Intel UHD (generasi ke-12) Vs AMD Vega (Ryzen 5000), Mana Yang Oke?

Intel Arc Delayed

AMD Vega dan Intel UHD adalah solusi GPU terintegrasi terkemuka yang tersedia di pasar. Prosesor grafis terintegrasi ini cukup kuat untuk menangani aktivitas sehari-hari dan bahkan memainkan beberapa game modern dengan beberapa kompromi.

AMD terus meningkatkan GPU terintegrasinya. Prosesor Team Red dengan solusi grafis built-in disebut Accelerated Processing Units (APU). Prosesor ini memiliki huruf ‘G’ di akhir.

Implementasi GPU terintegrasi Intel jauh lebih tua dari AMD. Berawal dari seri HD, perusahaan kini mengemas prosesor grafis terintegrasi seri UHD 700 dengan chip-nya. Hampir semua prosesor Intel Core memiliki iGPU; satu-satunya pengecualian adalah chip dengan “F” di akhir.

Apakah AMD Vega Lebih Baik Daripada Intel UHD?

laptop gaming 2022
AMD Ryzen Vega untuk bermain game

APU Vega dalam jajaran Ryzen 5000 Zen 3, yaitu Ryzen 5 5600G dengan Vega 7 dan Ryzen 7 5700G dengan Vega 8, ditenagai oleh chip yang didasarkan pada arsitektur generasi ke-5 GCN yang sekarang sudah tua.

Seri GPU Radeon RX 5000 memperkenalkan arsitektur ini, dan AMD memasarkan APU ini sebagai kemampuan bermain game AAA.

Sebaliknya, Intel menggunakan mikroarsitektur Intel 7 untuk mengembangkan solusi iGP UHD 710, 730, dan 770 terbaru yang ditemukan pada chip Alder Lake-S. Namun, prosesor grafis terintegrasi ini tidak dimaksudkan untuk bermain game.

Di sebagian besar game AAA modern, kami telah melihat AMD APU mengalahkan chip Intel dengan margin yang solid. Ini karena Intel tidak pernah mengembangkan iGPU-nya untuk bermain game, dan hanya dimaksudkan untuk digunakan dalam penjelajahan biasa dan beban kerja produktivitas.

Dalam video di atas, kita melihat Intel UHD 770 dan AMD Vega 8 saling berhadapan dalam campuran game lama dan modern yang menuntut. Dalam semua pengujian, grafis AMD Vega mengalahkan pilihan Intel dengan selisih yang besar.

Jika pengguna ingin bermain video game tanpa GPU, kamu harus melihat AMD APU. Team Red telah mengembangkan beberapa APU yang mumpuni dengan kinerja CPU dan GPU yang layak. Ditambah dengan harga yang terjangkau, kamu dapat bertindak sebagai pengganti kartu grafis yang layak.

Beberapa APU AMD yang lebih lama dapat dipertimbangkan dalam build level pemula dengan anggaran rendah. Contohnya termasuk Ryzen 3 3200G, prosesor yang mengemas iGPU Vega 11-core. Di sebagian besar game modern, performanya sebagus prosesor Ryzen 7 5700G.

Namun, chip Intel bisa menjadi alternatif yang layak jika game bukan prioritas. iGPU ini cukup mampu untuk menangani game kasual, beban kerja produktivitas, dan persyaratan penelusuran.

Intel juga memiliki lebih banyak pilihan untuk dipilih dibandingkan dengan AMD. Dengan demikian, pengguna dengan anggaran bervariasi dapat dengan mudah memilih prosesor yang paling sesuai dengan minat kamu.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 Hadir Dengan Prosesor Rahasia

Kesimpulan

Intel UHD
Tampilan Intel UHD yang digunakan untuk main game. Sumber: YouTube/Linus Tech Tips

Meskipun AMD memimpin secara keseluruhan dalam hal kinerja, perusahaan hanya memiliki dua APU yang tersedia di pasar. Kedua chip ini ditujukan untuk bagian kinerja pasar.

Intel telah melangkah jauh dengan teknologi iGPU-nya dan chip terbaru jauh lebih mumpuni. Chip UHD 770 terbaru yang ditemukan pada prosesor Alder Lake kelas atas dapat menjalankan beberapa game modern pada 30+ FPS.

Baca juga: 5 HP Gaming Infinix 1 Jutaan 2022, Bisa Banget Main PUBG!

Dengan demikian, gamer tetap harus memilih AMD APU karena rasio kinerja-terhadap-harganya yang lebih tinggi. Namun, pengguna yang tidak akan bermain game di sistem kamu memiliki kebebasan untuk memilih antara Intel UHD dan AMD Vega tergantung pada anggaran dan minat kamu sendiri.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!