Hogwarts Legacy Bakal Rilis di Nintendo Switch, Ini Jadwalnya

Hogwarts Legacy

Jagat gamers saat ini sedang diramaikan dengan rilisnya Hogwarts Legacy: permainan action role-playing game (ARPG) yang berlatar belakang dunia Harry Potter. Digadang-gadang sebagai permainan yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, game ini berhasil mendapatkan skor yang begitu mumpuni dari beberapa kritikus industri.

Sebagai contoh, Metacritic memberikan angka 84/100, review Google User terkumpul hingga 95%, bahkan nama IGN berani memberikan angka nyaris sempurna yaitu 9/10. Dari sana, besar kemungkinan sang titel bakal didapuk sebagai Game of the Year tahun ini.

Baca juga: Call of Duty Nintendo Switch Lakukan Kolaborasi, Ini Infonya!

Hogwarts Legacy

Hogwarts Legacy Houses
Asrama di Hogwarts Legacy. Sumber: VCGamers

Dengan dilengkapi fitur open world dan grafis memukau, game ini hadir layaknya suatu judul triple A yang tampak begitu demanding. Sejauh ini, Portkey selaku developer dari Hogwarts Legacy menetapkan bahwa game ini akan muncul di semua platform kontemporer dewasa ini (Nintendo Switch, Playstation, Xbox, dan PC).

Permainan ini memang dirasa cocok untuk konsol-konsol nextgent generasi kesembilan layaknya Xbox Series S/X maupun Playstation 5. Namun bagaimana dengan Nintendo Switch dan konsol generasi kedelapan lainnya (PlayStation 4 dan Xbox One)?

Akankah angan-angan ini menjadi kenyataan? Atau mahan ini hanya janji palsu semata?

Hogwarts Legacy di Switch

Hogwarts Legacy for Nintendo Switch
Hogwarts Legacy untuk Nintendo Switch. Sumber: VCGamers

Hogwarts Legacy sudah berhasil di rilis tepat pada Jumat (10/2) yang lalu. Kala itu, sebagian besar platform yang disebutkan di atas sudah bisa langsung merasakan nikmatnya menjadi siswa Hogwarts di tahun kelima.

Namun uniknya, pihak developer masih mengharuskan konsol-konsol generasi kedelapan untuk menunggu menjadi bagian dari Universe Wizarding World – salah satunya Nintendo Switch.

Terkesan dianaktirikan, fase perilisan selanjutnya baru akan kebagian pada 4 April (khusus PlayStation 4 dan Xbox One) dan 25 Juli (Nintendo Switch) mendatang – di lansir dari laman official mereka.

Langkah ini sendiri cukup membingungkan bagi banyak orang. Meski resepsi yang diterima kala peluncuran kemarin terlihat sangat positif, namun pemisahan ini menimbulkan banyak spekulasi.

Akankah versi yang didapatkan oleh Nintendo Switch persis sama seperti para konsol generasi kesembilan? Atau malah ada beberapa bagian yang bakal “diamputasi” oleh Portkey?

Mari kita saksikan saja di bulan Juli mendatang.

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch Terbaik 2022

Fakta-Fakta Hogwarts Legacy di Switch

Hogwarts Legacy for Nintendo Switch
Fakta-Fakta Hogwarts Legacy di Nintendo Switch. Sumber: VCGamers

Sampai sekarang, telah ada fakta-fakta yang sudah bisa terlihat mengenai perilisan game ini di Platform Nintendo Switch. Apabila nantinya berbagai fakta ini tidak dibatalkan/diralat/ditambahkan oleh pihak developer, besar kemungkinan inilah yang sudah pasti akan didapatkan di pertengahan tahun nanti.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Hadir dalam Bentuk Fisik dan Digital download

Hogwarts Legacy nantinya akan hadir dalam bentuk cartridge maupun digital, yang dapat dibeli melalui toko fisik ataupun via Nintendo EShop. Ini bisa dipastikan dengan dibukanya kesempatan pre-order lewat beberapa toko ritel.

Dengan begitu desas-desus bahwa game ini akan hadir dalam bentuk cloud version dapat dengan mudah ditepis begitu saja.

Dua Edisi Pilihan

Hogwarts Legacy Editions
Dua Edisi Hogwarts Legacy. Sumber: VCGamers

Sejauh ini terdapat dua edisi yang bisa didapatkan melalui pre-order: Standard dan Deluxe. Terdapat beberapa bonus spesifik di dalam keduanya yang bisa dinikmati secara in-game, seperti beberapa kosmetik dan mode permainan tertentu.

Tidak Ada Collector’s Edition

Bisa dibilang, perlakuan yang diterima oleh Nintendo Switch terkesan lebih diskriminatif lagi. Pasalnya, alih-alih mendapatkan late-access selayaknya PlayStation 4 dan Xbox One, sang developer bahkan sama sekali tidak menyisakan Collector’s Edition bagi Nintendo Switch. Benar-benar menyedihkan…

Menjadi Bagian Besar Universe Wizarding World

Bagi pecinta Harry Potter, tentu game ini merupakan satu kesatuan bagian integral yang termasuk di dalam universe tersebut. Mereka yang sudah tergabung di dalam fans club-nya-pun bisa mendapatkan hak hadiah eksklusif.

Ini bisa dilakukan dengan mengaitkan akun fans Wizarding World mereka ketika login di dalam game.

Sama Seperti Konsol Generasi ke-9

Dilansir dari laman radiotime.com, Hogwarts Legacy yang ada di Nintendo Switch akan persis sama dengan versi-versi platform lainnya. Tentu dengan catatan bahwa ini dilakukan setelah menyesuaikan kapabilitas dari Nintendo Switch sendiri.

Harapannya, dengan melakukan optimisasi sesuai “jeroan” NVidia Tegra X1/X1+ , game open-world ini tetap bisa dinikmati tanpa adanya pengurangan serta kendala yang berarti.

Baca juga: Call of Duty Nintendo Switch Lakukan Kolaborasi, Ini Infonya!

Ayo beli Nintendo Eshop card di VCGamers Marketplace yang murah, aman dan tercepat!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!