah ini menggambarkan kondisi pemain yang keluar dari permainan akibat marah, baik marah terhadap tim sendiri ataupun tim.
  15. Overpowered: Merupakan istilah dimana ketika hero, item, ataupun skill dari hero itu terlalu kuat sehingga menjadi tidak seimbang ketika digunakan.
Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID