iPad Pro 2024 Pakai Chip M4 dan Diklaim Punya Body Tertipis

Ipad Pro 2024

Pada Selasa (2/5/2024) Apple baru saja meluncurkan iPad Pro terbaru yang menggunakan chipset M4. Dengan chipset tersebut performa iPad versi terbaru ini akan lebih cepat dari versi pendahulunya. 

Ipad Pro hadir dalam dua varian layar 11 dan 13 inch dengan panel OLED Ultra Retina XDR Display. Teknologi layar terbaru ini menjanjikan warna yang lebih kaya dan kontras yang meningkat. 

Berbekal spesifikasi layar tersebut iPad Pro 2024 mampu menampilkan kecerahan layar hingga 1.000 nits. Sedangkan untuk menampilkan konten HDR tablet ini mempunyai tingkat kecerahan hingga 1.600 nits. 

Guna menjaga kualitas dan kontra gambar, Apple mengadopsi kaca bertekstur nano baru yang diukir dengan presisi. Sehingga sorot cahaya tablet terbaru ini jauh lebih ramah untuk mata. Apple mengklaim produk terbaru mereka yang varian 13 inch menjadi produk tertipis milik merekaa. 

Untuk varian terlebarnya ketebalan perangkat hanya 5,1 mm sedangkan untuk varian 11 inch ketebalannya 5,5 mm. Masing-masing perangkat mempunyai bobot 444 gram dan 580 gram. 

Baca juga: Galaxy Tab A7 Lite Solusi Tablet Murah Dari Samsung!

Spesifikasi Chipset dan Performa iPad Pro

Tablet terbaru Apple ini menggunakan chipset M4 untuk menyokong performanya. Berbekal chipset ini Apple mengklaim tablet terbaru mereka punya performa 50 persen lebih cepat daripada chip M2. 

Chipset M4 menggunakan GPU M3 yang mempunyai fitur-fitur canggih seperti Dynamic Caching dan Ray Tracing. 

Meskipun menggunakan chipset terbaru yang menjanjikan performa lebih cepat. Hal tersebut tidak membuat konsumsi baterai tablet Apple terbaru 2024 ini menjadi boros. 

Chipset M4 mampu menghadirkan performa yang dengan chipset M2 tetapi konsumsi dayanya setengah lebih efisien. Terdapat peningkatan kinerja termal juga pada tablet keluaran terbaru ini. 

Perangkat Berbasis AI Paling Mumpuni

Fitur AI untuk Mengedit Video
Sumber: apple.com

Tablet baru milik Apple ini menggunakan Neural Engine yang mampu melakukan 38 triliun operasi per detik. Tentunya performa tersebut enam puluh kali lebih cepat daripada Neural Engine yang ada pada chipset A11 Bionic. 

Aktivitas pengguna dengan tablet ini akan didukung oleh AI yang performanya semakin gesit. 

Sebagai contoh pengguna dapat mengisolasi subjek dari latar belakang di video 4K hanya dalam satu sentuhan saja. Ini sangat membantu ketika pengguna memanfaatkan fitur Scene Removal Mask di Final Cut Pro.

Fitur-fitur berbasis AI pada tablet ini memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Misalnya menggunakan Microsoft 365 dengan Adobe Fire. 

Tablet Apple terbaru 2024 ini juga sudah menggunakan Media Engine terbaru yang mencakup dekode AV1. Sehingga ketika mengakses streaming video beresolusi tinggi akan jauh lebih hemat daya. 

Baca juga: 5 Tablet Gaming Murah Terbaik 2023, Cuman 3 Jutaan!

Spesifikasi Kamera Ipad Pro 2024

Tampilan Kamera Depan Apple
Sumber: apple.com

Bukan hanya chipset, layar, dan fitur berbasis AI saja yang baru. Tablet Apple yang terbaru ini juga dibekali dengan kamera yang semakin canggih. 

Terdapat kamera utama beresolusi 12MP dengan kemampuan menangkap gambar dan video dengan lebih baik. Meskipun hanya 12 MP kamera iPad Pro mampu menghasilkan gambar dan video dengan kualitas warna, tekstur, dan detail yang lebih baik. 

Pada bagian belakang tablet juga terdapat flash True Tone yang mempermudah proses pemindaian dokumen daripada iPad versi sebelumnya. 

Teknologi AI yang ada pada tablet ini juga memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Pengguna dapat memanfaatkan kamera, apabila terdapat bayangan yang menghalangi. Tablet Apple terbaru 2024 ini akan langsung mengambil banyak foto secara cepat dengan bantuan flash True Tone-nya. 

Selanjutnya pada bagian depan tablet terdapat kamera TrueDepth. Apple juga membekali kamera ultra-wide beresolusi 12MP lengkap dengan Center Stage. Dengan demikian pengalaman konferensi video menggunakan iPad Pro jadi semakin baik.  

Ipad Pro juga sudah menggunakan kabel charger USB-C dengan dukungan Thunderbolt 3 dan USB 4. Fitur tersebut dapat mempercepat konektivitas kabel hingga 40GB/s. Tablet ini juga sudah mendukung WiFi 6E dan jaringan 5G.

Baca juga: Tablet Murah Redmi Pad dari Xiaomi: Spesifikasi dan Harga

Harga Ipad Pro 2024

Apple iPad Pro silver dan space black
Sumber: apple.com

Ipad Pro sudah tersedia di toko Apple sejak 15 Mei 2024. Terdapat dua varian warna yaitu silver dan space black. 

Adapun pilihan penyimpanan produk terbaru Apple ini yaitu 256 GB, 512 GB, 1 TB, dan 2TB. Berikut daftar harga setiap variannya: 

  • iPad Pro 2024 11 inch WiFi – Rp 16 juta.
  • iPad Pro 2024 11 inch WifFi + Seluler – Rp 19,2 juta
  • iPad Pro 2024 13 inch WiFi – Rp 20,8 juta.
  • iPad Pro 2024 13 inch WiFi + Seluler – Rp 24,1 juta

Sedangkan untuk pembelian Apple Pencil Pro dibanderol seharga Rp 2 juta. Kemudian untuk Magic Keyboard dijual dengan harga Rp 4,8 juta (11 inch) dan Rp 5,6 juta (13 inch). 

Baca juga: Huawei Matepad 11.5, Tablet 6 Jutaan Spek Mewah

Top Up produk game favoritmu dan dapatkan paket berlangganan produk digital lainnya dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!