Hyouka: Anime School Life yang Penuh Lika-Liku dan Misteri!

Hyouka merupakan anime yang diadaptasi dari Novel bergenre misteri Jepang tahun 2001 karya dari Honobu Yonezawa dan menjadi anime tahun 2012.
hyouka (1)
Eru Chitanda – Satoshi Fukube – Houtaru Oreki – Mayaka Ibara (Source: IMDb)

Salah satu anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation yang bernama Hyouka ini cukup menarik untuk dibahas karena ceritanya diadaptasi dari manga misteri aslinya dengan judul yang sama.

Anime yang bergenre misteri dan school life ini sebenarnya sangat seru untuk diikuti karena Hyouka menceritakan sebuah persahabatan antara 4 anak sekolah yang tergabung di Klub Sastra Klasik.

Banyak sekali perjalanan lika-liku yang dilewati pada anime ini dan tentunya juga dibalut dengan misteri yang hadir pada karakternya tersebut.

Pada umumnya, Hyouka lebih menceritakan tentang permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Dari Hyouka juga kita banyak mempelajari sebuah misteri dari sifat karakter di anime Hyouka ini.

Maka dari itu, bagi kamu yang belum pernah menontonnya, pas banget nih pada artikel kali ini akan membahas mengenai cerita singkat anime ini.

Selain itu, juga akan mengenalkan empat karakter utamanya, perbedaan anime dan manganya hingga mengulas fakta menarik pada artikel ini! Pokoknya, langsung simak saja tak perlu menunggu lama lagi.

Baca juga: Daftar Anime Romance Klasik, Wajib Kamu Tonton!

Hyouka

hyouka (2)
Satoshi Fukube – Houtaru Oreki – Eru Chitanda – Mayaka Ibara (Source: IMDb)

Sebelum mengulas lebih detail, tentunya harus mengetahui dulu tentang Hyouka. Jadi, Hyouka ini berarti “Es Krim” yang merupakan anime yang diadaptasi dari Novel bergenre misteri Jepang tahun 2001 karya dari Honobu Yonezawa.

Lalu, diangkat menjadi series pada 12 April 2012 yang tayang hingga 16 September 2012 yang diproduksi oleh Kyoto Animation dengan total 22 episode + 1 OVA (Original Video Animation) dengan genre misteri dan Slice of Life (Kehidupan sehari-hari).

Melansir dari IMDb, Hyouka ini merupakan salah satu series anime terbaik karena pernah mendapatkan nominasi di ajang penghargaan “Anime Trending Awards 2020” untuk kategori “Man of the Decade” dengan nominasi “Houtarou Oreki” yang menempati posisi kedua pada saat itu.

Anime ini menceritakan tentang Houtarou Oreki yang merupakan siswa kelas 10 di SMA Kamiyama yang bertemu dengan Eru Chitanda, Satoshi Fukube serta Mayaka Ibara setelah bergabung dengan Klub Sastra Klasik.

Secara garis besarnya, Houtarou Oreki merupakan seseorang yang malas dan selalu saja ingin bermalas-malasan.

Akan tetapi, hidupnya berubah setelah bergabung dengan Klub Sastra Klasik yang membuatnya bertemu dengan ketiga teman-temannya sekarang.

Setelah tergabung dengan Klub Sastra Klasik, Houtarou Oreki ini mencoba memecahkan masalah dan menguak misteri yang terjadi di sekolah mereka.

Karena Houtarou Oreki merupakan siswa yang malas, pada awalnya ia menolak untuk mengikuti penyelidikan.

Namun, semakin ke sini ia semakin penasaran dan mengikuti penyelidikan misteri tersebut sehingga ia harus berteman dengan teman-teman barunya yang lain.

Pada akhir cerita Hyouka ini berakhir dengan happy ending karena Klub Sastra Klasik tersebut telah menghabiskan waktu bersama-sama, telah menyelesaikan misteri dan mereka mempererat persahabatan mereka.

Baca juga: 5 Anime Anak Sekolahan Terbaru yang Wajib Ditonton

Karakter di Hyouka

hyouka (4)
Eru Chitanda – Mayaka Ibara – Houtaru Oreki – Satoshi Fukube (Source: GoPetition)

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang tokoh karakternya di Hyouka, kamu bisa membaca artikel ini karena akan dijelaskan satu persatu tentang sifat dan karakternya yaitu sebagai berikut:

Houtarou Oreki

hyouka (5)
Houtarou Oreki (Source: WikiFandom)

Sebagai salah satu karakter utama laki-laki pada Hyouka yaitu Houtarou Oreki yang dikenal dengan sifat pemalasnya dan hanya ingin berdiam diri saja. Selain itu juga, ia sangat skeptis dan mempertanyakan hal-hal yang menurutnya buruk.

Karakter yang paling menonjol ia sangat terlihat apatis, walaupun begitu ia sangat cerdas dan memiliki kemampuan analisa yang sangat luar biasa, apalagi kemampuannya ini sangat berfungsi ketika sedang memecahkan masalah.

Eru Chitanda

hyouka (3)
Eru Chitanda (Source: WikiFandom)

Karakter utama kedua perempuan di anime Hyouka yaitu Chitanda Eru seorang gadis ceria, bersemangat dan memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi pada lingkungan sekitarnya, selain itu juga ia merupakan gadis yang menyebarkan positive vibes kepada siapapun.

Ia sangat berperan sekali di klubnya karena ia selalu menjadi pemimpin di Klub tersebut untuk menyelidiki kasus misteri yang hadir disana.

Kadang-kadang ia sangat naif, namun ia punya intusisi yang tinggi dan berkemampuan unuk membaca keinginan orang lain.

Satoshi Fukube

hyouka (7)
Satoshi Fukube (Source: WikiFandom)

Karakter utama laki-laki selanjutnya di anime Hyouka adalah Fukube Satoshi yang merupakan teman kecilnya Houtarou Oreki dengan memiliki kepribadian yang humble, ramah, energik, ceria dan sering interaksi dengan orang lain.

Fukube Satoshi sangat berpengetahuan luas dan dikenal dengan siswa cerdas. Di klubnya, ia berperan untuk mendapatkan informasi penting dari kasus tersebut.

Mayaka Ibara

hyouka (7)
Mayaka Ibara (Source: WikiFandom)

Nah, karakter utama perempuan selanjutnya di anime Hyouka adalah Mayaka Ibara, ia merupakan gadis yang baik hati dan tegas sekaligus merupakan teman dekat Eru Chitanda.

Selain itu juga Mayaka Ibara sangat berbakat terutama dalam hal seni dan sering bergabung pada beberapa klub Manga. Terkadang ia sangat keras kepada Houtarou Oreki, akan tetapi ia masih memiliki jiwa bersahabat dan sangat peduli kepada sahabat-sahabatnya.

Walaupun mereka memiiki sifat dan karakter yang berbeda-beda, tetapi kehadiran mereka satu sama lainnya saling melengkapi di dalam Klub Sastra Klasik sehingga menjadi daya tarik para penontonnya.

Baca juga: 5 Karakter Yandere di Anime, Cakep-Cakep Tapi Psikopat!

Perbandingan Anime dengan Novel Aslinya

hyouka (6)
Mayaka Ibara – Eru Chitanda – Satoshi Fukube – Houtaru Oreki (Source: LeisureByte)

Bagi kamu yang belum pernah menonton anime Hyouka ataupun membaca Novelnya, pada artikel ini akan diulas sekilas terkait perbedaan diantara keduanya yaitu:

Karakter

Anime: Pada anime Hyouka ini telah berhasil menangkap masing-masing karakternya seperti misalnya Houtarou Oreki dan Eru Chintada yang memiliki sifat dan pemikiran yang tak bisa ditransfer kedalam film. Selain itu juga, terdapat beberapa poin seperti kondisi mental dan emosional dari karakter yang tak bisa dieksplor lebih lanjut.

Novel: Pada novelnya, akan langsung memberikan pengalaman, pemikiran serta perasaan yang dilewati melalui narasi dengan menggunakan sudut pandang orang pertama sehingga memudahkan pembaca untuk memahami karakter dan ceritanya.

Detail Cerita

Anime: Pada anime, pastinya adal beberapa cerita novel yang dipersingkat sehingga tak masuk kedalam versi animenya sehingga hal ini suaya terlihat lebih ringkas. Tentunya, hal ini juga bisa menjadi kekurangan dari latar belakang cerita ataupun karakter itu sendiri.

Novel:  Pada novelnya sudah jelas lebih mendetail, banyak informasi atau pun latar belakang cerita yang lebih kompleks dibandingkan pada animenya, tentunya hal ini juga bisa untuk memperpanjang konteks dan memperjelas cerita.

Dialog

Anime: Karena didalam anime ini ada beberapa cerita yang dipersingkat, maka dari itu hal ini juga berpengaruh pada dialog dari cerita atau adegan tersebut. Akan tetapi, walaupun begitu ada beberapa adegan yang diterjemahkan secara visual supaya lebih menarik perhatian para penontonnya.

Novel: Untuk di novel sendiri, akan mengahadikan adegan dan cerita yang lebih mendetail tanpa dipersingkat sehingga hal ini bisa memungkinkan para karakter untuk men-tranferkan pikiran kepada pembaca.

Visual dan Audio

Anime: Tentu saja, didalam anime akan memberikan pengalaman dunia Hyouka melalui suara serta visual sehingga hal ini berfungsi untuk memberikan nilai tambah kepada dimensi baru dari ceirita tersebut.

Novel: Pada novelnya, akan lebih memberikan eksplorasi pembaca dengan membayangkan dan menggambarkan Hyouka sesuai dengan pikiran masing-masing, namun hal ini tetap memberikan pengalaman secara personal.

Emosi dan Ekspresi dari Karakter

Pada anime akan menampilkan ekspresi wajah hingga gestur tubuh karakter tersebut sehingga penonton bisa mengetahui perasaan dan hal yang dilakukannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Anime Sedih 2023, Bikin Kamu Nangis Brutal!

Fakta Menarik Hyouka

hyouka (9)
Houtarou Oreki – Eru Chitanda – Mayaka Ibara – Satoshi Fukube (Source: Wallpaper Flare)

Supaya lebih tertarik untuk menontonnya, tentunya ada beberapa fakta dari anime Hyouka ini. Kira-kira apa saja yang menarik, ya?

Diadaptasi dari Novel

Anime Hyouka ini diadaptasi dari novel ringan dengan judul yang sama yaitu Hyouka karya Honobu Yonezawa dan ilustrasinya oleh Task Ohna.

Soundtrack Bagus

Pada soundtrack Hyouka didominasi oleh ciptaan dari Kouhei Tanaka, sang komposer musik untuk beberapa anime populer seperti Sakura Wars ataupun One Piece.

Visual yang Menawan

Bagi kamu yang baru pertama kali meonoton Hyouka, pasti memuji visual karakter serta komponen makhluk yang ada di sana.

Tak dapat dipungkiri bahwa anime ini didesain oleh Kyoto Animation yang menonjolkan desain karakter dengan kualitas animasi yang sangat mendetail dan berkualitas tinggi.

Klub Sastra Klasik di Dunia Nyata

Mungkin bagi kamu yang berpikir kelompok organisasi yang diikuti oleh keempat karakter ini yaitu Klub Sastra Klasik ini hanya ada di anime Hyouka, padahal sebenarnya di dunia nyata terutama di Jepang ada lho! Walaupun adanya perbedaan kegiatan dan fungsinya.

Klub Sastra Klasik di Jepang, aktivitasnya hanya membaca serta memahami karya-karya sastra klasik lama ataupun baru.

Namun, jika didalam anime Klub Sastra Klasih ini memiliki aktivitas dalam menguak kisah misteri yang belum terpecahkan.

Terinsipirasi dari Budaya Jepang

Pada Hyouka ini lebih banyak menaruh isnpirasi dari budaya-budaya serta sejarah Jepang, tak jarang pada ceritanya selalu mengkolaborasi unsur budaya Jepang dengan cerita.

Sangat Populer

Kepopuleran Hyouka ini semakin tinggi karena anime ini mendapatkan banyak pujian dari penggemarnya dan banyak yang menyarankan bahwa Hyouka adalah anime yang harus banget untuk ditonton, alasannya karena ceritanya yang penuh misteri dan bergenre Slice of Life dimana ceritanya hampir mirip seperti di kehidupan nyata.

Baca juga: 5 Situs Nonton Anime Legal dan Sub Indo Terbaik!

Nah, itulah informasi seputar anime Hyouka mulai dari pengenalan anime, karakter-karakternya, perbedaan antara anime dan novelnya hingga fakta-fakta dari Hyouka.

Jangan lupa untuk top up kebutuhan digital dan game kamu hanya di VCGamers Marketplace karena dijamin murah dan cepat!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!