Akankah Hero Dota 2 IO Hadir di The International (TI) 11?

Hero Dota 2 IO

Apabila kamu perhatikan, IO menjadi salah satu hero Dota 2 yang selalu muncul di pertandingan final The International (TI).  Lalu, apa alasannya pro player memilih hero ini?  Lalu, apakah IO akan hadir di Final TI 11?

Penasaran dengan penjelasannya?  Simak di bawah ini!

IO, the Wisp

Hero Dota 2 IO
Poster Hero Dota 2 IO.

IO adalah salah satu hero support di Dota 2 yang paling unik dan paling misterius.  Memiliki berbentuk seperti bola cahaya melayang, IO akan membantu seluruh tim dalam sebuah pertempuran.

Berdasarkan Lore, IO disebutkan sebagai inti dunia, hadir sebelum waktu, sumber dari segala sumber.  Dengan kekuatan alam semesta, ia membagikan kekuatannya untuk menguatkan teman-temannya.

Dari segi Role, IO adalah hero support pos 5.  Tapi uniknya, secara draft, IO termasuk ke dalam draft Heroes Strength.  Jadi memang secara basic, IO sudah terbilang kuat.  Tidak jarang IO menjadi Midlaner oleh beberapa pemain.

Jika kamu perhatikan, IO tidak pernah absen dari Final The International (TI).  Mulai dari tahun 2018, 2019, dan 2021, IO selalu muncul.  Biasanya IO digunakan oleh PSG.LGD, OG, Team Secret, atau Team Spirit.

Selama turnamen playoffs TI 11, IO hanya muncul satu kali di sisi PSG.LGD melawan beastcoast.  Dan, faktanya, di game tersebut, PSG.LGD kalah.  Apakah eksistensi IO menjadi support masih berlaku?  Atau tergantikan?

Oke, tanpa berlama-lama lagi, inilah alasan mengapa IO masih pantas untuk menjadi support terbaik di TI 11 2022!

Tether dan Overcharge – Main Skill IO

Tampilan Skill Tether dan Overcharge Hero Dota 2 IO. Sumber: VCGamers.

IO memiliki skill pertama bernama Tether yang menjadi skill utama dari IO.  IO bisa terhubung dengan hero lainnya dengan menggunakan skill ini.

Teman yang terikat dengan Tether ini akan mendapatkan tambahan movement speed dan berbagi Mana/Health Regen.  Jadi IO dan teman kamu bisa mendapatkan buff bersama.

Sedangkan Overcharge adalah skill ketiga dari IO yang fokus kepada attack speed, spell amplification, dan Regen HP/Mana selama 8 detik.

Skill ini sebenarnya bisa IO gunakan sendiri.  Tapi kesannya rugi jika tidak menggunakan kekuatan tersebut bersama rekan satu tim menggunakan Tether.

Jadi kedua skill ini adalah satu paket, sebuah combo yang bersifat harus.  Karena IO juga termasuk sebagai hero support, biasanya ia menemani Safelaner atau Offlaner.

Untuk Offlaner, kamu bisa pertimbangkan hero seperti Sven, Slardar, Axe, atau Tiny.  Sedangkan untuk Safelaner, bisa dengan Shadow Fiend, Slark, atau hero jarak jauh seperti Sniper dan Drow Ranger.

Baca Juga: 5 Hero Carry Terbaik Di Patch 7.23c DOTA 2

Spirits Sebagai “Parameter Musuh”

Hero Dota 2 IO
Tampilan Skill Hero Dota 2 IO Relocate. Sumber: VCGamers.

Spirits adalah skill kedua dari IO yang bisa mengeluarkan lima buah orbs mengelilinginya.  Saat mengeluarkannya, kamu bisa mengatur jarak orbs, baik jauh ataupun dekat.

Jika orbs mengenai hero musuh, ia akan meledak, memberikan magic damage, memperlambat gerakan musuh, dan memberikan vision (jika di dalam Fog of War). Sedangkan jika terkena creeps, dia tidak akan meledak dan hanya memberikan sedikit magic damage.

Kamu bisa menggunakan Spirits untuk melakukan stack creeps dengan mudah.  Pastikan kamu mengeluarkannya sebelum detik ke-50 agar tepat waktu melakukan stacking creeps.

Atau,kamu bisa menggunakannya untuk berjaga-jaga apabila ada musuh yang melakukan gank.  Terlebih lagi, meskipun musuh berstatus invisible, orbs akan tetap meledak jika mengenainya.

Baca Juga: 5 Hero Terkuat Untuk Dota 2 Buff Terbaru 2022

Relocate – Signature Hero Dota 2 IO Yang Tidak Bisa Tergantikan

Tampilan Skill Hero Dota 2 IO Relocate. Sumber: VCGamers.

Inilah satu-satunya skill yang tidak dimiliki hero lainnya.  IO akan menteleportasi dirinya bersama rekan (jika menggunakan terhubung dengan Tether) ke manapun yang IO mau.

Sebelum teleportasi, IO memiliki waktu untuk meng-cast skillnya, seperti persiapan untuk teleport.  Jika IO terkena status seperti Rooted, Stunned, Disabled, Disarm, hingga Sleep, maka cast tersebut akan gagal dan Skill Relocate akan cooldown.

Seringkali pemain IO membawa temannya (carry, offlaner) pulang ke Base.  Ada juga yang membawa temannya agar tidak ketinggalan pertempuran atau ganking.

Nah, kekurangannya terletak setelah menggunakan Relocate.  Di atas tubuh IO akan ada countdown yang dimulai dari angka 12.  Jika Countdown itu habis, IO akan kembali datang ke tempat tersebut.

Tidak ada yang bisa meng-cancel countdown ini.  Dulu, ada beberapa cara meng-cancel skill ini, seperti menggunakan Eul’s Scepter atau Town Portal Scroll.  Tapi saat ini cara tersebut sudah tidak bisa.

Cara yang penulis tahu saat ini adalah dengan menggunakan Skill X Marks The Spot dari Kunkka atau Recall dari Keeper of the Light.  Selebihnya, tidak ada yang bisa.

IO juga bisa memutuskan Tether dari hero satu dan memasangkan ke hero lainnya.  Jadi IO pada intinya bisa memilih untuk kembali sendiri, kembali bersama hero tadi, atau kembali bersama hero lain.

Lalu, Apakah Hero IO di Dota 2 Saat Ini Masih Worth It?

Hero Dota 2 IO
Skin Arcana Hero Dota 2 IO.

Secara skill, IO masih worth it, tapi tidak terlalu.  Pemain The International (TI) 11 cenderung menggunakan META heroes support baru di Dota 2, seperti  Marci, Undying, Crystal Maiden, Snapfire, hingga Hoodwink.

Tapi memang, sulit sekali menggantikan buffs yang IO miliki.  Terdapat beberapa heroes yang dapat memberikan buff tersebut.

Sebut saja Marci dengan skill Rebound bisa menambahkan movement speed meski hanya sesaat.  Sedangkan buff Attack Speed mungkin hanya bisa didapatkan dari Ogre Magi dan Legion Commander saja.

Damage yang IO berikan sebagai support pun tidak terlalu sakit, apalagi jika menjadi Support.  Tapi kalau soal buff, tidak perlu kamu ragukan.

Baca Juga: Deretan Skill Hero Dota 2 Yang Tembus Black King Bar (BKB)!

Jadi kesimpulannya adalah IO masih sangat mungkin hadir di pertandingan Final The International (TI) 11 nanti sebagai Support.  Apalagi buff yang IO berikan itu terhitung lama.

Mungkin ada beberapa skill hero yang bisa menggantikan IO.  Tapi kembali lagi, Dota 2 sepertinya telah berkembang dari waktu ke waktu.  Tiap waktunya akan ada hero yang selalu di-update menjadi lebih bagus lagi.

Jadi, gimana?  Masih tertarik menggunakan IO di ranked?

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!